Info Menarik
Loading...

Solo The Spirit Of Java : Kenangan di Kota Solo 2013

Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan Kota Solomerupakan salah satu kota di Propinsi Jawa Tengah yang terkenal akan wisata sejarah, budaya dan batiknya. Perkenalkan nama saya Didik Jatmiko biasa dipanggil Kak Didik dan asli dari Bojonegoro.

Berbicara tentang Kota Solo, aku mempunyai kenangan dan pengalaman yang sangat berkesan, bahkan tak terlupakan hingga sekarang. Tepatnya pada tanggal 09 – 12 Mei 2013, ketika aku dan 7 orang sahabatku dari Komunitas Blogger Bojonegoro serta blogger dari berbagai daerah di Indonesia dan Negara anggota ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Thailand, Myanmar, Brunai Darussalam dan Philipina mengikuti sebuah event yang bergengsi, sebut saja event “ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013” yang digelar oleh ASEAN Blogger Community Chapter Indonesia dengan dukungan penuh dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Pemerintah Kota Surakarta.  Saat itu diriku bersama blogger lainnya serasa menjadi orang Solo selama empat hari.
Sepur Tempo Dulu "Sepur Kluthuk Jaladara"
Selama mengikuti event tersebut, banyak hal yang ku ketahui mengenai Kota Solo. Kota yang terkenal akan ragam budaya dan tradisi, tutur bahasanya yang halus dan khas serta identik dengan batiknya, yakni batik Kauman dan batik Laweyan. Selain dapat mengunjungi lokasi pembuatan batik Solo tersebut, aku juga bisa mengerti proses pembuatan batik Solo secara langsung di pengrajin batik Kauman dan batik Laweyan. Di Kota Solo aku dan peserta ABFI 2013 lainnya juga mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti Pura Mangkunegaran, Museum Sangiran Sragen, Candi Sukuh dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat serta diajak menanam pohon di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo tepatnya di Taman Urban Forest.

Tak hanya kaya akan warisan wisata seni dan budaya, Kota Solo juga memiliki kekayaan yang khas dalam segi kulinernya. Wisata kuliner khas yang terdapat di Kota Solo diantaranya nasi liwet, pecel ndeso, sate buntel, sate kere, dawet tlasih dan sebagainya. Tentu dengan potensi yang dimiliki Kota Solo saat ini, berpeluang menghadirkan investor – investor sehingga banyak wisatawan berdatangan ke Kota Batik ini, baik wisawatawan lokal maupun wisatawan asing. Jika anda sedang berada di Kota Solo, jangan terlewatkan untuk mengelilingi Kota Solo dengan Bus Tingkat "Werkudara" dan Sepur Kluthuk "Jaladara". 
Buku Selayang Pandang Kota Solo
Seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Surakarta Bapak F.X. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya di Buku Selayang Pandang Kota Solo “Meski Kota Surakarta tidak memiliki kelebihan kekayaan sumber daya alam, namun kekayaan budaya dan kreatifitas masyarakat menjadi keunggulan dan modal penting perekonomian Kota Surakarta, khusunya bagi tumbuh kembangnya kegiatan pariwisata, budaya, olah raga, perdagangan dan jasa”. 
Aku pun merasa bangga terhadap Pemerintah Kota Surakarta yang telah menyusun berbagai program kegiatan tahunan dan tertulis serta terjadwalkan dalam bentuk buku “Calendar of Cultural Event Solo 2013”. Di dalam buku tersebut tidak hanya dijelaskan event tahun 2013 saja melainkan agenda tahun 2014 Pemerintah Kota Surakarta pun sudah terjadwalkan. Adapun Main Events in Solo 2014 adalah sebagai berikut :

NO
NO
EVENTS
1
KETOPRAK FESTIVAL 14 – 18 February 2014
Venue : Gedung Kesenian, Balekambang Park
2
SOLO CARNIVAL 15 February 2014
Venue : Jalan Slamet Riyadi
3
GUNUNGAN CHARITY BOAT RACE 23 February 2014
Venue : Bengawan Solo River
4
BENGAWAN SOLO TRAVEL MART 26 – 17 April 2014
Venue : Various Hotels in Solo
5
SOLO DANCES 27 April 2014
Venue : Jalan Slamet Riyadi
6
MANGKUNEGARAN PERFORMING ARTS 09 – 10 May 2014
Venue : Pura Mangkunegaran Palace
7
ROYAL PALACE ART FESTIVAL 11 – 12 June 2014
Venue : Keraton Kasunanan Surakarta
8
SOLO BATIK CARNIVAL 28 June 2014
Venue : Jalan Slamet Riyadi
9
SOLO BATIK FASHION 11 – 13 July 2014
Venue : Surakarta City Hall (Balaikota)
10
WAYANG ORANG GABUNGAN FESTIVAL 17 – 20 July 2014
Venue : GWO Sriwedari Park
11
SOLO KERONCONG FESTIVAL 12 – 13 September 2013
Venue : Ngarsopuro / Sriwedari Park
12
SOLO CITY JAZZ 19 – 20 September 2014
Venue : Ngarsopuro / Sriwedari Park
13
SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (SIPA)
26 – 28 September 2014 Venue : Ngarsopuro / Sriwedari Park
14
PEKAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 02 – 05 October 2014
Venue : Pusat Keramaian Solo
15
SOLO CULINARY FESTIVAL 12 – 14 October 2014
Venue : Galabo, Pulabo Solo
16
KIRAB MALAM 1 SURO 24 October 2014
Venue :
- Around the walls of the Kasunanan Royal Palace
- Around the walls of the Pura Mangkunegaran
- Jamasan Pusaka
17
BENGAWAN SOLO GETHEK FESTIVAL 10 November 2014
Venue : Bengawan Solo River
  Tabel : Main Events In Solo 2014

Pemerintah Kota Surakarta terus berupaya memberikan hiburan yang terbaik untuk warga masyarakat Kota Solo dan sekitarnya serta wisatawan yang datang ke Kota Batik ini melalui berbagai event. Jadi, jika Anda mempunyai keinginan untuk berwisata bersama Keluarga, Sahabat dan Rekan Kerja tak ada salahnya untuk datang ke Kota Solo. Solo The Spirit Of Java (@kakdidik13).

Foto Kenangan ABFI 2013 di Kota Solo :
ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 di Kota Solo

Bersama Prajurit Keraton Surakarta

Menanam Pohon di Taman Urban Forest

Taman Urban Forest Kota Solo

Di Hotel Kusuma Sahid Princes Surakarta

Kontes Tulisan Tentang Solo

Share with your friends

5 comments

  1. Nurul Handayani : Datang langsung ke Solo ya Mbak.... Dijamin kalau sudah naik Sepur Kluthuk Jaladara pasti ketagihan... Baca ini juga ya : http://www.kakdidik.my.id/2013/07/sepur-kluthuk-jaladara-pilihan-wisata.html

    Semoga menambah referensi.....

    ReplyDelete
  2. makasih bang sudah mosting kotaku :D
    semangat ngeblog, visite back in my blog :)
    salam sukses

    ReplyDelete
  3. Goglees : Oke bang... sama-sama.... siap

    Indra Kusuma Sejati : Betul banget sob, Solo The Spirit Of Java and Solo Ecocultural City....

    ReplyDelete
  4. Salam kenal kembali mas. Terima kasih..... :)

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done