Destika Desa.id Awards 2015 untuk Desa Sedahkidul Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Friday, June 19, 2015

Destika Desa.id Awards 2015 untuk Desa Sedahkidul

DesTIKa Desa.id Awards 2015 & Suasana Video Conference di Kantor Desa Sedahkidul
Destika Desa.id Awards 2015 untuk Desa Sedahkidul - Sedahkidul merupakan salah satu desa di Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Mata pencaharian penduduknya rata - rata adalah petani. Jarak antara Desa Sedahkidul dengan Kota Bojonegoro kurang lebih 32 km ke arah Barat. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Gapluk, utara berbatasan dengan Pojok, timur berbatasan dengan Desa Mojodelik Kecamatan Gayam, dan selatan berbatasan dengan Desa Punggur. Awalnya tak banyak yang tahu tentang keberadaan Desa Sedahkidul. Tapi setelah terbentuk KIM, Kelompok Informasi Masyarakat Desa Sedahkidul mulai diketahui oleh masyarakat sekitar bahkan dikenal oleh dunia. Bagaimana ceritanya?

Terbentuknya KIM Sendang Potro

Sendang Potro merupakan salah satu sendang atau sumber air yang berada di Desa Sedahkidul. Setiap tahun sekali warga melakukan sedekah bumi (baca : nyadran / manganan) di sini. Sedekah bumi merupakan wujud syukur warga Sedahkidul setelah menuai berkah atau hasil panen melimpah dari Bumi Sedahkidul yang diadakan setelah panen raya dan dilaksanakan setiap Jum'at Pon. Selain itu, kegiatan sedekah bumi merupakan kegiatan untuk melestarikan warisan budaya nenek moyang terdahulu

KIM Sendang Potro Raih Juara 1 LCCK KIM Berbasis IT Kabupaten Bojonegoro 2014
Sendang Potro sendiri merupakan salah satu ikon yang dimiliki oleh Desa Sedahkidul. Melihat keberadaan Sendang Potro yang cukup strategis, akhirnya Sendang Potro dijadikan sebagai nama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). KIM Sendang Potro terbentuk pada tanggal 14 Mei 2014 atas SK Kepala Desa Sedahkidul Nomor : 15/KIM/18.2007/2014. Sejak terbentuk KIM, akhirnya potensi - potensi yang dimiliki oleh Desa Sedahkidul mulai terangkat dan dikenal oleh orang luar melalui medi blog yang dikembangkan oleh KIM Sendang Potro. KIM Sendang Potro meraih sukses menjadi Juara LCCK KIM Kabupaten Bojonegoro tahun 2014. Tahun 2015, KIM Sendang Potro bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro mengikuti Pekan Kelompok Informasi Masyarakat Provinsi Jawa Timur (Pekan KIM Jawa Timur) di Kabupaten Nganjuk. Untuk lebih jelas mengenai profil, struktur, visi dan misi serta prestasi yang dicapai oleh KIM Sendang Potro bisa dilihat di sini.

Tentang Website Desa Sedahkidul

Desa Sedahkidul pertama kali memiliki domain .desa.id pada tanggal 09 September 2013. Sejak saat itu website desa Sedahkidul pun mulai aktif dan bisa diakses melalui http://sedahkidul.desa.id. Pemerintah Desa Sedahkidul memanfaatkan website desa tersebut untuk mengupdate informasi terkini yang ada di desa, mendukung program pemerintah tentang keterbukaan informasi publik, dan mengenalkan potensi - potensi yang dimiliki oleh desa sehingga desa memiliki kemandirian, aktif dan berdaya seperti visi Desa Sedahkidul "Aktif, Mandiri & Berdaya Saing".

Foto Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda dan Kantor Balai Desa Sedahkidul
DesTIKA Desa.id Awards 2015 di Kabupaten Belitung Timur

Pada saat kegiatan Festival DesTIKa 2015 di Kabupaten Belitung Timur Aku belum bisa bergabung. Tetapi Aku bersyukur bisa bergabung dan melihat acara DesTIKa 2015 melalui Video Conference bersama sahabat - sahabat yang lain yang kebetulan punya nasib sama sepertiku "Belum Bisa Bergabung di DesTIKa 2015". Walaupun nggak bisa datang ke lokasi, berikut ini sedikit tulisanku mengenai DesTIKa 2015.

Festival Desa TIK atau DesTIKa merupakan sebuah festival yang memang dari desa untuk membangun Indonesia. Festival DesTIKa diprakarsai oleh Relawan TIK Indonesia bekerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan beberapa komunitas – komunitas TIK di seluruh Indonesia. Tahun 2015 ini merupakan ketiga kalinya DesTIKa digelar dan dilaksanakan di Provinsi Kep. Bangka Belitung tepatnya di Desa Lenggang Kecamatan Gantong Kabupaten Belitung Timur mulai tanggal 14-16 Juni 2015.

