Trend Blogger Indonesia 2015 : Bersinergi dengan Pemerintah dan Pihak Ketiga Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Wednesday, January 7, 2015

Trend Blogger Indonesia 2015 : Bersinergi dengan Pemerintah dan Pihak Ketiga

Sejak tahun 2013 keberadaan blogger mulai dipandang oleh banyak pihak, baik pemerintah maupun swasta. Tahun 2013 yang lalu digelar kegiatan kopdar blogger se-ASEAN atau lebih dikenal dengan ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 yang dilaksanakan di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Ini merupakan kegiatan blogger yang menurutku sangat istimewa dan luar biasa. Mengapa demikian? Karena pada saat itu, Aku beruntung menjadi salah satu peserta dari Blogger Bojonegoro yang bisa mengikuti kegiatan kopdar blogger se-ASEAN. Seperti apa kegiatannya bisa dilihat dipostinganku sebelumnya.

ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 - Kopdar bareng Blogger ASEAN
Nah, kesuksesan pelaksanaan kegiatan ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 itu dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Surakarta dan beberapa pihak sponsorship yang tentunya mempunyai andil besar dalam mensukseskan kegiatan tersebut. Dalam hal ini, pihak panitia penyelenggara (blogger) tentu telah bersinergi dengan pihak pemerintah pusat hingga kabupaten/kota dan pihak sponshorship sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan hasil yang memuaskan.

Pelajaran itu tentu sangat berharga bagi seluruh blogger yang ada di dunia maya, khususnya Blogger di Indonesia. Hampir di setiap daerah di Indonesia ini telah bermunculan komunitas yang menamakan dirinya sebagai komunitas blogger seperti Komunitas Blogger Bojonegoro, Komunitas Blogger Indramayu (Blogger Mangga), Komunitas Blogger Madura (Plat-M) dan sebagainya. Keberadaan komunitas tersebut pun bervariasi, ada yang jalan dan ada yang mati suri. Tentu semua itu tak lepas dari berbagai sebab dan alasan. Namun, untuk menjaga agar komunitas itu tetap hidup yang perlu dilakukan adalah sering melakukan kegiatan dengan sendirinya maka pihak ketiga akan melirik dan memberikan dukungan kepada komunitas tersebut.  Istilah kerennya menurutku adalah bersinergi, namun sebagai blogger harus tetap menjaga idealisnya sebagai seorang blogger. Hal terpenting menurutku yang perlu digaris bawahi, sebagai blogger harus rajin mengisi blog yang telah dibuat dengan postingan - postingan hebat ala seorang blogger. Sulit memang, namun dengan usaha dan tekad yang kuat pasti semua bisa terwujud.

Berbicara mengenai Trend Blogger Indonesia 2015 menurutku adalah blogger mampu bersinergi dengan Pemerintah dan pihak ketiga. Mengapa demikian? Pasalnya, hampir setiap komunitas blogger memiliki program kegiatan yang bagus misalnya mengenal potensi wisata daerah (blogger wisata), menikmati aneka kuliner (blogger kuliner), menulis buku (buku catatan si blogger) dan sebagainya. Tapi kadang, program itu terkendala akibat beberapa alasan dan sebab seperti halnya terkendala dalam hal finansial (dana). Memang, tidak menutup kemungkinan partisipasi anggota komunitas untuk memberikan dukungan dana juga ada. Tapi, semua pasti ada kekurangan. Nah, untuk menutup kekuranga tersebut blogger harus mampu bersinergi dengan pemerintah dan pihak ketiga, sehingga program kegiatan yang telah diprogramkan berjalan dengan maksimal dan kekurangan yang dimiliki bisa dilengkapi. Jadi, trend Blogger Indonesia 2015 adalah blogger mampu bersinergi dengan pemerintah dan pihak ketiga sehingga trend kegiatan yang ada bisa berjalan seperti trend kuliner, trend wisata, trend fashion, trend buku dan sebagainya. (@kakdidik13)

Share with your friends

15 comments

  1. sampai saat ini saya masih "nyaman" bergerak sebagai single fighter, belum ingin terikat dengan komunitas apa pun. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman seperti apa mas? ayo gabung di komunitas, biar pengalaman yang mas miliki bisa disharing ke teman-teman di komunitas

      Delete
    2. untuk saat ini belum bisa. Mungkin suatu saat :)

      Delete
    3. oke mas, yang bisa menentukan adalah hati nurani mas sendiri... keep spirit to blogging !

      Delete
  2. betul banget, jika pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan blogger daerah tersebut di promosiin wisatanya, mudahan saya bisa melamp[irkan promosi blog saya ke daerah saya agar bisa jadi usaha seorang blogger memasarkan daerah ke dunia :)

    semangat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, kita adalah generasi muda Indonesia yang harus menjaga harkat dan martabat negara kita tercinta Indonesia...

      Delete
  3. Senang banget kalau penerintah mau Dan pihak ketiga seperti pengusaha Mau bekerja sama dengan kita para blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua itu butuh proses dan jemput bola.... Ayo blogger Indonesia bisa !

      Delete
  4. Syukurlah pemerintah mulai sadar penyebaran informasi ke masyarakat lewat blog itu sangat efektif.. soalnya makin banyak masyarakat yg melek internet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sebagai Blogger yang harus mensosialisasikan dan memperkenalkan blog kepada masyarakat agar mereka semakin GoBlog (maksudnya : semangat untuk ngeblog) dan kenalkan juga mengenai internet sehat dan aman....

      Delete
  5. Setuju mas. Itulah trend blogger 2015 nanti

    ReplyDelete
  6. kalau di saya masih belum bersinergi mas dengan pemerintah daerahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saatnya bersinergi mas.... baik dengan pemerintah maupun pihak ketiga.... tetap semangat !

      Delete
  7. Kalau menggandeng Blogger, berarti pemerintahnya cerdas.
    Perlu diduplikasi juga kalau sudah ada yg menjalin sinergi blogger dan pemerintah. Sehingga blogger mencontoh


    ReplyDelete
  8. Semoga di Indonesia banyak bertumbuh bloger bloger dari kalangan anak muda yang kreanif dan inovatif.

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini