Ads Top

Tari Thengul Bojonegoro, inilah Gerakannya

didikjatmiko.com - Setiap daerah tentu memili tarian yang berbeda dan khas, seperti halnya kotaku tercinta Bojonegoro. Bojonegoro mempunyai tarian khas yang dikenal dengan sebutan "Tari Thengul". Apa itu tari thengul? Tentu sebagai warga Bojonegoro, Anda sudah pernah menontonnya kan?

Bagi yang belum pernah menonton, nggak usah khawatir karena pemilik blog didikjatmiko.com akan menghadirkannya untuk pembaca setia blognya gaes. Terlebih pemilik blog ini pun ikut membawakan tari thengul tersebut lho gaes, pasti Anda sudah bisa membayangkan bagaimana penampilannya hehehe.

Penampilah Tari Thengul oleh Duta Pemuda Kabupaten Bojonegoro
Tari Thengul tersebut ditampilkan oleh pemilik blog ini dalam acara Pentas Budaya Jambore Pemuda Indonesia Daerah (JPID) Provinsi Jawa Timur tahun 2014 silam yang diselenggarakan di Kabupaten Tulungagung gaes bersama empat sahabatnya yang tergabung dalam kontingen Duta Pemuda Kabupaten Bojonegoro.

Sebelum menonton videonya, yuk simak uraian tentang Tari Thengul Bojonegoro berikut ini gaes !

Tari Thengul Bojonegoro merupakan tarian yang menggambarkan wayang Thengul yang diperagakan oleh manusia dengan kostum dan tata rias muka putih dengan garis hitam di rambut seperti boneka yang menampilkan gerakan kaku siku pada gerakan tangan, gerakan tegas pada gerakan kepala, dilengkapi tata rias muka putih dengan cunduknya, seperti boneka, ekspresi senyumnya menampakan hubungan sosial yang akrab. 

Biasanya tari ini ditampilkan oleh tujuh orang penari putri tapi tak menutup kemungkinan juga bisa ditampilkan oleh penari putra seperti pemilik blog ini gaes hehehe. Mereka pun menari layaknya Wayang Thengul dengan gerakan yang kaku dan ekspresi wajah yang terlihat lucu sehingga memunculkan kesan humor yang menghibur dalam setiap pertunjukannya. Nah dari gerakan dan ekspresi wajah itulah yang menjadikan ciki khas dari Tari Thengul ini gaes.

Semoga tarian ini semakin berkembang dan dilestarikan sehingga generasi emas Bojonegoro kelak juga tahu akan budaya yang dimiliki oleh kote ledre. Tari Thengul Bojonegoro ini juga sering dipentaskan dalam berbagai kegiatan atau festival budaya baik regional maupun di tingkat nasional gaes. 

Selain itu, Tari Thengul ini juga dijadikan sebagai tarian selamat datang bagi para tamu besar yang berkunjung ke Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam melestarikan dan juga memperkenalkan Tari Thengul Bojonegoro kepada masyarakat luas.

Bagi yang penasaran dengan penampilan pemilik blog didikjatmiko.com saat menari di atas panggung Jawa Timur, tonton videonya di bawah ini :


Jika bermanfaat, jangan lupa like dan kasih komentar ya gaes ! Buat yang belum SUBSCRIBE Channel YouTube boleh disubscribe dulu dan klik gambar lonceng agar teman-teman sekalian bisa update video terbaruku. [kakdidik13]

No comments:

Powered by Blogger.