5 Tips Terapi Mengoptimalkan Kualitas Tidur Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Saturday, June 20, 2015

5 Tips Terapi Mengoptimalkan Kualitas Tidur

Kebanyakan orang beranggapan tidur kegiatan lumrah yang kadang tidak diperhatikan. Seorang blogger yang mulai kebanjiran job review terkadang mengerjakan tanggungannya hingga larut malam (iya nggak sih). Bahkan mereka belum akan tidur kalau tanggungannya belum selesai. Terlebih ketika job reviewnya bernilai lumayan besar atau ketika dikejar deadline, otomatis kadang tidur kurang begitu diperhatikan. Nah lho, jangan sampai hal tersebut melanda kepada kita yang notabene seorang blogger?

Perlu diketahui, bahwasanya tidur merupakan kebutuhan alamiah. Apa karena kebutuhan alamiah, lantas kurang diperhatikan makna yang sesungguhnya. Padahal seharusnya tidur merupakan kebutuhan tubuh yang mesti dilakukan. Seandainya tubuh bisa berbicara, tubuh akan melakukan protes dan demonstrasi kalau kebutuhan tidurnya tidak terpenuhi.

Jika kita mengalami masalah dengan tidur, maka harus diketahui bahwa pola tidur yang baik merupakan sesuatu yang sangat penting dan esensial bagi tubuh. Jika tidak, maka kita akan mengalami kelelahan dan frustasi. Tidur siang berbeda mutunya dengan  tidur malam. Manfaat tidur pun bukan ditentukan oleh jumlahnya seperti yang dipahami oleh kebanyakan orang bahwa tidur minimal 8 jam sehari. Tetapi manfaat tidur justru lebih ditentukan oleh kualitas tidurnya. Nah, untuk mendapatkan kualitas dan hasil yang optimal dari tidur ada beberapa tips terapi tidur yang bisa dilakukan.

Berikut ini 5 tips terapi mengoptimalkan kualitas tidur :
 
  1. Jangan makan menjelang tidur. Makan menjelang tidur itu tidak baik bagi tubuh. Pasalnya, makanan yang masuk tidak dapat diolah dengan baik oleh lambung. Alangkah lebih baik, ketika hendak tidur tubuh sudah dalam keadaan istirahat untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak. Misalkan kepepet dalam keadaan lapar, akan lebih baik mengkonsumi buah. Itu pun harus dilakukan dua jam sebelum tidur.
  2. Hindari pula minum air yang terlalu banyak ketika hendak tidur. Mengapa? Agar ketika tidur tidak terganggu ingin buang air kecil. Sangat dianjurkan minum air dilakukan dua jam sebelum tidur. Misalkan kepepet dalam keadaan haus, minumlah secukupnya saja.
  3. Tidurlah di tempat yang nyaman dan usahakan alas tidurnya cenderung rata agar tidak mengganggu tulang belakang.
  4. Berolahraga ringan secara rutin seperti melakukan senam, bisa senam pinguin, senam gemu fa mire atau yang lainnya sesuai selera. Usahakan ketika berolahraga sampai berkeringat. Olahraga yang dilakukan secara kontinyu dan rutin bermanfaat untuk meningkatkan proses relaksasi saat tidur.
  5. Apabila mengalami kesulitan tidur, tenangkan pikiran. Salh satunya dengan cara mendengarkan alunan musik yang lembut sesuai kesukaan. Hindari mengkonsumsi obat tidur. Mengapa? karena akan mengganggu sensitifitas tubuh terhadap kebutuhan alami tidur.

Demikian 5 tips untuk mengoptimalkan tubuh ketika tidur. Semoga bermanfaat dan tidur semakin nyenyak. Jika ada tambahan jangan segan - segan untuk ditambahkan di kolom komentar. Terima kasih | @kakdidik13

Share with your friends

15 comments

  1. Wahaha...pengalaman pribadi ni yee....

    ReplyDelete
  2. Nambahin lagi boleh ya, matikan dan jauhkan gadget 1 jam sebelum tidur, minum madu 1 jam sebelum tidur... terus jangan tidur larut malam.. heee

    ReplyDelete
  3. Tipsnya boleh juga, gak ribet untuk di terapkan.

    ReplyDelete
  4. Matikan gadget penting juga tuh mas. Jadi gak diganggu pas tidur.

    ReplyDelete
  5. wah menarik tips-tipsnya mas...salam :)

    ReplyDelete
  6. 5 pointnya... Jangan makan sbelum tidur, jangan minum kebanyakan,tempat tidur yg nyaman, olahraga ringan dan rileksasi sebelum tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, kalau dirasa masih ada yang kurang bisa ditambahi. Terima kasih hehehe

      Delete
  7. Aku sering gak bisa tidur. Sudah olahraga dan ndengerin musik, tetep aja gak bisa tidur. Tipsnya apa, ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenangkan pikiran, biar menambah suasana kamar kasih aroma wewangian hehehe. Semoga bermanfaat mbak

      Delete
  8. Poin satu sama dua agaknya sulit buat saya :D tapi saya biasa tidur dengan lampu dipadamkan dan mendengarkan Qiro'atul Qur'an dari mp3. Jadi lebih tenang tidurnya. :)

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini