5 Pilihan Mobil Toyota Untuk Keluarga yang Irit dan Nyaman Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Wednesday, October 28, 2020

5 Pilihan Mobil Toyota Untuk Keluarga yang Irit dan Nyaman

5 Pilihan Mobil Toyota Untuk Keluarga yang Irit dan Nyaman - Mobil keluarga yang irit dan nyaman adalah idaman dari setiap orang. Karena di Indonesia, mobil keluarga itu segmennya paling besar. Konsumen Indonesia, sebagian besar memilih mobil keluarga sebagai kendaraan bersama keluarga.

Untuk pilihan mobil keluarga di Indonesia pun sangat beragam. tergantung harga yang ditawarkan. Namun, pilihan mobil keluarga yang irit dan nyaman bisa ditemui di pasaran loh.

Penasaran??? Inilah 5 Pilihan Mobil Toyota Untuk Keluarga yang Irit dan Nyaman

a. Toyota Avanza

Toyota Avanza merupakan mobil MPV sejuta umat, yang tentunya jadi pilihan paling aman, irit dan nyaman untuk banyak keluarga Indonesia. Salah satu produk yang menyumbang paling banyak ke kantong Toyota ini dijejali semua perubahan positif untuk terus menjaga posisinya di puncak.

Untuk harga, Toyota Avanza masih enggan jauh-jauh melambung. Saat ini, mobil MPV ini ditawarkan mulai dari Rp 200,2 juta hingga Rp 230,35 juta.

b. Toyota Calya

Dibanding generasi sebelumnya, mobil berjenis MPV ini jadi terlihat lebih elegan dengan desain grill yang lebih luas. Sentuhan lainnya juga hadir pada desain velg yang lebih sporty.

c. Toyota Etios Valco JX M/T

Toyota Etios Valco JX M/T merupakan mobil hatchback dari Toyota dengan harga terjangkau di Indonesia. Dengan harga tergolong murah, mobil ini tetap menampilkan desain yang sporty dengan bagian bumper depan berdesain Tom’s Bumper lengkap dengan garis garis horizontal yang tampak berjejer dengan indah. Di bagian interior Toyota Etios Valco JX M/T ini mempunyai desain kompak pada bagian dashboard ditambah posisi beberapa buah panel yang terlihat sangat tepat. Harga Toyota Etios Valco JX M/T adalah Rp.146.100.000.

Selain 3 mobil Toyota tersebut, 2 mobil Toyota lainnya yaitu Agya E M/T & Yaris E M/T

Masyarakat Indonesia sering membeli mobil dengan cara kredit karena dinilai paling mudah untuk mendapatkan atau membeli mobil. Oh ya, membeli mobil dengan kredit itu ternyata tidak harus mobil baru. Mobil bekas pun bisa dibeli dengan cara kredit. Lantas, bagaimana cara kredit mobil bekas yang terpercaya dan aman?

Untuk membeli mobil bekas secara kredit, ada dua skema kredit yang dapat dipilih yakni dengan membeli mobil bekas kepada perorangan, dan membeli di showroom mobil bekas.

Foto  : Juna

Ada beberapa tips terpercaya dan aman sebelum membeli mobil bekas, beginilah Cara Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya yakni :

Pastikan Bank atau Leasing yang Terpercaya dan Tentukan Asuransi. Setelah menentukan mbil bekas yang akan dibeli. Kamu bisa memilih bank atau leasing yang benar-benar terpercaya. Pilihlah lembaga pembiayaan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, pastikan Bank atau Leasing yang kamu pilih menawarkan bunga yang sangat ringan.

Selanjutnya, pilih asuransi dengan jangka waktu yang sama dengan lamanya waktu cicilan yang harus dibayarkan. Ada dua jenis asuransi yang ditawarkan, yakni all risk & Total Loss Only (TLO). Pastikan dan pilihlah yang sesuai dengan karakteristik dirimu.

