Ads Top

Berbagi Semangat NgeBlog dalam Latgab Temu Penegak VI di Sukosewu

Berbagi Semangat NgeBlog dalam Latgab Temu Penegak VI di Sukosewu - Tanggal 27 Desember 2016, founder didikjatmiko.com diminta untuk berbagi Semangat NgeBlog kepada peserta kegiatan Latihan Gabungan Temu Penegak VI yang dilaksanakan di wilayah Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sukosewu - Bojonegoro. Sebelumnya agenda tahunan Latgab Temu Penegak telah dilaksanakan lima kali di beberapa tempat, seperti di Kwartir Ranting Temayang (tahun 2012), di Kwartir Ranting Sukosewu (tahun 2013), di Kwartir Ranting Gondang (tahun 2014), di Kwartir Ranting Sugihwaras (tahun 2015) dan di Kwartir Ranting Balen (pada tahun 2016). Seharusnya Latgab Temu Penegak VI ini dilaksanakan pada tahun 2017, berhubung dari masing-masing Dewan Kerja Ranting (DKR) menghendaki dilaksanakan ketika liburan, maka untuk Latgab Temu Penegak VI dilaksanakan pada akhir tahun 2016.

Berbagi Semangat NgeBlog dalam Latgab Temu Penegak VI di Sukosewu
Saat itu, salah satu panitia pelaksana (kebetulan dulu satu kepengurusan denganku di Dewan Kerja Cabang Bojonegoro, sebut saja namanya kak Dadik Hermawan) menghubungi melalui chat whatsapp, dia menyampaikan bahwa akan ada kegiatan latgab Pramuka dan memintaku untuk menjadi salah satu narasumber. Dia pun menyampaikan bahwa tidak ada anggaran untuk narasumber (uang transportasi maksudnya). Saya pun membalas chatnya dengan singkat dan jelas, Saya akan datang dan untuk masalah uang transportasi nggak usah dipikirkan.

Hari yang ditunggu pun tiba. Selasa, 27 Desember 2016 saya dan sahabatku kak @EdySupraEko berangkat memenuhi panggilan jiwa pramuka menuju ke lokasi latgab temu Pramuka Penegak di Sukosewu bersama Blue Reva. Setibanya di lokasi, saya ditemui oleh Kak Dadik (teman seperjuanganku ketika masih aktif di DKC Bojonegoro). Ya meskipun, saat ini kami berdua statusnya udah purna dari DKC Bojonegoro tetapi komunikasi dan silaturrahmi tetap berlanjut hehehe. Kami pun bergegas menuju ke sekretariat kegiatan yang berada di lapangan bola Desa Sukosewu (depan Kantor Polsek Sukosewu) dan berjabat tangan dengan kakak-kakak panitia yang standby di lokasi.



Peserta dalam kegiatan Latgab Temu Penegak VI ini adalah anggota Pramuka dari Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwartir Ranting Sukosewu, Kwartir Ranting Temayang, Kwartir Ranting Gondang, Kwartir Ranting Sekar, Kwartir Ranting Balen, Kwartir Ranting Sugihwaras dan gugus depan terdekat yang diundang oleh panitia.

Sambil menunggu giliranku berbagi, Saya pun asyik ngobrol dan bernostalgia bersama teman lama di Pramuka. Ada kak Anang dan kak Khoirul Anam dari DKR Balen dan sebagainya. Kami asyik ngobrol ngalor ngidul mengenai dunia pramuka, kepemudaan dan sedikit banyak mereka pun bertanya kepadaku tentang dunia blogging. Asyik ngobrol tak terasa giliranku berbagi materi pun tiba dan Saya pun bergegas menuju ke SDN Sukosewu I (lokasi kegiatan).

Setelah dipersilakan sepenuhnya oleh moderator, saya pun mulai memperkenalkan diri dan bersiap untuk meracuni otak peserta Latgab Temu Penegak VI selama dua jam ke depan dengan racun dunia perbloggingan yang sangat menggiurkan. Berhubung, peserta dalam kegiatan ini belum familiar dengan blog (alias pemula), materi yang kupaparkan pun ya sekitar apa itu blog, isinya blog, cara membuatnya, penyedia jasa blog (seperti : blogger, blogdetik, wordpress, kompasiana dan sebagainya), dan manfaat yang diperoleh ketika ngeblog.

