Event Sail Tomini 2015, Ajak Onliner untuk Menjelajahi Indonesia Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Sunday, August 2, 2015

Event Sail Tomini 2015, Ajak Onliner untuk Menjelajahi Indonesia

Indonesia merupakan salah satu anggota negara ASEAN yang memiliki keindahan alam yang banyak dan beragam. Keindahan alam yang tersaji pun bervariasi baik di darat, laut dan udara. Pemandangan berupa deretan gunung, danau, lembah, laut hingga taman nasional menunggu untuk dijelajahi. Indonesia sendiri di mata dunia terkenal dengan keunikan, keragaman dan keindahan alamnya, sehingga tak salah Indonesia menjadi tujuan wisata bagi wisatawan asing. Tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik itu wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara adalah pantai Kuta, pantai Sanur dan Tanah Lot di Bali. Padahal, selain di Bali, Indonesia juga memiliki wilayah yang memiliki potensi wisata menakjubkan yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai salah satu Generasi Muda di Indonesia, Aku belum sepenuhnya mengunjungi tempat - tempat di Indonesia. Tapi dalam diri ini ada keinginan untuk mengunjungi dan mengenal lebih dekat tentang Indonesia. Aku lahir dan tumbuh dewasa di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Tahu Bojonegoro kan? Kalau belum tahu tentang Bojonegoro bisa dibaca di sini.

Naik Kapal Laut itu rasanya seperti apa?


Memasuki usia 26 tahun, jujur Aku belum pernah naik Kapal Laut terlebih Kapal Laut miliknya TNI AL. Piye yo rasane? (baca : Bagaimanya ya rasanya?). Tapi, kalau naik perahu sih sering yakni di Sungai Bengawan Solo karena di tempatku kebetulan dilewati oleh aliran Sungai Bengawan Solo. Do'akan Aku ya, semoga suatu saat nanti Aku bisa naik Kapal Laut. Amiin.

Kemarin tepatnya hari Sabtu, 01 Agustus 2015. Aku membaca berita di salah satu situs terkemuka di Indonesia yakni liputan6.com. Dalam situs yang berjudul "Jelajah Indonesia dan Bakti Sosial Bersama TNI AL, Daftar di Sini" disebutkan bahwa dalam rangka pelaksanaan Sail Tomini 2015, TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Liputan6.com mengajak onliner untuk turut serta mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan TNI Angkatan Laut di pulau-pulau terdepan Indonesia. Wah semoga ini menjadi kesempatan bagiku untuk mewujudkan keinginanku untuk naik Kapal Laut. Tak berpikir panjang, Aku pun segera mendaftar dan mengirimkan persyaratannya dengan mengirimkan email ke Citizen6@liputan6.com dengan Subjek : Sail Tomini 2015. Email disertai data diri, nama lengkap, jenis kelamin, alamat, nomor ktp, golongan darah, nomor telepon, email,  nama blog, twitter, facebook dan instagram.

Bagi yang belum tahu persyaratan detailnya, berikut ini syarat dan ketentuan mengikuti event Sail Tomini 2015 : berusia 18-45 tahun, dinyatakan sehat oleh surat keterangan dokter, Warga Negara Indonesia berdomisili di Indonesia, selalu aktif melakukan aktivitas blog dan sosial media seperti Twitter, Instagram, dan Facebook, berjiwa petualang, pendaftaran dimulai hari ini sampai 8 Agustus 2015, bersedia melakukan perjalanan selama 34 hari dan menuliskan hasil perjalanannya di blog dan akun sosial media, kesempatan ini terbatas, hanya 4 orang peserta terpilih yang berhak mengikuti acara eksklusif ini.
Melihat beberapa persyaratan tersebut, Aku sih memenuhi kriteria. Karena yang dipilih terbatas dan hanya 4 orang peserta se-Indonesia, Aku hanya bisa berdo'a semoga beruntung dan bisa mengelilingi Indonesia dalam event Sail Tomini 2015, Amiin. Dalam kegiatan yang dinamai Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXIV ini meliputi kegiatan bakti sosial dan kesehatan yang akan dilaksanakan selama 34 hari. Perlu diketahui pula, bahwa pulau - pulau yang akan dikunjungi dalam Sail Tomini 2015 ini adalah Kota Baru (Kalimantan Selatan), P Siau (Sulawesi Utara), Tahuna (Sulawesi Utara), Ternate (Maluku), Parigi (Sulawesi Tengah) dan Baubau (Sulawesi Tenggara).

Mengapa Sail Tomini 2015 dan Apa Saja Tujuan diadakannya Sail Tomini 2015?


Disebutkan dalam website resminya sailtomini2015.com bahwa Mengapa "Sail Tomini" sebagai berikut : Teluk Tomini adalah teluk terbesar di dunia yang berada di Garis Khatulistiwa dengan luas berkisar 59.500 km², kawasan Teluk Tomini adalah jantung segitiga karang dunia (Coral Triangle), memiliki keanekaragaman hayati (biodiversity) yang tinggi, serta karakteristik ekosistem unik dan indah, diapit Garis Wallacea dan Webber, serta Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan III, kawasan Teluk Tomini mempunyai geostrategis yang baik, Terkait Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025, kawasan Teluk Tomini berpotensi sebagai "Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Migas dan Pertambangan Nasional", perlu disusun program/kegiatan di pesisir Teluk Tomini yang fokus pada paket-paket investasi terintegrasi antara pemerintah pusat - daerah, swasta dan masyarakat, launching program perlu dikemas dalam "SAIL TOMINI 2015"
Sedangkan untuk tujuan diadakannya kegiatan "Sail Tomini 2015" adalah untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Teluk Tomini pada dunia Internasional, membangun kecintaan dan kebanggaan terhadap dunia bahari, meningkatkan citra Indonesia sebagai negara maritim dan meningkatkan kontribusi pariwisata Indonesia. Nah, Anda tertarik untuk mengikutinya. Buruan daftarakan diri Anda sekarang juga. Semoga kita beruntung ya ! Amiin. (@kakdidik13)


Sumber Foto : http://sailtomini2015.com

Share with your friends

3 comments

  1. Wah cuma 4 orang to yang dipilih, kirain siapa aja yang memenuhi perayaratan. Lagian lama banget juga, Kalo cuma beberapa hari atau seminggu sih aku ikut daftar, lha ini sebulan lebih je. :D

    Semoga terpilih ya, kak. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, edisi terbatas bro. Terima kasih do'anya ya? Amiin... Apa kabar teman-teman di Magelang?

      Delete
    2. Halo juga, wih pengen banget? Ngomongin Kalimantan, Aku teringat saat berada di sana tepatnya di Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan selama 25 hari melaksanakan tugas Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) sebagai Duta Pemuda Jawa Timur.

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done