Ajukan Kredit Mobil Bekas ke Bank atau Leasing. Setelah Kamu mendapatkan mobil idaman dan menentukan asuransinya, langkah selanjutnya yaitu mengajukan kesepakatan kredit mobil bekas di bank atau kantor leasing bersama penjual. 

Pastikan penjual telah membawa seluruh berkas yang dibutuhkan. Sebagai pembeli, barang yang wajib kamu bawa meliputi : KTP, Kartu keluarga (KK), NPWP, fotocopy rekening tabungan, slip gaji, rekening telepon & nomor listrik rumah. Berkas tersebut nantinya akan diproses oleh pihak bank dan leasing.

Perlu diketahui juga berikut ini persyaratan pengajuan kredit mobil, baik bekas atau baru:

Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan dengan kartu identitas.

Slip gaji

Membayar uang muka

Usia pembeli maksimal 64 tahun saat berakhirnya masa kredit

Tenor atau jangka waktu pelunasan kredit

Usia mobil yang dibeli tidak boleh lebih dari 15 tahun (berlaku untuk beberapa kondisi)

Waktu pemeriksaan kelayakan untuk pembelian segala tipe mobil adalah sama, baik mobil bekas maupun baru, yakni 2 hari kerja.

Mobil yang akan dibeli disurvey. Setelah semua persyaratan dilengkapi, pemberi kredit biasanya akan melakukan survey pada mobil yang mau dibeli. Mereka akan melihat apakah mobil yang mau dibeli bisa dikredit atau tidak. Oh ya, sebagai pembeli, kamu harus tahu jika mobil tertua yang dapat dikredit adalah mobil dengan usia maksimal berusia 10 tahun.

Dengan melihat usia kendaraan inilah, biasanya tenor atau jangka waktu pelunasan kredit yang diberikan biasanya hanya 4 tahun saja. Jika saat ini adalah tahun 2020, maka mobil tertua yang dapat dikredit adalah mobil buatan tahun 2009.

Jika lolos survey, pihak bank atau leasing akan memberikan pemberitahuan atau konfirmasi lolos atau tidaknya pengajuan yang kamu ajukan. Apabila pengajuan berjalan dengan lancar dan permintaanmu telah disetujui, pihak bank atau leasing akan langsung menghubungimu melalui telepon dan diminta untuk menandatangani dokumen tentang peraturan pembiayaan, jumlah cicilan, dan metode pembayaran.

Usahakan sebaiknya angsuran atau cicilannya tidak lebih dari 50% dari penghasilan. Jika faktor ini diabaikan, maka Anda akan sulit mendapatkan persetujuan dari pihak sarana penyedia kredit (leasing). Di samping itu cicilan yang terlalu besar akan membebani & mempengaruhi kondisi keuanganmu.

Setelah berkas ditandatangani, bank atau leasing akan mencairkan dana kepada penjual mobil. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan pembayaran cicilan. Untuk bunga cicilan mobil bekas lebih tinggi dibandingkan dengan mobil baru. Jika bunga cicilan kredit mobil baru sekitar 3% / tahun, maka bunga cicilan untuk kredit mobil bekas bisa mencapai 6% / tahun.

Demikianlah beberapa cara sebelum kredit mobil bekas, semoga bermanfaat. Ingat, usahakan kmu telah memilih mobil bekas yang kondisinya masih bagus. Jangan sampai menyesal di belakang hari kemudian. Paastikan kamu tidak menunggak pembayaran cicilan karena akan merugikan dirimu sendiri.

Perlu diketahui juga, mobil bukanlah barang yang murah, maka konsumen harus berhati-hati sebelum memutuskan membelinya. Baik menyangkut segi teknis dari mobil tersebut, maupun urusan pembiayaan dan legalitasnya. Saat kamu hendak kredit mobil bekas, percayakan kepada dealer dan lembaga penyedia kredit yang terpercaya, untuk urusan teknis kondisi mobil, percayakan kepada jasa inspeksi kendaraan.

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done