Ilmu Baru, Sahabat Baru, Komunitas Baru dan Semangat Jer Basuki Mawa Tekno #FestTIK2013 Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Tuesday, May 28, 2013

Ilmu Baru, Sahabat Baru, Komunitas Baru dan Semangat Jer Basuki Mawa Tekno #FestTIK2013

Senin, 27 Mei 2013 setelah bangun dan mandi aku segera berangkat menuju warnet idamanku "Warnet Mikro" yang berada di Dsn. Sambong Ds. Purwosari Kab. Bojonegoro. Cukup 15 menit dari desaku, Ds. Sedahkidul Kec. Purwosari aku tiba di warnet yang menjadi tempat favoritku untuk mempublish rangkaian kegiatan di blog pribadiku. Maklum, belum punya laptop dan modem. Tapi hal itu tak membuatku patah semangat untuk Nge-Blog dan berkarya untuk bangsa. Langsung saja ke TKP !!!!

Kontingan Blogger Bojonegoro di FestTIK2013

Jum'at, 24 Mei 2013 sekitar Pukul 06.00 WIB rombongan Komunitas Blogger Bojonegoro berangkat menuju Kota Pahlawan "Surabaya" untuk mengikuti acara Festival TIK Untuk Rakyat &INKREASHOW 2013 di JX International JL. Ahmad Yani No. 99 Surabaya. Acara yang digelar tanggal 24 - 26 Mei 2013 ini mengambil tema "Membangun Ekonomi Kerakyatan Berbasis TIK" dengan slogan "Jer Basuki Mawa Tekno" diikuti oleh beberapa Komunitas Blogger di Jawa Timur seperti Blogger Bojonegoro, Blogger Kota Angin Nganjuk, dPuma Madura, dBloggerSuroboyo, BLOGdetik dan masyarakat surabaya. Adapun dari Komunitas Blogger Bojonegoro yang berangkat sebanyak 10 Orang, yaitu : Rifaun Naim, Chairul Fadheli, Elvira, Sophie, Ajeng, Ida, Rastra, Junaidi, Donny dan saya sendiri Kak Didik. Perjalanan kami awali dari Terminal Rajekwesi Bojonegoro hingga tiba di Terminal Wilangun Surabaya. Dari terminal wilangun surabaya kami naik Bus Kota P6 dan turun di depan JX International Surabaya. Sekitar pukul 10.30 WIB kami tiba di lokasi dan melakukan registrasi. Setelah itu kami memasuki ruangan dan bertemu dengan sahabat RelawanTIK Se-Indonesia dan beberapa alumni ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 seperti Babe, Cak Wigi, Yudha, Slamet Tux dsb.

Registrasi Peserta FestTIK2013
Kebetulan hari ini adalah jum'at, kami segera menuju masjid yang berada di sekitar JX untuk menunaikan ibadah sholat jum'at. Selesai sholat, kami menuju lokasi dan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari opening ceremony, workhsop dan talkshow. Meriah banget, karena selain workshop dan talkshow, FestTIK2013 ini juga dimeriahkan oleh beberapa sekolah SMK di Surabaya yang memamerkan produk kreatifitas teknologi dan industri yang diciptakan oleh siswa/i SMK di Surabaya. Selama kegiatan ini kami bersama blogger lainnya dan RelawanTIK menginap di Hotel Cemara Surabaya. Kami dari Blogger Bojonegoro mengucapkan terima kasih kepada Mas Fajar Eri Dianto dan kawan-kawan RelawanTIK yang telah memberikan kami penginapan dsb. Sebelumnya, aku kenal dan ketemu Mas Fajar Eri Dianto di twitter, akhirnya ketemu orangnya langsung di JX International Surabaya.

Di malam pertama, tepatnya di Hotel Cemara Surabaya kami kopdar bersama dengan saling memperkenalkan komunitas blogger dan RelawanTIK dari masing-masing daerah. Mulai dari Papua, Makasar, Malang, Madura, Surabaya, Bojonegoro, Nganjuk dan sebagainya. Selain itu, juga dimeriahkan dengan doorprize yang wow bangettttttt yang dipimpin oleh mas Karel Anderson dari BLOGdetik. Semua peserta yang ikut acara tersebut dibikin gokil, ngakak dan koplak oleh pria kelahiran madiun yang mempunyai wajah tampan. Selesai kopdar, sebagian peserta ada yang kembali ke JX untuk menonton pagelaran wayang kulit, dan kami dari Blogger Bojonegoro memilih beristirahat di hotel.

