Mengenal Teknologi 4G di Indonesia Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Thursday, January 12, 2017

Mengenal Teknologi 4G di Indonesia

Mengenal Teknologi 4G di Indonesia - Perkembangan dunia digital mengharuskan setiap penggunanya peka akan perubahan yang terjadi. Tak hanya itu, teknologi juga turut menyertai perkembangan tersebut. Salah satunya adalah teknologi jaringan seluler yang kini dominan digunakan oleh para pengguna telepon seluler di seluruh dunia. Jaringan koneksi yang memberikan warna baru kecepatan menerima informasi bagi setiap pengguna perangkat seluler atau komputer ini dikenal dengan sebutan 4G.
Mengenal Teknologi 4G di Indonesia | Sumber Foto : http://yangcanggih.com
Teknologi 4G merupakan singkatan dari Fourth Generation yang digunakan sebagai standar generasi keempat yang menjadi pengembangan dari teknologi sebelumnya yang bernama 3G. Manusia mulai mengenal jaringan nirkabel pertama sebagai 1G pada 1980 dan 2G pada awal 1990-an. Sementara jaringan 3G mulai digunakan pada kahir 1990-an dan mulai digunakan menyeluruh sejak abad ke-21 hingga saat ini. Jika 3G adalah koneksi pertama yang bisa mewujudkan multimedia, maka 4G menjadi penyempurna jaringan ini. Bahkan 4G menjadi pembawa teknologi ini menuju ke level berikutnya.

Umumnya 4G kini lebih dikenal dengan sebutan 4G LTE (Long Term Evolution). Padahal, ada dua jenis standar 4G yang digunakan secara komersil, yakni WiMAX dan LTE. WiMAX merupakan produk pengembangan asal Korea Selatan sejak 2006, sementara LTE dikembangkan oleh Swedia sejak 2009. Penggunaan keduanya bisa memberikan komunikasi yang cepat dan aman dibandingkan generasi sebelumnya.

Jika jaringan ini diprediksi akan menjadi jaringan seluler yang standar bagi negara-negara di dunia. Namun, nyatanya di Indonesia sendiri, jaringan ini belum tersebar secara menyeluruh. Terlepas dari hal itu, masih ada para pengguna telepon seluler yang memilih menggunakan koneksi data 3G. Apakah kamu salah satunya?

Ya, tidak semua orang pindah massal ke jaringan koneksi 4G. Padahal, jaringan baru ini terbukti lebih cepat untuk mengakses informasi data internet, ketimbang jaringan koneksi 3G. Selain itu, hampir seluruh operator telekomunikasi di Tanah Air sudah memiliki fasilitas paket internet berkekuatan 4G. Ngeblog jadi mudah pula hehehe. 

Jika kamu adalah seseorang yang masih bingung menentukan operator mana yang sesuai untuk menikmati 4G, maka kamu perlu tahu ulasan berikut ini. Dengan mengetahui penjelasan di bawah ini, maka kamu bisa memilah, operator manakah yang sesuai dengan kebutuhan dan isi dompetmu, seperti:

a. Bolt

Bolt merupakan produk pertama yang memperkenalkan teknologi 4G kepada masyarakat Indonesia. Bagi kamu para penggemar aktivitas berselancar di dunia maya, tentu sudah tidak asing dengan merek dagang yang satu ini. Paket internet yang ditawarkan Bolt biasa dikenal dengan sebutan Bolt Super 4G LTE. 

Jika kamu pengguna produk ini, tentu kamu sudah tidak meragukan kecepatan yang ditawarkan Bolt. Ya, berbagai paket internet yang ditawarkan Bolt bisa menembus kecepatan data hingga 200 Mbps. Hal ini membuat Bolt lebih unggul dibandingkan pengikutnya kini. 

Sayangnya, lag-lagi jangkauan sinyal Bolt masih belum tersebar menyeluruh ke seantero Nusantara. Utamanya, Bolt hanya bisa digunakan oleh kamu yang tinggal di kawasan Jabodetabek dan Medan. Untuk pembelian pulsa Bolt bisa kamu lakukan secara online di aplikasi Traveloka terkini. Kamu bisa membelinya mulai nominal Rp25 ribu hingga Rp1 juta.

b. Telkomsel

Tidak mau ketinggalan dengan teknologi terkini, Telkomsel dengan operatornya Simpati, Kartu As, dan Loop turut meluncurkan layanan internet 4G LTE. Kecepatannya sendiri bisa mencapai 72 Mbps. Seiring dengan berkembangnya jangkauan 4G oleh operator ini, Telkomsel juga terus meningkatkan jumlah pelanggannya melalui ajakan penggantian kartu telepon seluler. Dengan kartu seluler yang sudah mampu menjangkau 4G, maka pelanggan operator ini bisa menikmati kecepatan menikmati informasi dengan lebih lagi.

Nikmati Paket Internet 4G | Sumber Foto : http://techinasia.com
Jika kamu bingung bagaimana mendapatkan paket internet Simpati setelah menggunakan kartu seluler 4G, maka kamu bisa mengandalkan Traveloka. Dengan kecepatan mengakses data internet, maka kamu bisa bertransaksi secara online dengan lebih mudah, dimana saja dan kapan saja.

c. XL Axiata

Serupa dengan operator telekomunikasi lainnya, XL Axiata juga meluncurkan produk 4G LTE dengan kecepatan 70-100 Mbps sejak 2013. Hingga kini, produk tersebut telah dapat digunakan hingga di lebih 35 kota di Indonesia. 

Kamu bisa menikmati paket data internet XL hanya dengan bermodalkan pengisian pulsa sejumlah Rp120 ribu. Jika tak ingin memakan waktu lama, kamu juga bisa langsung membeli paket internet HotRod 4G XL di aplikasi Traveloka terbaru. 

d. Indosat

Sebagai salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, Indosat melalui produk Im3 Ooredoo juga menghadirkan koneksi 4G kepada para penggunanya. Pihak Indosat sendiri mengklaim bahwa kekuatan data internet yang bisa diberikannya, bisa mencapai 185 Mbps. Layanan Indosat Ooredoo 4G hingga kini sudah mencapai lebih dari 40 juta pelanggan. Selain itu, layanan ini juga sudah bisa diterima oleh setidaknya lebih dari 27 kota di Indonesia. 

e. Smartfren

Jika dulu operator ini terkenal dengan inovasi CDMA yang diusungnya, sekarang kamu bisa menikmati layanan 4G yang tak kalah cepat dari Smartfren. Bahkan kecepatan data internet operator ini bisa mencapai 49 Mbps. 

Berubah haluan bukan berarti ketinggalan pasar. Nyatanya, operator ini telah membuktikan bisa menggaet pasar. Tercatat hingga Maret 2016, operator ini sudah bisa menjangkau setidaknya 1,4 juta pelanggan dan masuk ke 85 kota di Indonesia.

Nah, demikian sedikit informasi penting mengenai teknologi 4G di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai dunia teknologi 4G yang tengah berkembang di Indonesia. Ditunggu jaringan 4G masuk desa biar semakin mendunia. (plc/@kakdidik13)

Share with your friends

1 comment

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini