Destinasi Wisata Bandung yang Bikin Ketagihan Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Thursday, June 9, 2016

Destinasi Wisata Bandung yang Bikin Ketagihan

Bandung merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang memiliki hawa sejuk dan segudang destinasi liburan yang banyak diincar oleh wisatawan. Dengan daya tarik tersebut, tak jarang setiap akhir pekan banyak wisatawan dari Jakarta yang menghabiskan waktu liburan (weekend) di Kota Kembang, sebutan dari kota Bandung. Selain itu, Bandung juga mempunyai sejuta kuliner yang khas, panorama alam yang indah dan mempesona, wisata belanja dan wahana hiburan untuk anak dan sebagainya. 
Gedung Sate Bandung, Salah Satu Destinasi Wisata Bandung
Berbicara tentang Bandung, Saya dua kali menginjakkan kaki di sana. Pertama, ketika menghadiri acara di Sukabumi. Saat itu, hanya melintas sebentar di Stasiun Kereta Api Bandung. Kedua, ketika mengikuti kegiatan Festival TIK Indonesia 2015 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung pada tanggal 28 - 29 Mei 2015 silam. Saya masih ingat, sebelum kembali pulang ke Bojonegoro Jawa Timur pada saat itu Saya dan sahabatku Selamet menyempatkan diri berkunjung ke sebuah bangunan bersejarah yang berada di pusat kota yaitu Gedung Sate Bandung. Ya, meskipun hanya sekedar foto dengan latar belakang Gedung Sate Bandung. Do'ain semoga suatu saat Saya bisa berpetualang yang lebih lagi di Kota Kembang. Amiin

Apabila akan berlibur ke Kota Kembang, persiapkanlah akomodasi jauh - juah hari sebelumnya seperti periapan tentang daftar objek wisata yang akan Anda kunjungi dan hotel untuk beristirahat. Anda pun bisa memesan hotel di Bandung dengan mudah menggunakan aplikasi Traveloka. Tahu nggak kalau Bandung itu juga disebut sebagai Kota Kreatif lho? Kalu nggak percaya, simak video milik team Jalan Jalan Men berikut.


Bagimana, percaya kan kalau Bandung itu Kota Kreatif ? Nah, bagi Anda yang ingin berlibur dan berwisata ke Bandung [selain ke Gedung Sate Bandung] simak beberapa Destinasi Wisata Bandung yang Bikin Ketagihan berikut ini :

1. Wisata Saung Angklung Udjo Bandung

Toko Souvernir Saung Angklung Udjo | Sumber Foto : http://anekatempatwisata.com/
Wisata Saung Angklung Udjo Bandung merupakan sebuah tempat pertunjukan seni dan budaya yang mempunyai nilai edukatif di dalamnya. Dengan berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan lebih mengenal dan mengetahui seni dan budaya Sunda melalui alat musiknya yang terbuat dari bambu atau sering disebut angklung. Saung Angklung Ujo (SAU) fokus terhadap pelestarian budaya angklung yang sekarang mulai dilupakan.

Pertunjukan yang bisa dilihat di Saung Angklung Udjo meliputi wayang golek, tari topeng, helaran dan orkestra angklung. Di sini Anda juga akan diajari bagaimana cara memainkan angklung. Setelah bermain angklung bersama selanjutnya akan dihibur dengan atraksi angklung orkestra dengan tarian dan diiringi permainan angklung.

2. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung | Sumber Foto : http://magarabackpacker.com
Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang murah meriah. Museum yang berada di Jalan Diponegoro ini mudah diakses karena dilewati oleh angkutan umum yang langsung bisa turun di depan museum. Museum Geologi Bandung ini terbagi menjadi beberapa bagian mulai dari timur, tengah dan barat dengan beberapa koleksi yang sangat menarik.

Di bagian timur Anda akan melihat tengkorak manusia purba, sejarah pertumbuhan makhluk hidup, cara mengolah energi, informasi tentang bahaya bencana alam, serta beberapa koleksi lainnya. Sedangkan di bagian tengah terdiri atas miniatur pengeboran minyak, miniatur pengeboran gas dan maket tambang emas terbesar di dunia yang berada di Papua. Ada ruang orientasi yang menampilkan peta geografis Indonesia dalam bentuk relief dan ruang geologi yang menampilkan koleksi tentang bumi, tata surya dan fosil - fosil sejarah. Untuk berkunjung ke Museum Geologi Bandung ini, Anda cukup membeli tiket dengan spesifikasi harga Rp. 2.000,- (untuk pelajar), Rp. 3.000,- (untuk wisatawan lokal), Rp. 10.000,- (untuk wisatawan asing). 