Dalam kesempatan itu pula, Saya mengajak peserta khususnya dan umumnya anggota Pramuka se-Indonesia untuk aktif menciptakan konten positif (baik itu berupa tulisan, foto atau video) tentang kegiatan Pramuka di dunia online melalui blog. Kalau melalui sosial media (facebook, twitter, instagram dsb) sudah biasa dan banyak sekali bahkan hits bangettttt. Kalau nggak percaya coba buka akun instagram @pramukaupdate yang followernya saat ini udah 153k sering berbagi tentang aktivitas kepramukaan. Saya pun mengenalkan Blogger Pramuka kepada peserta Latgab Temu Penegak VI dengan taglinenya Menulis Membangun Negeri yang bisa dilihat di http://bloggerpramuka.blogdetik.com dan akun instagram @bloggerpramuka

Saya teringat status facebooknya mbak Ani Berta seperti ini, mengajarkan atau memberi tahu sesuatu itu selayaknya berdasarkan apa yang kita alami, BUKAN karena "Katanya". Bukan bermaksud pamer dan gaya, Saya pun berbagi Semangat NgeBlog kepada peserta Latgab temu Penegak VI seperti apa yang telah saya alami dan lakukan saat ini. Saya mulai bercerita tentang asyiknya ngeblog yang selama ini saya jalani, saya bercerita tentang teman-teman blogger nasional yang keren-keren dan kecebadai, saya bercerita tentang Jelajah Gizi Minahasa bersama dengan Sarihusada dan detikcom, saya bercerita tentang gerakan menduniakan Madura melalui blog bersama blogger Plat-M dan sebagainya [bisa dibaca di blog www.didikjatmiko.com]. Terakhir, saya berpesan agar bijak bermain di dunia online dan jangan sembarang share berita hoax.

Foto bersama Peserta Latgab Temu Penegak VI di Sukosewu
Usai memaparkan materi, saya pun membuka sesi pertanyaan. Terbukti ada 5 peserta yang antusias untuk bertanya. Mereka bertanya tentang apa saja dasar-dasar ngeblog, apa hubungannya ngeblog dengan mencerdaskan otak, pengalaman terburuk yang dialami ketika ngeblog, dan sebagainya. Alhamdulillah, satu persatu pertanyaan yang sangat berboto tersebut kujawab sesuai apa yang telah saya lakukan dan alami. Peserta pun puas dengan jawaban yang saya berikan. 

Sebelum saya tutup dan akhiri, sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta yang sudah berani bertanya, saya berikan Tiska Blogger Pramuka. Meskipun hanya berupa tiska, mereka sangat senang menerimanya karena memang tiska Blogger Pramuka ini masih limited edition (belum banyak yang memiliki) hehehe. Semoga kesempatan yang akan datang, kakak bisa memberikan yang lebih hehehehe.

Peserta & Panitia yang Menerima Tiska Blogger Pramuka
Demikian sedikit ulasan cerita tentang "Berbagi Semangat NgeBlog dalam Latgab Temu Penegak VI di Sukosewu" Bojonegoro. Bagi teman-teman yang ingin belajar bareng tentang blog dan mendatangkan founder didikjatmiko.com bisa menghubungi melalui whatsapp 088230874229. Mari bersama-sama menghiasi dunia perbloggingan dengan aksi dan karya positif untuk kemaslahatan bersama! (@kakdidik13)

3 comments:

  1. Kak Dik HEBAT. BLOGGER ITU HEBAT
    Sharing yang keren, ini yang dicari Indonesia
    Sukses dan selalu berbagi KAk DIk!
    Hokya Hokya!

    ReplyDelete
  2. Mantap bang dik, the power of sharing.. biar tambah penerus blogger diindonesia

    ReplyDelete

Powered by Blogger.