Ads Top

Berbagi Semangat NgeBlog di Jambore Pemuda Daerah Kabupaten Trenggalek 2016

Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama dan berjam-jam serta melewati bukit dan pegunungan bersama Makara Supriyadi (PPMI Trenggalek), akhirnya kami pun tiba di sebuah hotel yang berada di kawasan Pantai Prigi yaitu Hotel Prigi, Watu Limo Kabupaten Trenggalek. Di lokasi ini, sedang berlangsung kegiatan bergengsi bagi pemuda yaitu Jambore Pemuda Daerah Kabupaten Trenggalek 2016.

Berbagi Semangat NgeBlog di Jambore Pemuda Daerah Kabupaten Trenggalek 2016
Setibanya di lokasi, saya disambut oleh Agung Musthofa & Siti Ning Rohmawati dari DPC PPMI Kabupaten Trenggalek dan diajak menuju kamar sekertariat panitia untuk sekedar melepas lelah dan menaruh tas yang kubawa serta bertemu dengan teman-teman yang lain. Sambil melepas lelah, saya pun ikut gabung bersama teman-teman DPC PPMI Kabupaten Trenggalek yang sedang membahas agenda kegiatan dan membagi jadwal kegiatan. Awalnya, saya mendapat jadwal setelah sholat Jum'at (30-09-2016), berhubung ada narasumber yang berhalangan, akhirnya jadwal kami pun ditukar dan jadwal berbagi saya pun diajukan pada kamis malam (29-09-2016). Sambil menyiapkan materi, saya mencoba searching di google melalui ponsel androidku tentang blogger Trenggalek dan yang muncul adalah situs Nggalek.co (sebuah website yang dikelola oleh blogger Trenggalek). Saya pun sekilas membaca blog tersebut dan bergegas bersiap untuk makan malam.

Usai makan malam, semua peserta sudah berkumpul di Aula Hotel Prigi dan siap untuk mengikuti materi. Setelah berganti baju dinas PPMI, saya pun bergegas menuju ke aula. Setibanya di aula, ternyata ada sedikit kendala teknis, namun hal tersebut tak berlangsung lama dan bisa teratasi. Setelah semua benar-benar siap, saya pun dipersilakan oleh moderator untuk berbagi atau sharing materi yang telah kusiapkan sebelumnya.

Baca Juga : Trenggalek itu Identik dengan Singkong 

Peserta dalam kegiatan Jambore Pemuda Daerah Kabupaten Trenggalek 2016 ini adalah perwakilan dari Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kabupaten Trenggalek, mulai dari Kwarcab Trenggalek, PC. IPNU IPPNU Trenggalek, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyyah (IMM) Trenggalek, Sanggar Tari Trenggalek, KBPPP Trenggalek, Kakang Mbakyu Trenggalek, Saka Bahari Trenggalek, BAMAG Trenggalek, PMII Trenggalek, dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Trenggalek.  

Dalam kesempatan tersebut, sebagai salah satu anggota Divisi Litbang & Komunikasi Dewan Pengurus Daerah Purna Prakarya Muda Indonesia (DPD PPMI) Provinsi Jawa Timur, Saya pun memperkenalkan diri terlebih dahulu dan dilanjut dengan memperkenalkan tentang PPMI Jawa Timur serta beberapa informasi penting mengenai media komunikasi yang dikelola oleh PPMI Jawa Timur. Setelah itu, saya mengajak peserta untuk melihat cuplikan video kreatif yang dibuat oleh Traveloka (bukan promosi lho ya, tetapi lebih pada nilai kreatif videonya). Sepertinya peserta begitu antusias menonton videonya, hingga akhirnya ruangan pun menjadi lebih rame ketika ada adegan lucu yang muncul. Selanjutnya, saya pun berbagi tentang Pemanfaatan Internet secara Sehat dan Aman serta NgeBlog Asyik & Fun. Dalam kesempatan ini, saya pun berkampanye dan mengajak seluruh peserta agar lebih bijak dalam memanfaatkan internet dan menggunakannya secara positif sesuai dengan kebutuhan.

"Kita hadir di tempat ini, karena kita adalah pemuda pilihan dan harapan bangsa ini. Harus ada langkah nyata yang kita lakukan untuk bangsa ini, sekecil apapun yang penting kita telah berbuat sesuatu yang mempunyai nilai positif. Misalnya nih, potensi wisata. Sebagai pemuda, kita harus ikut serta berperan dalam mempromosikan potensi wisata yang dimiliki oleh daerah kita. Salah satunya adalah dengan mempromosikannya melalui blog dan sosial media. Yang penting, informasi yang akan disampaikan harus akurat, jangan asal posting dan tentu harus dikemas semenarik mungkin. Jika itu copy paste (copas), jangan lupa tampilkan sumbernya darimana", ucapku sambil memberi motivasi kepada peserta.

Foto bersama peserta perwakilan dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Trenggalek
Sebagai penutup, peserta pun kuajak menonton video Semangat NgeBlog-nya blogger blogdetik agar mereka semakin bersemangat untuk ngeblog. Selain itu, saya sampaikan pula bahwasanya di Kabupaten Trenggalek itu sudah ada komunitas blogger yang bisa diakses melalui websitenya di Nggalek.co (barangkali ada yang serius ingin nulis di blog bisa gabung). Tak lupa, di akhir acara saya membuka pertanyaan dan peserta pun begitu antusias menyambutnya. Ada tiga peserta yang mengajukan pertanyaan (kloter pertama). Satu persatu pertanyaan telah selesai kujawab, peserta pun merasa puas dengan apa yang kujelaskan. Berhubung waktu telah habis, bagi peserta yang ingin mengajukan pertanyaan bisa langsung dikirim melalui WhatsApp 085230874229.

Demikian, ceritaku tentang aksi Berbagi Semangat NgeBlog kepada Peserta Jambore Pemuda Daerah Kabupaten Trenggalek 2016 di Hotel Prigi, Watu Limo - Trenggalek. Sampai berjumpa di lain kesempatan dan tetap semangat menjadi pemuda harapan bangsa Indonesia ! Salam Pemuda... !!! (@kakdidik13)

9 comments:

  1. kang didik hebat masih sering ikutan kegiatan kepemudaan gini. keren kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan terpilih sebagai Duta Pemuda Bojonegoro & Jawa Timur tahun 2014 mbak... semangat berkarya dan mengabdi :D

      Delete
  2. Wahhh...seru ya mas, bisa berbagi ilmu. Jadi lebih bermanfaat dan lebih berkah lagi ngeblog-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru dan mengasyikkan, amiin... barokallah.... salam hangat dari Bojonegoro ya hehehe

      Delete
  3. Kak Didik selalu menginspirasi.
    Lanjutkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap... Lanjutkan !! Makasih teh udah mampir :D

      Delete
  4. jost tenan arek iki, semangat bro Racuni anak muda sekarang dengan dunia blogging mumpung masih muda agar dewasanya bisa menulis dan memperkenalkan daerahnya lewat tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melangkah untuk berbagi & melakukan aksi untuk Negeri ini (siap-siap)

      Oke, mari kita sebar dan tebarkan virus semangat NgeBlog kepada orang-orang di sekitar kita !

      Menulis, Berbagi & Menginspirasi :)

      Delete
  5. keren ya Mas bisa ikutan acara seperti ini

    ReplyDelete

Powered by Blogger.