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung | Sumber Foto : http://www.leylahana.com
Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata anak yang berupa theme park, cocok untuk anak-anak dan orang dewasa dan digemari oleh banyak keluarga. Wahana yang tersedia pun bervariasi dan wajib untuk dikunjungi. Bahkan sehari rasanya kurang dan tidak cukup. Trans Studio Bandung memliki enam pertunjukan utama dengan tema teatrikal seperti Legenda Putera Mahkota, Petualangan si Bolang dan Zoo Crew, Kabayan Goes to Hollywood, New Parade & Laser Show, Special Effect Action Show, dan Trans Studio Big Band. Untuk memasuki lokasi wisata ini, Anda harus mengeluarkan uang sejumlah Rp. 170.000,- untuk wisatawan yang berkunjung pada hari Senin hingga Kamis. Sedangkan pada saat weekend (Sabtu - Minggu) dan hari libur harga tiket masuk sebesar Rp. 270.000,-. Dengan mengeluarkan uang tersebut, Anda akan dipuaskan dengan wahana - wahana keren di dalamnya seperti wahana permainan berupa extreme rides hingga softplay untuk anak - anak.

4. Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung | Sumber Foto : http://adiedoes.blogspot.co.id
Bagi Anda yang berkunjung ke museum ini akan melihat kenangan hajatan dunia yang sangat terkenal yakni Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tanggal 18 - 24 April 1955 silam dengan menghasilkan Dasa Sila Bandung [sebuah pedoman bangsa - bangsa terjajah di dunia dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan].

Museum Konferensi Asia Afrika ini memiliki rancangan arsitektural Art Deco yang dibangun dengan bahan lantai dasar marmer dan didatangkan langsung dari Italia. Untuk ruangannya dibuat dari kayu Cikenhout yang terkenal sangat kuat. Penerangan di ruangan menggunakan lampu kristal. Museum Konferensi Asi Afrika ini berdekatan dengan Gedung Merdeka.

5. Wisata Floating Market Bandung

Wisata Floating Market Bandung | Sumber Foto : https://liandamarta.com
Seperti yang saya sampaikan di awal, Bandung itu kaya akan sejuta kuliner yang khas dan penyajian yang istimewa. Salah satunya yaitu Wisata Floating Market Bandung [wisata pasar terapung ala Bandung]. Wisata Floating Market Bandung merupakan wisata dengan wahana modern yang menarik dengan menghadirkan 3 tema utama yakni arena bermain, belajar dan kuliner. Berbicara pasar terapung, Saya jadi teringat pasar terapung muara kuin tradisonal yang berada di atas sungai Barito di muara Kuin, Banjarmasin - Kalimantan Selatan. Kebetulan Saya sudah pernah ke sana saat kegiatan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) di Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan tahun 2014 silam.

Jika berkunjung ke Wisata Floating Market Bandung, Anda akan menikmati aneka kuliner khas Jawa Barat dan Nusantara mulai dari ketan bakar khas Lembang, aneka kuliner ikan, colenak, rujak, mie bakso dan sebagainya. Bagi yang ingin menikmati makanan modern, tidak usah khawatir karena di arena rockpool Anda akan menemukan berbagai jenis kuliner modern seperti steak, pasta dan pizza. 

Berwisata ke Bandung itu mengasyik-kan, seru dan tiada habisnya. Udaranya yang segar, sejuk dan nyaman ditambah suguhan kulinernya yang khas, benar - benar top dan mantap. Tidak heran, jika banyak wisatawan yang ketagihan untuk kembali datang ke Bandung menikmati liburan bersama keluarga, sahabat dan orang terdekat-nya. (@kakdidik13)

Share with your friends

10 comments

  1. Waah memang destinasi diatas banyak yg di gandrungi oleh wisatawan luar kota.

    Ada tempat yg lagi kekinian di Bandung Bukit Moko Puncak Bintang, sama Tebing Keraton, Farmhouse..
    Ahaaa..belom pernah kan Ka Didik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Nchie, kapan diajak keliling Bandung? Lha Destinasi yang kusebutkan di atas aja belum pernah hehehe :)

      Bandung emang keren euy, top pokokman :) Kota Kreatif Orangnya juga Kreatif :)

      Delete
  2. terakhir ke bandung tahun 2012.. jadi pengen kesana lagiii ngulik2 bandung dan kuliner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandung itu ngangenin hehehe :) salam kenal ya :)

      Delete
  3. Selain Makassar, Bandung adalah daerah kedua yang kepengen banget aku datangi Kak. Tapi nggak tahu kenapa kok nggak sampai-sampai kesana ya? hehehe. Berat diongkos mungkin ya *ups*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kapan mau ke Bandung ? Naik Kereta Api aja seru dan harga tiket bisa terjangkau kok :) seru-seruan di Bandung #mantap

      Delete
  4. Replies
    1. Ya diagendakan mbak, semoga bisa cepat ke Bandung ya :)

      Delete
  5. Kalau saya paling seneng jalan2 di Jl. Asia-Afrika :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, usai Festival TIK kemarin juga ke sana hehehe :)

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done