Info Menarik
Loading...

JNE Dukung Geliat UMKM Pasuruan di Era Digital

 Kota Pasuruan merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Timur yang geliat UMKM nya mengalami perkembangan yang signifikan. Seperti dikutip dari wartabromo.com menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan diklaim naik 3,4 persen di tahun 2021. Pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan mengalami penurunan, yakni minus 4,33 persen karena dilanda pandemi Covid-19. Kemudian pada tahun 2021, Gus Ipul mengklaim pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan telah meningkat sebesar 3,4 persen.

JNE Dukung Geliat UMKM Pasuruan di Era Digital

Tak mudah memang bagi pelaku Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) selama masa pandemi untuk menghadapi berbagai tantangan seperti penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, serta kesulitan bahan baku. Belum lagi ditambah menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi COVID-19, tentunya berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Kota Pasuruan.

Dengan adanya tantangan yang dihadapi itu, tak menyurutkan UMKM untuk bergeliat. Justru ada celah baru yang bisa dikembangkan secara maksimal yakni melalui dunia digital. Menangkap peluang tersebut, JNE menggelar event bertajuk webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll ... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Pasuruan. Mari kita ulas !!

Event Online UMKM di Kota Pasuruan dan Tujuannya

Berbicara bisnis, JNE mencoba untuk menggelar webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll … Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Pasuruan dengan tujuan mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global bagi UMKM Indonesia khususnya yang berada di Kota Pasuruan.

Bisnis Pengiriman Meningkat di Era Digital

Tak dapat dipungkiri bahwa tren pengiriman barang mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini tentunya tak terlepas dari peranan Online Shop yang terus mengalami perkembangan. Hal ini memunculkan kolaborasi yang bagus antara JNE dengan pelaku UMKM seperti yang terjadi di Kota Pasuruan.

Menurut Dwi Setyaningsih selaku Branch Manager JNE Pasuruan, Kamis (19/5/2022) yang disampaikan pada JNE Goll ... Aborasi Bisnis Online, bahwa saat ini JNE berkolaborasi dengan Komunitas UMKM Pasuruan. JNE akan terus berinovasi, bersinergi dengan swasta dan pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang berdaya. JNE juga akan menjaga potensi dan peluang yang ada di Kota Pasuruan ke depannya.

Narasumber Keren di Goll ... Aborasi Bisnis Online 2022 

Dua pelaku UMKM dihadirkan oleh JNE pada gelaran ini, diantaranya yaitu Muhammad Taufiqi selaku Co-Founder Kelana Scarves. Dia mengawali bisnis bersama istrinya dengan menjual hijab saat itu sesuai dengan passion yang dimiliki istrinya di bidang fashion. Ada yang menarik dari usaha yang dilakukan oleh Bang Muhammad, dengan adanhya Pandemi Covid-19 justru usaha yang dijalani mendapatkan dampak positif bukan justru sebaliknya seperti yang dialami oleh para pelaku UMKM pada umumnya.

Pentingnya Memahami Social Media Marketing

Bagi Muhammad Taufiqi selaku Co-Founder Kelana Scarves yang bergerak di industri fashion, memahami social media marketing dan juga trend fashion yang ada di masyarakat itu sangat penting untuk dilakukan. Contohnya memulai belajar marketing dari seperti apa caranya menjual di instagram, facebook dan whatsapp itu seperti apa, terus belajar social media ads.

Cerita Sukses Haris Prasetyo

Dalam event bergengsi ini, hadir pula Haris Prasetyo selaku Owner Qrani Hijab yang bercerita soal perjalanan bisnisnya. Dia bertemu calon istri, ketika erkolaborasi dan mengembangkan produk hijab. Di bidang marketing, dia menggunakan media sosial dan semua marketplace, alhamdulillah dalam 2 bulan kita dapat menjual 1000 lebih.Haris juga percaya bahwa keunikan atau diferensiasi memainkan peranan penting.

“Nilai value sangat penting bagi brand kami, value kita yaitu kita bisa custom model dan warna apapun. Untuk mendapatkan awareness yang lebih besar, kami menggunakan Facebook dan Instagram Ads, kita mempelajari social media marketing untuk meningkatkan bisnis kami” ucap Haris Prasetyo selaku Owner Qrani Hijab.

JNE Pasuruan Dukung UMKM Pasuruan untuk Berkembang

JNE Pasuruan memberikan solusi untuk berkembang bagi para UMKM Pasuruan seperti workshop gratis untuk para UMKM Pasuruan, tersedia juga layanan free pick up di berbagai wilayah. Selain itu, JNE menghadirkan program apresiasi untuk loyal customer seperti member JLC yang dimana para UMKM bisa mendapatkan hadiah menarik, dan promo diskon ongkir. 

“Kita sudah bekerjasama dengan brand lokal, 2 diantaranya yaitu narasumber kita hari ini untuk mewakili UMKM Pasuruan”, tutur Dwi Setyaningsih selaku Branch Manager JNE Pasuruan.

Kesimpulan

Untuk diketahui bahwa JNE Goll ... Aborasi Bisnis Online Kota Pasuruan ini merupakan Kota Ke-10 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll ... Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Pasuruan, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Jember  pada 20  Mei 2022. Yang mau tahu keseruan eventnya, silakan tonton di YouTube Channel JNE. Sukses selalu JNE dalam mendampingi para pelaku UMKM di tanah air.

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done