Foto Bareng Karel Anderson blogdetik
Hari Ke-2, sekitar pukul 09.30 WIB kami segera menuju ke lokasi festival. Dengan berjalan kaki dari hotel cemara menuju lokasi membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Seperti halnya hari pertama, sebelum masuk kami melakukan registrasi dan diberi marchandise berupa majalah komputek. Sebelum memasuki lokasi kami sempat narsis di banner yang telah disediakan. Hari ini kami pun bertemu dengan temanku Silvi dan 2 temannya dari Blogger Kediri. Temannya Silvi yang cewek namanya Tiwwi itu mirip seperti Fatin. Sebuah nama yang sangat populer di telinga masyarakat Indonesia saat ini karena dia telah menjadi Juara X-Factor Indonesia Tahun 2013. Acara pada hari ke-2 pun tak kalah seru dengan sebelumnya. Mulai dari talkshow dan workshop dengan narasumber yang top bangetttttt. Dan aku pun dapat berfoto bareng dengan narasumber yang tampan, mas Karel Anderson. Pengunjung pada hari ini pun cukup banyak sehingga kemeriahan pun menyelimuti gedung JX International Surabaya. Lelah sudah pasti, tapi antusias dari peserta dan segenap panitia, nara sumber dsb untuk mengikuti serangkaian acara dapat mengalahkan segalanya.

Alhamdulillah, Komunitas Mata Hati dapat Voucher Carrefour dari @MbaTiTis
Malam harinya sekitar pukul 19.00 WIB - 21.00 WIB diadakan kegiatan Blogger Bicara Komunitas bersama BLOGdetik yang bekerja sama dengan dBloggerSuroboyo dan RelawanTIK di Coffe Toffe JX International Surabaya. Pada acara ini peserta dibuat menjadi beberapa kelompok dengan 1 kelompok terdiri dari 10 orang. Adapun nama-nama kelompoknya diantaranya : Komunitas Mata Hati, Komunitas Pecinta Sate, Komunitas Tahu Takwa, Komunitas Detak, Komunitas Basa Mami, dan Komunitas Susi Mala. Kebetulan aku bergabung dalam Komunitas Mata Hati yang di ketuai oleh Pak Yosi. Dalam kelompok mata hati hanya ada 1 cewek namanya Silvi dari Pare - Kediri.  Ini dia yel-yel komunitas kami "Jagalah Hati Jangan Kau Kotori, Jagalah Hati Karena Kami Mata Hati". Acara yang cukup meriah ini dipandu oleh orang yang tampan dan seru abis. Sudah tahu dan kenal kan, dengan dia???? Siapa lagi kalau bukan...... "Karel Anderson" dari BLOGdetik. Hadir pula Mas Fayyas atau yang lebih dikenal dengan Mas Gajah Pesing. Siapakah mas Gajah Pesing? ya bagi pengguna Platform BLOGdetik pasti sudah pada tau dengan yang namanya Gajah Pesing. Dia adalah Admin dari BLOGdetik. Acara tatap muka seperti ini sebenarnya rutin digelar oleh BLOGdetik di Jakarta. Namun, di Surabaya ini merupakan perwujudan request dari teman-teman di Jakarta agar BLOGdetik "melebarkan sayap" acara ke kota-kota lain. Dalam acara ini, tak lantas hanya membahas tentang bagaimana membentuk komunitas dari awal, eksistensi komunitas-komunitas yang kini tengah tumbuh subur dimana-mana, namun juga saling bertukar pikiran tentang pengembangan-pengembangan untuk memajukan komunitas tersebut serta fun games yang seru banget dengan doorprize dari pihak sponsor "detikForum.com, HONDA one Heart, RelawanTIK, dBlogger Suroboyo, qwords.com, Koplak Yo band dan detikINET", seperti voucher belanja, aksesoris berkendara, power bank dan sebagainya.

