7 Cara Ampuh Bersaing di Halaman Pencarian YouTube Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Saturday, September 26, 2020

7 Cara Ampuh Bersaing di Halaman Pencarian YouTube

7 Cara Ampuh Bersaing di Halaman Pencarian YouTube - Setelah Google, YouTube menjadi mesin pencarian terbesar kedua  dengan 92 milyar halaman view tiap bulan yang memberikan traffic besar ke blog atau website. Tak hanya itu, lewat YouTube Kita juga bisa memonetisasi konten video yang telah diunggah. Untuk memonetisasinya, tentu setelah Kita berhasil memenuhi ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh YouTube.


Bagi para YouTuber pasti ingin agar video yang diunggahnya dilihat oleh banyak orang dan masuk pada halaman pertama pencarian YouTube, iya kan?. Terutama bagi YouTuber baru yang ingin channel YouTubenya diketahui oleh banyak orang dan videonya menjadi viral.

Sehubungan dengan hal tersebut, Smartfren Community melalui Rumah Kreatif Smartfren Community Bojonegoro menyelenggarakan Kelas Online pada bertajuk "Bersaing di Halaman Pencarian YouTube" sebagai lanjutkan kelas online yang pertama, Merintis Channel YouTube dari Nol.

Adapun narasumber yang sharing kali ini masih sama seperti sebelumnya yaitu ALdy TeRRen putrA, pemilik Channel YouTube Aldy Terren Putra yang suka membahas video sulap, review dsb. Aku pun bertugas untuk menjadi pembawa acara dan memandu jalannya kelas online tersebut.

Dalam kelas online ini, Mas Aldy berbagi beberapa tips agar YouTube yang kita kelola bisa muncul di halaman pencarian YouTube. Apa saja? Ini dia 7 Cara Ampuh Bersaing di Halaman Pencarian YouTube saat Kelas Online Smartfren Community Edisi 22 Agustus 2020 :

1. Buatlah Konten yang Berkualitas

Secara bertahap, Google terus meningkatkan dan memperbarui algoritmanya. Setiap harinya, ratusan hingga ratusan ribu konten dengan topik yang sama diterbitkan di internet, tapi hanya beberapa konten saja yang masuk di halaman pertama pencarian youtube, itu dikarenakan google selalu memilih dan memilah konten mana yang berkualitas dan mana yang tidak berkualitas. So, buatlah konten yang berkualitas ya.

2. Gunakan Judul yang Menarik

Judul merupakan salah satu hal yang perlu diperhatika. Buatlah judul video yang mengundang dan memberi rasa penasaran kepada pengunjung (tapi jangan klik bait ya). Hal ini juga merupakan cara riset keyword youtube agar video kamu bisa menang saat bersaing di halaman teratas

Misalnya : Jika Anda memberi judul seperti ini “Nonton Drakor di Internet” mungkin kurang menarik, coba beri judul seperti ini “Nonstop Nonton Drakor Pakai Smartfren Bikin Baper.” Nah, diantara 2 judul itu, nomor 2 lah yang bakalan dikunjungi karena membuat penasaran.

3. Penempatan Kata Kunci di Judul Video

Setelah membuat judul yang menarik, jangan lupa tambahkan kata kunci bidikan Anda ke judul. Karena video yang bertahan di halaman pencarian adalah video yang menggunakan kata kunci yang tepat sasaran.

Misalnya : Jika Kamu membuat judul “Ternyata Nonton Drakor Pakai Smartfren Bikin Baper, Kamu Wajib Mencoba”, mungkin keywordnya yakni “Nonton Drakor Pakai Smartfren”. Ingat, intinya jangan lupakan kata kunci pada setiap video yang Anda unggah ke YouTube.

4. Buatlah Deskripsi Video yang Mengandung Kata Kunci

Optimasi SEO Youtube selanjutnya yaitu Buatlah Deskripsi Video yang Mengandung Kata Kunci, karena deskripsi yang bagus menentukan baik tidaknya video tersebut. Usahakan membuat deskripsi semenarik mungkin dan jangan lupa tambahkan kata kunci di awal paragraf pertama di deskripsi video tersebut.

