Wujudkan City Branding Indramayu Sebagai Kota Mangga Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Monday, February 8, 2016

Wujudkan City Branding Indramayu Sebagai Kota Mangga

Indramayu merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia (belum pernah ke sana sih). Secara geografis, Indramayu terletak pada posisi 10.751-10.836 BT dan 615-640 LS, dengan batas-batas wilayah sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Subang, sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Cirebon dan Laut Jawa, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Cirebon. Kabupaten Indramayu terdiri atas 31 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 305 desa dan 8 kelurahan.

Tampilan Website Pemkab Indramayu | www.indramayukab.go.id
Berbicara tentang Indramayu, Saya teringat dengan dua orang sahabat yang bernama Didno dan Sendy Alfiyan. Kang Didno (panggilan akrabnya) merupakan salah satu pendiri blogger mangga, sebutan komunitas blogger Indramayu yang berdiri pada tanggal 28 Oktober 2013. Saya bertemu dengannya pertama kali di kegiatan Kopdar Blogger Nusantara 2013 di Yogyakarta. Selanjutnya Sendy Alfian. Dia adalah Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dari Indramayu yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) selama kurang lebih hampir dua bulan  di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro tahun 2015.

Sebagai penghasil buah mangga terkenal di Provinsi Jawa Barat bahkan Indonesia, Indramayu mendapat julukan sebagai Kota Mangga. Buah Mangga merupakan komoditas unggulan yang dimiliki oleh Indramayu. Buah Mangga yang dihasilkan oleh Kabupaten Indramayu ini bervariasi, akan tetapi yang lebih dikenal adalah Mangga Harum Manis dan Cengkirnya. Percaya? Kalau nggak percaya, buktikan dan main langsung ke Indramayu ya !

Mangga cengkir Indramayu memiliki ciri khas yang berbeda dengan daerah lain. Karena kekhasan serta keunggulannya tersebut, hasil olahan (salah satunya dodol mangga) yang dihasilkan pun memiliki kualitas lebih baik. Kandungan yang terdapat di buah Mangga Indramayu berupa tepung dan tidak mengandung air, sehingga ketika diolah menjadi dodol mangga hasilnya dapat disimpan hingga satu tahun tanpa bahan pengawet pula.

Seperti yang diposting Blogger Mangga melalui website resminya, salah satu pengusaha dodol mangga Indramayu yang terkenal yaitu Ibu Maftukhah dari Blok Anjun Desa Tenajar Lor Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Olahan dodol mangga Ibu Maftukhah memiliki rasa yang berbeda dengan dodol mangga yang berada di supermarket atau pasar karena dibuat dengan tidak menggunakan bahan pengawet. Penasaran dengan rasanya, Anda bisa memesan dodol mangga via nomor telepon 087727648530 (mudah kan?).

Ibu Maftukhah - Pembuat Dodol Mangga dari Indramayu | Sumber Foto : www.bloggermangga.com
Sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap potensi buah mangga yang dimiliki oleh Kabupaten Indramayu, Pemerintah Kabupaten Indramayu membangun sebuah tugu yang dikenal dengan Tugu Mangga yang terletak di persimpangan lima jalan masuk Kota Indramayu dari arah Jakarta. Tugu ini melambangkan bahwa, Indramayu merupakan penghasil komoditi buah mangga dengan kualitas yang bagus di Provinsi Jawa Barat. Aneka jenis buah mangga dengan ukuran berbeda tergantung jenisnya sangat beragam di Indramayu. Dengan beberapa fenomena di atas, Indramayu layak mendapat julukan sebagai Kota Mangga yang bisa dijadikan sebagai City Branding untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Indramayu.

Brand Indramayu tersebut akan berkembang jika penduduknya memahami dan menghayati sifat-sifat dan karakter dari kota Indramayu itu sendiri. Mengelola city branding yang baik, sangat diperlukan dan dilakukan oleh semua pihak. Tempat wisata, bangunan tua, sejarah, seni, budaya kota Indramayu tidak akan “berkembang” bila tidak “dikembangkan” oleh masyarakat dan didukung penuh Pemerintah Kabupaten Indramayu sehingga kelak bisa dinikmati oleh masyarakat lokal dan wisatawan.

Bukan maksud menggurui atau merasa lebih pintar. Sebagai orang di luar Kabupaten Indramayu, Saya melihat Indramayu mempunyai potensi luar biasa yang harus dikembangkan secara serius. Sebagai wujud kepedulian terhadap Kabupaten Indramayu tersebut, Saya ingin menyampaikan sedikit saran untuk Pemerintah Kabupaten Indramayu sebagai berikut : 1). Website resmi milik Pemerintah Kabupaten Indramayu yang sudah ada perlu didesain ulang dan potensi yang dimiliki (seperti buah mangga, pulau biawak dsb) perlu ditonjolkan di dalam website Pemkab Indramayu. 2). Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait perlu mengaktifkan websitenya terutama Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo). 3). Keberadaan Komunitas Blogger Mangga adalah aset mahal yang perlu diperhatikan dan diajak kerjasama untuk memajukan Kabupaten Indramayu melalui aktifitas di dunia perbloggingan. Semoga saran tersebut terwujud dan diperhatikan oleh pemangku kebijakan di Kabupaten Indramayu. Amiin.




Selain City Branding sebagai Kota Mangga, Indramayu juga memiliki keindahan dan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi seperti Pulau Biawak, Pantai Karangsong, Pusat Industri Batik Paoman dan masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya. Tidak hanya tempat wisata, Indramayu juga merupakan salah satu penghasil minyak bumi yang berada di Balongan dan pernah meraih piala Adipura sebanyak 7 kali sehingga Indramayu layak disebut sebagai kota terbersih bersama kota - kota lain peraih Adipura. Saya semakin penasaran dengan Indramayu? Semoga kelak Saya mendapat  kesempatan untuk berkunjung dan bersilaturrahmi ke Indramayu Remaja (Religius, Mandiri dan Bersahaja). Amiin.... Salam Blogger Indonesia ! (@kakdidik13)

Sumber Referensi :
1. Website Pemkab Indramayu | http://indramayukab.go.id
2. Komunitas Blogger Mangga | http://www.bloggermangga.com  

Share with your friends

10 comments

  1. Waaaah saya penggemar mangga indramayu nih
    Jadi penasaran rasanya dodol mangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantab bener pasti mangga-nya manis banget ya !

      Delete
  2. Aku penggemar mangga nih. Tapi kok gak ada yang jual mangga indramayu di sini, ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau mangga Indramayu, datang ke sana mbak nisa? hehehe

      Delete
  3. Jadi ingin berkunjung ke Indramayu mas. Belum pernah ke tempat wisata disana :D
    Oh iya mas, di sumber referensinya ada typo nya. Harusnya Bloggermangga.com bukan Bloggermagga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mbak Widya, makasih... Kapan nih mau ke Indramayu, ikut dong hehehehe

      Delete
  4. Replies
    1. Terima kasih :) Yuk kita bantu mensukseskan Gerakan #CityBranding #IndramayuKotaMangga #VisitIndramayu :)

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini