Bus Tingkat Wisata "Werkudara" di Kota Solo, Indonesia Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Saturday, July 20, 2013

Bus Tingkat Wisata "Werkudara" di Kota Solo, Indonesia

Bulan mei 2013 yang lalu, aku bersama 7 sahabatku dari Blogger Bojonegoro menjadi Duta Blogger Bojonegoro untuk mengikuti event Blogger yang bertaraf Internasional, yakni ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 atau ABFI 2013 yang digelar di Kota Solo, Jawa Tengah. Adapun ketujuh sahabatku tersebut adalah Rifaun Naim, Mohammad Rifa'i, Chairul Fadheli, Arifali Dwi Yahya Kurniawan, Fira Indah Rahmawati, Leli Kusnawati dan Vera Astanti. Pada kegiatan tersebut, aku bersama Peserta ABFI 2013 lainnya dimanjakan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata dan kuliner yang ada di Kota Solo. Banyak sekali materi, pengalaman, sahabat blogger baru dari berbagai daerah di Indonesia dan blogger dari negara ASEAN lainnya seperti Blogger Siongapore, Blogger Malaysia, Blogger Kamboja, Blogger Vietnam, Blogger Thailand, Blogger Brunai Darussalam, Blogger Laos dan Blogger Myanmar yang kudapatkan.

Selain menikmati pemandangan Kota Solo di siang hari, kami pun diajak oleh panitia penyelenggara untuk menikmati indahnya Kota Solo di malam hari. Ternyata seru abis, pasalnya kali ini peserta diajak mengendarai Bus Tingkat. Wow, Fantastik...... Biasanya naik bus biasa sekarang bisa naik bus tingkat. Bus ini satu - satunya di Indonesia yang masih beroperasi. Selain full AC, tempat duduk yang nyaman, di dalam bus tingkat ini anda pun dapat berkaraoke. Pada saat itu, aku pun dikerjain sama teman - teman, disuruh menghibur dan menyanyi. Dengan pedenya aku pun menyanyi. Sayang lagu yang ku minta tidak ada. Penasaran gimana serunya, langsung saja ke TKP.

Bus Tingkat Werkudara Kota Solo, Indonesia
Bus Tingkat Wisata yang diberi nama Werkudara pertama diluncurkan pada tanggal 1 April 2011. Bus ini merupakan satu satunya bus tingkat di Indonesia yang masih beroperasi, tepatnya di Kota Solo, Jawa Tengah. Diberi nama Werkudara, karena badannya yang  tinggi besar dengan tinggi 4,5 meter dan berat 12 ton. Bus ini dapat membawa 43 penumpang, 18 kursi di bagian bawah dan 25 kursi di bagian atas.




Pembelian Tiket

Bus Wisata Werkudara beroperasi secara regular pada hari Senin s/d Minggu. Tiket eceran seharga Rp. 20.000 per-lembar bisa diperoleh di Kantor Dinas Perhubungan Pemerintahan Kota Surakarta di Jalan Menteri Sumpeno No 7 Manahan Telp 0271-7096111 pada  hari dan jam kerja. Bus tersebut juga dapat disewa atau dicarter dengan biaya Rp. 800 ribu per tiga jam. Harga itu sudah termasuk BBM dan sopir namun tanpa pemandu perjalanan.  Penyewa boleh meminta bus berhenti di manapun sesuai kesepakatan  dengan catatan tidalk boleh melebih tiga jam sewa atau akan dikenai biaya overtime Rp. 250 ribu perjam.

Rute Reguler Bus

Kantor dishubkominfo di Manahan - Perempatan Manahan (Jalan A Yani) - Pertigaan Kerten (Jalan Slamet Riyadi) - Sriwedari - Gladag - Balai Kota - Pasar  Gede - Perempatan Panggu (Jalan Kol Sutarto) - Tugu Cembengan (Jalan Ir Sutami) - Jurug.

Jurug - Tugu Cembengan (Jalan Kol Sutarto) - Perempatan Panggu (Jalan Kol Urip Sumoharjo) -Pasar Gede - Balai Kota - Gladag - Perempatan Sangkrah (Jalan Kapten Mulyadi) - Perempatan Baturono-Gading (Jalan Veteran) - Tipes - Baron (Jalan Dr Rajiman) - Laweyan - Lumbung Batik (Jalan KH Agus Salim) - Purwosari (Jalan Slamet Riyadi) - Pertigaan Kerten - Perempatan Manahan - Kantor Dishubkominfo di Manahan.

Nah, semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi sobat semua. Apabila anda ingin menikmati wisata dengan mengendarai Bus Tingkat bersama sahabat, keluarga dan orang terdekat anda, tidak ada salahnya anda berkunjung di Kota Solo, Jawa Tengah. Selain berwisata anda pun dapat berbelanja disini. Pokoknya mantab.....

Share with your friends

2 comments

  1. saya malah ngeri kalau naik bis tingkat seperti itu. angin di solo kan lumayan kenceng.

    ReplyDelete
  2. tapi asyik kok, pengen naik lagi rasanya......

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini