Temu Kangen PPMI Jawa Timur Angkatan 2014 di Lumajang Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Wednesday, September 7, 2016

Temu Kangen PPMI Jawa Timur Angkatan 2014 di Lumajang

Temu Kangen atau reuni, mendengar kata ini tentu kita akan merasa bersemangat mengikutinya. Mengapa? Pasalnya, mulai dari rasa senang, rindu, kangen, dan malu pun bercampur menjadi satu. Senangnya karena akan bertemu dengan sahabat seperjuangan, rindu dan kangen dengan seseorang yang spesial di hati, malu karena belum merasa sukses dan bayangan perasaan lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan bercerita mengenai kegiatan Temu Kangen PPMI Jawa Timur Angkatan 2014 di Lumajang yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Februari 2016 kemarin.

Inilah ceritaku....
Temu Kangen PPMI Jawa Timur Angkatan 2014 di Lumajang
Usai menjalankan tugas sebagai Duta Pemuda Provinsi Jawa Timur dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) pada tahun 2014 silam, kami pun secara resmi dinyatakan sebagai anggota organisasi Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) angkatan 2014. Oh ya, untuk angkatan 2014 sendiri terdiri dari 15 orang hasil seleksi tingkat Provinsi (5 orang perempuan dan 10 orang laki-laki) yang berasal dari beberapa Kabupaten/Kota seperti Banyuwangi, Tulungagung, Bojonegoro, Blitar, Pasuruan, Kediri, Lumajang dan Malang.

Bayangkan, selama lima hari berdinamika bersama dalam karantina di Surabaya, lalu ditambah tujuh hari berjuang dalam JPI bersama pemuda dari Sabang sampai Merauke di Yogyakarta dan dilanjutkan dengan perpisahan sesaat untuk melaksanakan bakti dan pengabdian selama dua puluh lima hari di Provinsi tujuan masing-masing serta dipertemukan kembali usai BPAP membuat kami semakin akrab dan saling mengenal satu dengan yang lainnya. Ketika BPAP kami di tempatkan di Provinsi yang berbeda, 5 ke Provinsi Sumatera Utara, 5 ke Provinsi Kalimantan Selatan dan 5 lagi ke Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sepulang dari kegiatan JPI dan BPAP, kami pun kembali ke rutinitas kami masing - masing. Ada yang fokus dalam dunia seni, pendidikan, wirausaha, blogging dan kegiatan sosial. Dengan berbekal pengalaman yang kami dapatkan selama mengikuti JPI dan BPAP tersebut, kami mengabdikan diri untuk menjadi pemuda yang bermanfaat bagi daerah masing - masing. 

Waktu terus berjalan hingga akhirnya diputuskan bahwa angkatan 2014 akan melaksanakan kegiatan temu kangen (reuni) yang pertama. Rencananya kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 07 Februari 2015 di Blitar. Namun kenyataannya, apa boleh buat ketika tanggal tersebut tiba, dengan sangat menyesal saya pun tidak bisa hadir dalam kegiatan temu kangen tersebut. Saya pun merasa kurang enak dengan teman-teman yang lain dan meminta maaf kepada mereka melalui telepon. Meskipun tanpa kehadiran saya dan beberapa teman yang lain, temu kangen pertama tersebut berjalan dengan lancar dan sukses serta menghasilkan keputusan bahwa untuk temu kangen selanjutnya akan dilaksanakan di Lumajang.

Setahun kemudian, setelah temu kangen pertama

Sukses melaksanakan temu kangen pertama di Blitar, kegiatan temu kangen selanjutnya akan dilaksanakan di Lumajang. Saya pun berjanji dalam hati untuk mensukseskan acara tersebut. Kalender di kamar, pun sudah saya lingkari dan kasih keterangan bahwa pada tanggal 13-14 Februari 2016 ada kegiatan temu kangen PPMI Jawa Timur angkatan 2014 di Lumajang. Setelah melakukan koordinasi melalui grup WhatsApp PPMI Jawa Timur angkatan 2014, saya pun mendapat tugas sebagai koordinator kegiatan pelatihan ngeblog dan kampanye baca.
Tiba di SMA Negeri 1 Lumajang - Siap berbagi semangat NgeBlog
Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, saya bersama Efendi sahabatku berangkat ke Lumajang. Setelah menempuh perjalan yang cukup jauh, akhirnya kami tiba di alamat yang kami tuju. Setibanya di lokasi, kami masuk dan bertemu dengan orang tua sahabatku. Selanjutnya sahabatku Efendi ku suruh istirahat di kamar. Saya dan Imam Taufiq sahabatku berangkat ke SMA Negeri 1 Lumajang untuk memberikan materi pelatihan ngeblog dan pengenalan PPMI kepada adik-adik SMA. Usai pelatihan, kami kembali ke rumah sahabatku dan ternyata teman-temanku yang lain pun berdatangan.
Usai berbagi semangat NgeBlog dan Pengenalan PPMI Jawa Timur, foto bareng dulu
Sambil menunggu kedatangan teman-teman yang lain, kami pun mempersiapkan keperluan kegiatan nanti malam yaitu Pentas Seni yang akan diisi oleh penampilan tari dan kesenian dari PPMI Jawa Timur angkatan 2014 dan 2015. Kegiatan temu kangen kedua ini terasa lebih menarik dan berkesan, selain dihadiri oleh angkatan 2014 juga diikuti oleh angkatan 2015 dan tamu istimewa dari PPMI Provinsi Kalimantan Selatan angkatan 2014. 

Malam pun tiba, dan sehabis sholat Isya' acara Pentas Seni pun dibuka dan dimulai. Acara pentas seni ini menjadi salah satu agenda temu kangen yang diadakan untuk menghibur warga di sekitar lokasi kegiatan temu kangen. Selain itu juga sebagai wujud nyata pemuda dalam melestarikan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Satu persatu, tarian dan lagu daerah ditampilkan. Tidak hanya tarian dan lagu daerah dari Jawa Timur saja yang ditampilkan tetapi juga ada penampilan lagu daerah dari Provinsi Kalimantan Selatan.
Penampilan Evan dalam Pentas Seni Temu Kangen PPMI Jawa Timur Angkatan 2014 di Lumajang
Semakin malam, acara semakin seru dan orang yang ditunggu-tunggu pun tiba yakni Ketua DPD PPMI Jawa Timur beserta rombongan (kebetulan dua orang di antaranya angkatan 2014 dan satu orang angkatan 2013). Ketua DPD PPMI Jawa Timur, Akshin Al Fata pun memberikan sambutan dan apresiasi terhadap kegiatan temu kangen yang diadakan oleh angkatan 2014. Semoga acara seperti ini terus dilakukan, minimal setahun sekali agar komunikasi selalu terjalin dan tidak hilang kontak dengan teman-teman PPMI yang lainnya antar angkatan. Berhubung sudah terlalu malam, kegiatan pentas seni pun diakhiri.

Selanjutnya, sambil beristirahat dan menikmati hidangan yang ada. Acara diteruskan dengan ngobrol santai dan diskusi kecil dengan Ketua DPD PPMI Jawa Timur. Selain bernostalgia, acara juga diselingi dengan beberapa guyonan dari teman-teman. Maklum, anak muda sekali ketemu ya seperti itu hehehe. Dalam kesempatan ngobrol santai tersebut, menghasilkan keputusan untuk tuan rumah acara temu kangen selanjutnya yaitu Bojonegoro.

Setelah dirasa cukup, Ketua DPD PPMI Jawa Timur beserta rombongan (kebetulan dua orang di antaranya angkatan 2014 dan satu orang angkatan 2013) pun berpamitan untuk pulang dan tidak bisa bermalam. Selanjutnya rombongan pun berpamitan, saya pun memberikan bingkisan spesial yang kubawa jauh-jauh dari Bojonegoro untuk seseorang (semoga berkenan dengan bingkisan tersebut, bingkisan apa coba tebak? hehehehe).

Pagi pun menyapa.....
Aksi Kampanye Baca di Lumajang bersama PPMI Jawa Timur dan PPMI Kalimantan Selatan
Duduk santai di kawasan Pura Mandaragiri Semeru Agung Lumajang
Pagi itu, satu persatu teman-teman bangun dari tidurnya. Ada yang mandi, ada yang update status, dan ada yang sibuk mempersiapkan buku bacaan untuk kegiatan kampanye baca serta ada yang merapikan pakaian tari yang habis digunakan menari semalam. Oh ya, agenda temu kangen selanjutnya yaitu kampanye baca. Kampanye baca ini dilakukan dengan memberikan buku - buku bacaan kepada salah satu sekolah TK di sekitar lokasi temu kangen. Usai, melaksanakan kegiatan kampanye baca acara dilanjut dengan wisata ke salah satu destinasi wisata yang berada di Lumajang yaitu Pura Mandaragiri Semeru Agung. 
Usai menyerahkan bingkisan untuk anak yatim piatu, foto bersama Pengelola Panti Asuhan Fatayat NU Lumajang
Selanjutnya, kami pun berpisah dengan teman-teman PPMI Kalimantan Selatan angkatan 2014. Kami kembali ke rumah sahabatku dan melanjutkan agenda selanjutnya yaitu berbagi bersama adik-adik yatim piatu di Panti Asuhan. Setelah belanja beras dan beberapa kebutuhan pokok lainnya, kami pun bergegas menuju ke Panti Asuhan yang dimaksud. Agenda terakhir yaitu wisata ke B29, namun saya dan sahabatku Kurnia dari Bojonegoro harus pamit pulang dan tidak bisa mengikuti agenda wisata ke B29. Demikian ceritaku tentang temu kangen PPMI Jawa Timur angkatan 2014 di Lumajang. See you next time ! (@kakdidik13).

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 07 September 2016

Share with your friends

4 comments

  1. Acara temu kangen, reuni, temu akrab, aapapun istilahnya memang menyenangkan ya Mas.
    Jika jangka waktunya cukup lama akan tampak beberapa perubahan fisik sahabat2 kita.
    Nama juga kadang lupa.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat menyenangkan Pak Dhe dan seru banget pokokman. Salam hangat balik dari Bojonegoro

      Delete
  2. Waaah pasti seru ya Mas. Ada yg berubah nggak mas fisiknya?
    Seperti reui dengan teman SMA ku ,stl 25 tahun bertemu badan wis melar semua. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget bunda.... masih sama bunda lha ini baru dua tahun nggak ketemu dan tiap tahun ketemu sekali dalam acara temu kangen :D

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done