Ultah "Junaidi" Sahabat Blogger Bojonegoro
Selesai acara Blogger Bicara Komunitas, peserta menerima GoodieBag dari BLOGdetik. Dan sebelum kembali ke hotel, digelar foto bersama dan tentunya foto bareng komunitas mata hati juga. sebelum kembali ke hotel, aku dikenalkan oleh Mas Fajar Eri Dianto kepada Mbak Erna yang merupakan aktivis saka telematika di Jawa Barat. Kami pun saling ngobrol dan tukeran nomor HP untuk memudahkan komunikasi. "Ayo Kak", aku dipanggil oleh mas Rifaun Naim, temenku blogger bojonegoro untuk segera kembali ke hotel guna menyiapkan sesuatu bagi temanku yang sebdang berulang tahun. Ngobrolku dengan Mbak Erna pun kusudahi dan aku segera berlari mengejar temanku. Setibanya di hotel kami menunggu sahabatku Junaidi di depan hotel dekat kantor satpam. Akhirnya tiba juga, langsung saja Mas Fauns dan Rastra pun memegangi sahabatku junaidi dan tangannya pun ditali dengan rafia dan diangkat ke pinggir jalan. Satpam hotel sempat ngome, "Mas ini hotel bukan pasar". Padahal kami melakukan ini ndak di dalam hotel, tapi biarlah yang penting happy and fun sudah memberikan surprise kepada temanku. Telur dan tepung serta air pun membasi seluruh badan temanku. Setelah itu, junaidi pun segera kembali ke kamar dan menuju kamar mandi untuk membersihkan badannya. Sekitar pukul 23.00 WIB, kami bertujuh kembali ke depan JX International Surabaya untuk sekedar ngopi dan kopdar ala Blogger Bojonegoro. Temanku yang tiga lainnya tidak ikut, karena mereka sedang beristirahat di kamar. Tak lama kemudian ada pengamen yang jumlah personilnyanya cukup banyak. Kami pun memesan 3 lagu dan tentunya lagu yang terakhir adalah Lagu "Selamat Ulang Tahun" yang spesial buat temanku Junaidi yang sendang berulang tahun. Akhirnya sekitar pukul 23.50 kami kembali ke hotel dan beristirahat.

Hari ke-3, aku dan temen-temen yang lainnya pun segera packing, karena sekitar pukul 12.00 WIB kami harus sudah check out dari hotel tersebut. Aku bersama temenku Blogger Bojonegoro check out dari hotel sekitar pukul 10.30 WIB dan segera menuju ke lokasi festival. Sebelum masuk lokasi, kami pun registrasi lagi dan mengikuti serangkaian workshop yang digelar. Acara agak sepi karena sebagian RelawanTIK yang lainnya sudah kembali ke daerahnya masing-masing, ada juga yang pergi ke madura untuk menikmati wisata yang ada disana. Pukul 15.30 WIB kami pun bergegas pulang dan menunggu bus di seberabg jalan depan JX International Surabaya. Dan tiba di Kota Ledre Bojonegoro sekitar Pukul 19.00 WIB, teman-teman yang lain sudah pulang ke rumah. Aku pun masih menunggu bus di terminal, karena rumahku yang cukup jauh dari Kota Bojonegoro, yakni berada di wilayah barat Kota Bojonegoro. Bagi teman-teman yang ingin main ke rumahku, setelah tiba di Terminal Rajekwesi Bojonegoro dapat mencari angkutan/bus jurusan Ngawi dan Cepu terus turun di pertigaan tobo langsung sms ke nomor ku ya di 085733336921.  Akhirnya sekitar pukul 22.00 WIB aku pun tiba di rumah dan beristirahat dengan nyenyak.

Harapanku setelah mengikuti acara Festival TIK Untuk Rakyat & Inkreashow 2013 adalah :
  1. Terbentuknya RelawanTIK di Kota Ledre - Bojonegoro Jawa Timur
  2. Terbentuknya Saka Telematika di lingkup Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro Jawa Timur
  3. Terjalinnya komunikasi dan kerja sama dengan sesama blogger dan RelawanTIK se-Indonesia
  4. Berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bojonegoro
  5. Bisa mengikuti event-event, pelatihan atau kegiatan yang digelar oleh RelawanTIK hingga ke luar Jawa
  6. Komunitas BLOGdetik juga ada di Bojonegoro
  7. Dan sebagainya

Dengan semangat "Jer Basuki Mawa Tekno" kita bangun Ekonomi Kerakyatan Berbasis TIK. Jer Basuki Mawa Tekno artinya k eberhasilan itu membutuhkan teknologi. Salam Blogger Bojonegoro !!!

Berikut Dokumentasinya, seru abis :

Suasana Workshop dengan Narasumber "Karel Anderson" blogdetik

Sharing Blogger, Relawan TIK di Hotel Cemara Surabaya
Blogger Bojonegoro, Saat Live Streaming di FestTIK2013
Saat Aku Mengisi Formulir Relawan TIK di FestTIK2013

Saat Junaidi Mandi Karena Habis Dapat Surprise
Suasana Blogger Bicara Komunitas di Surabaya
Sebelum Masuk Lokasi FestTIK2013, Isi Form Ini Dulu
Pengamen yang turut memeriahkan ulang tahun Junaidi, Blogger Bojonegoro
Blogger Bojonegoro, Narsis Abis
Narsis Blogger & Relawan TIK Selesai Acara Blogger Bicara Komunitas
Narsis Lagi : Blogger Bojonegoro di FestTIK2013
Registrasi Hari Minggu, 26 Mei 2013 Sebelum Masuk Lokasi Festival TIK 2013

Sponsor Kegiatan Blogger Bicara Komunitas di Surabaya 




Share with your friends

4 comments

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done