Merintis Channel YouTube dari Nol Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Wednesday, September 2, 2020

Merintis Channel YouTube dari Nol

Merintis Channel YouTube dari Nol - Belakangan ini banyak orang yang bercita-cita menjadi YouTuber. Betapa tidak, pendapatan yang didapat YouTuber melalui iklan yang ditampilkan di video mereka terbilang cukup besar. Bahkan, saat ini para Artis pun banyak yang terjun di dunia per-YouTube-an. Rumah Kreatif Smartfren Community Bojonegoro bersama Smartfren Community menggelar kegiatan virtual bertajuk "Merintis Channel YouTube dari Nol (Khusus Pemula)", Kamis (23/07/2020) kemarin.


Kegiatan virtual tersebut dilaksanakan mulai pukul 15.30-17.00 WIB secara LIVE Streaming melalui YouTube Smartfren Community. Sedangkan untuk koordinasi peserta kegiatan melalui grup WhatsApp yang diikuti sebanyak 111 peserta, mulai dari Gresik, Bangkalan, Tangerang, Pamekasan, Jember, Surabaya, Bekasi, Jakarta, Jogja, Makassar, dsb hingga dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Head of Community Development Smartfren, Dani M Akhyar dalam sambutannya mengatakan bahwa Rumah Kreatif Smartfren Community adalah suatu tempat dimana kita bisa mengaktualisasikan kegiatan produktif, kreatif secara ekonomi, ekonomi kan nggak mesti harus jualan barang, tapi juga bisa produk yang sifatnya digital seperti konten, YouTube dan media sosial dsb. Seperti halnya kelas online yang diselenggarakan pada hari ini.

Sementara itu, aLdy TeRRen putRa selaku narasumber saat memaparkan materi menyampaikan bahwa YouTube itu ibarat rumah, perlu ditata agar terlihat rapi sehingga terlihat lebih menarik, seperti halnya YouTube juga perlu ditata agar menarik bagi penonton dan pengunjung.

"Judul, deskripsi, tag, thumbnail, waktu upload dan sebagainya perlu dioptimalkan agar semakin menarik bagi para penonton atau subscriber," imbuh Pemilik Channel YouTube AldyPutra 40K Subscriber.

Leader Smartfren Community Bojonegoro sekaligus Pegiat Rumah Kreatif Smartfren Community, Didik Jatmiko menambahkan bahwa kelas virtual berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias mengikuti dari awal sampai akhir.

Informasi yang diterima oleh suarabanyuurip.com, kelas online yang digelar oleh Rumah Kreatif Smartfren Community Bojonegoro ini rencananya akan dilaksanakan secara rutin sebulan sekali dengan narasumber yang sama sampai apa yang dipelajari itu tuntas dan berkesinambungan.

Untuk diketahui, selama pandemi covid-19 ini, Smartfren Community telah menggelar kegiatan kelas online virtual sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini. Sehari ada 2 kelas online tersaji kan, bahkan ada pula yang sampai 3 kali sehari. Selain itu juga menggelar aksi sosial berupa pembagian sembako dan masker. 

Buat yang ketinggalan kelas online ini bisa menonton ulang kelasnya di bawah ini : 

Share with your friends

12 comments

  1. Pengen sebenernya masuk ke dunia youtube, cuma aku minder dan ga pedean.. sebenernya bisa juga tanpa menunjukkan jati diri, cuma bingung mau bikin niche apa haha. semoga nnt bisa kesampaian punya channel youtube

    ReplyDelete
  2. audio visual memang manjadi pilihan dimasa sekarang. khususnya bagi rekan rekan muda yang, mantap nih program, sangat mengedukasi

    ReplyDelete
  3. Wah seneng banget dishare kelas onlinenya, pingin tau cara merintis channel youtube, buat belajar anakku nih. Kalau Kak Didik sih udah ahli ya, aku masih coba-coba

    ReplyDelete
  4. Nah, bener banget tuh bang bahwa judul, deskripsi, tag, thumbnail, dan waktu upload emang penting. Masalahnya nek aku saiki males banget maubikin konten yutub, keenakan main TikTok wkkwkwkw

    ReplyDelete
  5. anakku minta aku bikin channel youtube terus. Cuma, blm jalan juga karena kesibukan rumah. Anak usia SD kaya dia pengen jadi youtuber dan katanya aku ibunya harus ngajarin dia dgn cara aku praktek dulu.. baru pas dia udah gede ngasih tutorial dan ngajarin sampai pandai.ckckck

    ReplyDelete
  6. Materi dari Kak Aldi Terren pastinya mantap, ya, secara beliau udah jadi youtuber kondang. Kemarin baru sempat menonton sekilas kelas onlinenya, sepertinya harus ditonton lagi untuk bisa belajar.

    ReplyDelete
  7. Punya Youtube sejak 2004an tapi sampai sekarang malah dianggurin. Seandainya konsisten tiap tahun, bulan dan minggu, mungkin youtube saya pun sudah menghasilkan. Apalah diri ini yang hanya punya niat doang tapi action nggak jalan. Punya ratusan video tapi ngedit dan nge-upload aja malas minta dibanting.

    ReplyDelete
  8. Merintis dari no memang butuh perjuangan banget ya,kak apalagi untuk di channel youtube. Bagi yang mengawali bukan sebagai artis pasti butuh proses juga. Btw, aku ikutan juga nih di grup WA nya saat pembicara bang Aldi,pastinya nambah wawasan banget untuk pemula yang main youtube.

    ReplyDelete
  9. Yang sulit kumiliki itu konsistensi kak
    Moody banget
    Gimana biar bisa punya mental yg kuat dan konsisten ya

    ReplyDelete
  10. Zaman sekarang jadi content creator Youtube bukan hanya sekedar hobi lagi, tapi memang sudah bisa dikatakan sebagai profesi pekerjaan yang cukup menjanjikan. iyap, menjanjikan kalo kita memang serius mendalaminya dan melakukannya :D

    ReplyDelete
  11. Asyik nih sempet ketinggalan kemarin, untung ada rekamannya buat ditonton. Memang Youtube itu sedang potensial ya asalkan memiliki kiat dan strategi yang pas

    ReplyDelete
  12. Seru juga nih. .. Bermanfaat diskusinya untuk yang baru mau mulai menggunakan platform youtube. Diriku sudah memulain3 tahun lalu tapi semangatnya tiba tiba padam hehehe. Perlu dihidupkan lagi

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done