Misalnya : Anda membidik kata kunci “Nonton Drakor Pakai Smartfren”. Nah di deskripsinya bisa ditulis seperti ini : Video kali ini menceritakan tentang asyiknya Nonton Drakor Pakai Smartfren yang Bikin Baper. Kamu Wajib Mencobanya”. Kata kuncinya di deskripsi itu yang bercetak tebal. Jadi, semacam itulah contohnya. Selain itu tambahkan pula link akun media sosialmu seperti Instagram, Fanpage, Twitter dan Blog/Website mu.

5. Gunakan Tag Video dan Kategori

Tag video ini berada di bagian bawah saat kamu upoad video ke YouTube. Isikan tag videomu di sana dengan kata kunci yang sudah kamu bidik dan kata yang ada hubungannya dengan videomu. Usahakan tag diisi dan jangan sampai kosong jika kamu ingin video kamu ada di puncak halaman pencarian.

6. Buatlah Thumbnail Gambar yang Menarik

Selanjutnya, video akan banyak dikunjungi jika gambar Thumbnail yang dipakai menarik. Anda bisa membuat Thumbnail menggunakan aplikasi desain yang ada seperti kalau di android, kamu bisa memakai Pixellab. Edit semenarik mungkin lalu pasang di thumbnail youtube.

7. Bagikan Videomu ke Media Sosial seperti Facebook, Twitter dsb.

Setelah selesai mengunggah video ke YouTube sesuai SEO, langkah selanjutnya yaitu membagikannya ke media sosial misalnya Facebook, Twitter dsb. Bergabunglah dengan Grup Facebook sesuai dengan Konten Video YouTubemu. Misalnya YouTubemu berisi Konten tentang Kuliner ya bagikan ke grup facebook kuliner yang jumlah anggotanya besar. Jangan sampai YouTube mu tentang Kuliner kamu bagikan ke grup facebook tentang Fashion, gak nyambung hehehehe.

Untuk lebih jelasnya silakan di tonton ulang video Kelas Online Bertajuk "Bersaing di Halaman Pencarian YouTube" di bawah ini :

Semoga 7 Cara Ampuh Bersaing di Halaman Pencarian YouTube ini bermanfaat dan tetap semangat berkarya di YouTube.

Share with your friends

25 comments

  1. Ini 7 caranya ampuh sekali, Mas Didik dan saya langsung seperti dicolek pakai linggis hahaha. Soalnya akun youtube saya sudah lama tidak terisi. Baca ini jadi semangat.
    Dan ternyata hampir mirip dengan blog ya, Mas. Misalnya di judul harus sudah mengandung kata kunci.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget konten adalah hal utama, jangan sampai hal lain di abaikan hanya untuk mengejar trafik semata.salam untuk kreator di sana kak.

    ReplyDelete
  3. Waw menarik dan lengkap sekali, nih aku juga terapin di channel youtube pribadi hehe tapi chanelnya masih belum populer sih (yaialah, wong jarang update akibat penyakit malas hehe.

    ReplyDelete
  4. Perlu juga tips nya biar bisa bersaing cantik, soalnya punya youtube belum banyak di eksplore. Terima kasih infonya Kak Didik

    ReplyDelete
  5. Sekarang persaingan YouTube juga banyak yang mengejar ya, aku masih belajar bikin-bikin videonya nih, belajar sama Kak Didik aja ya.
    Lumayan juga ya kalau YouTube di monetise bisa menghasilkan iklan juga. Aku pelajari ya kak cara ampuhnya

    ReplyDelete
  6. Selama ini jarang banget memperhatikan tag dan kategori video YouTube, kalau mau upload langsung upload ajah. Pantesan gak ada yg ngeliat. Makasih sharenya

    ReplyDelete
  7. ternyata ilmu Youtube juga tidak berbeda dengan ilmu blog ya. bermain kata kunci adalah hal yang penting. COba deh aku ikutan... pengen juga jajal konten Youtube.

    ReplyDelete
  8. Masih belajar bikin thumbnail di youtube, selama ini hanya upload aja tanpa memperhatikan thumbnail. Mulai sekarang mau belajar buatnya, deh!

    ReplyDelete
  9. mungkin dengan thumbnail yang bagus dan pandai search keyword apalagi melakukan seo pasti bisa bersaing di pencarian yt

    ReplyDelete
  10. Betul tulisan Kak Didik, emamng sekarang Youtube masuk jadi pesaing pas kita cari info di Page One. Aku cari apa pun kadang saingan utama malah video dari Youtube. Potensial banget nih buat promosi usaha atau produk kita ya Kak. Aku belum optimalkan Youtube sih, belum kepikir seriusin. Paling upload video kegiatan komunitas, malas bikin tag apalagi thumbnail dan deskripsi yang bagus. Makasih ini bermanfaat banget, Kak!

    ReplyDelete
  11. Wah wah.. mirip blog yang trik nya. Cuma kalau mau bikin video, susah di bagian editingnya. Harus lebih teliti dan saar 😀

    ReplyDelete
  12. Konten selalu jadi pilihan paling utama kalau membuat karya ya kak.
    Aku belum banyak bikin video di Yt, subs juga masih seiprit. Hehe.

    Kadang udah nge-video ehhh lupa edit-edit akhirya lupa dan udah nggak minat ngoprek video. Hiksss...

    Padahal mau juga isi konten berfaedah di sana wkwk

    ReplyDelete
  13. Wah wah.. aku belum memulai untuk ngeYoutube nih. Ternyata hampir mirip juga ya dengan ngeblog. Harus memikirkan keyword dan judul biar orang tertarik untuk melihatnya. Tips yang sangat keren dan komplit nih.

    ReplyDelete
  14. Baru tau kalau isi deskripsi itu penting agar bisa terbaca di YT ternyata, selama ini suka ngasal aja klu nulis di deskripsi, mksh banyak tipsnya kak

    ReplyDelete
  15. Ternyata nggak beda jauh dengan blog ya. Intinya ada di kata kunci dan yah, Konten is king. Baik itu di blog maupun youtube. Orang pastinya akan tertarik jika chanel kita menghadirkan konten yang menarik dan berkualitas

    ReplyDelete
  16. mirip2 sama SEO blog ya mas
    saya pernah sih bikin eksperimen
    satu pake deskripsi panjang, satu pake pendek. ternyata viewersnya lebih banyak yg deskripsi panjang loh dan posisinya pun lebih tinggi

    ReplyDelete
  17. Wah, Kak ALdy, idola banget ini. Saya pernah ikut semacam training pendek gitu sama beliau. Waktu itu acara salah satu komunitas blogger. Mas Aldy banyak berbagi ilmu dan tips serta trik bisa gajian dari Youtube. Sayangnya saya masih terlalu nyaman sama blog. Akhirnya gak bikin-bikin akun youtube-nya.

    ReplyDelete
  18. pas banget, lagi pengen bikin account di youtube tapi maju mundur galau ^_^ catet akh, makasih ya ka informasinya

    ReplyDelete
  19. Informasinya bermanfaat banget, apalagi buat saya yang buta dalam optimasi Youtube,, bakalan saya praktekkan nih tips yang ada

    ReplyDelete
  20. PR buat saya yang mau kembangin youtube si anak meskipun dah ga bisa Adsense-in sih karena konten anak anak

    ReplyDelete
  21. Emang, kadang kalau nonton video di youtube cari yg judulnya interest banget buat klak klik, sklian sama thumbnail di video yg juga bikin penasaran dan Auto klik deh. Apalagi ternyata deskripsi box juga tetap harus diisi dan ga boleh diabaikan ya mas. Noted dah kalau gitu.
    TFS ya mas

    ReplyDelete
  22. Tujuh cara ampuh nih... Dewi masih pakai sampai 4 aja. Next bisa dicoba aah, makasih ya kak.

    ReplyDelete
  23. Dari pengalaman istriku yang ngeYouTube, kata kunci dan thumbnail ini adalah dua kunci utama buat orang tergoda ngeklik... Biasanya sih, jarang kecewa kalau pakai thumbnail... Jarang yg click bait, karena bisa keliatan.

    ReplyDelete
  24. Buat judul video muncul di permukaan juga ternyata nggak kalah tricky dengan bagaimana teknik seo yg di artikel ya, kalau video gini ada tools khusus gt nggak kah kak? Kalau post blog kan suka ada tuh

    ReplyDelete
  25. Siaap untuk dipraktekan mas, lagi mencoba optimasi Youtubenya pelan-pelan, sambil belajar Istiqamah upload 😊

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done