Pada Festival DesTIKa ketiga ini sekaligus dijadikan ajang pemberian penghargaan "DesTIKa Desa.id Awards" yang kedua kalinya. DesTIKa Desa.id Awards diberikan kepada desa - desa dan daerah yang mendukung desa dalam kerangka pemberdayaan TIK Perdesaan serta penggunaan domain desa.id untuk website desa. Penilaian DesTIKa des.id awards 2015 ini dilakukan oleh Perwakilan Kominfo, Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) dan Gerakan Desa Membangun (GDM) dan diberikan kepada 6 Desa dan 2 Daerah.

Informasi yang ku terima bersama Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda pada saat mengikuti video conference, Senin (15/06/2015) menyebutkan bahwa Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur melalui website desa http://sedahkidul.desa.id yang dikelola mendapatkan DesTIKa Desa.id Awards 2015.

Saat ku hubungi lewat WhatsApp Soepriyanto Penggerak Gerakan Desa Membangun menyampaikan Destika Desa.id Awards 2015 diraih oleh 6 Desa dan 2 Daerah yaitu  Desa terdiri dari : 1. Desa Nagari Koto Laweh (http://nagarikotolaweh.desa.id) Sumatera Barat, 2. Desa Sedahkidul (http://sedahkidul.desa.id) Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, 3. Desa Pejeng (http://www.pejeng.desa.id) Bali, 4. Desa Sungai Kapitan (http://sungaikapitan.desa.id) Kalimantan Tengah, 5. Desa Moncongloe Lappara (http://moncongloelappara.desa.id) Sulawesi Selatan, 6. Desa Tanjungsari (http://tanjungsarisukahaji.desa.id) Jawa Barat. Sedangkan untuk 2 daerah diraih oleh Dishubkominfo Belitung Timur dan BPMPD Pemalang.

Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda saat ku temui seusai video conference mengatakan alhamdulillah Desa Sedahkidul terpilih dalam DesTIKa Desa.id Awards 2015. Semua ini atas kerja keras dan upaya Pemerintah Desa dan KIM Sendang Potro untuk memperkenalkan Sedahkidul dengan taglinenya Desaku Dikenal Dunia.  Dengan prestasi ini semoga memberikan virus positif bagi desa - desa lain untuk memanfaatkan website desa. Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada PANDI dan pihak - pihak yang telah memberikan penilaian kepada website desa kami.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro Kusnandaka Tjatur Prasetyo melalui pesan singkat menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas prestasi DesTIKa Desa.id Awards 2015 yang diraih Desa Sedahkidul. Isi pesan SMS-nya seperti ini : "Matoh, teruskan virusnya untuk Bojonegoro dan Indonesia. Suatu bukti kesungguhan akan dapat pengakuan, tidak hanya di Jawa Timur tapi Indonesia. Sedahkidul untuk Indonesia".

Itulah gambaran singkat mengenai Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur yang mendapatkan DesTIKa Desa.id Awards 2015. Bisa dikatakan sejak ajang pemberian penghargaan pertama di Kabupaten Majalengka 2014, Desa Sedahkidul merupakan desa pertama kali di Provinsi Jawa Timur khususnya Kabupaten Bojonegoro yang menerima DesTIKa Desa.id Awards 2015. Aku sebagai Ketua Karang Taruna Desa Sedahkidul sangat bangga atas kiprah Pemerintah Desa Sedahkidul dalam menyuarakan desa kepada dunia melalui website desa dan media blog yang dikembangkan oleh KIM Sendang Potro. Terima kasih Kemkominfo RI, PANDI, Gerakan Desa Membangun dan Relawan TIK Indonesia. (@kakdidik13)

Share with your friends

8 comments

  1. Selamat dan Sukses buat Desa Sedahkidul atas diraihnya desTIKA Award 2015. Semoga bisa memacu prestasi ke depannya. Sedah Kidul!! #MATOH... " Dari Bojonegoro, untuk Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Shela. Semangat membangun Desa untuk Bangsa.

      Delete
  2. Selamat buat desa Sedah Kidul. Semoga bisa menjadi contoh buat desa-desa lain di Indonesia. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas do'anya. Membangun bangsa diawali dari membangun desa, sepakat???

      Delete
    2. Sip... Ayo menjadi bagian sejarah dari pembangunan di desa kita masing-masing !!!

      Delete
  3. Insya Allah segera juga untuk desa Sudu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, ayo menjadi agen perubahan dalam membangun desa.

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done