Perlengkapan Ngeblog yang Wajib Dimiliki Blogger Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Monday, September 5, 2016

Perlengkapan Ngeblog yang Wajib Dimiliki Blogger

Setelah memutuskan untuk menjadi seorang blogger, hampir aktivitas saya sehari-hari tak terlepas dari yang namanya blog. Bahkan blog hampir menjadi bagian dalam hidupku yang nggak bisa dipisahkan (pacarnya mana nih hehehe). Blog yang saya kelola saat ini selain untuk media publikasi kegiatan yang saya lakukan, curhat, berbagi informasi dan ilmu, alhamdulillah juga menghasilkan rejeki baik itu rejeki yang berupa finansial ataupun rejeki yang lainnya. Meskipun rejeki yang dihasilkan belum sebanyak seperti blogger yang main adsense ataupun yang sering menang lomba ngeblog,  saya bersyukur. 
Perlengkapan Ngeblog yang Wajib Dimiliki Blogger
Untuk menunjang aktivitas blogging yang kutekuni, saya membutuhkan perlengkapan dan peralatan yang bisa menunjang kegiatan ngeblog tersebut agar ngeblog berjalan dengan lancar, efektif  dan nyaman. Jika kebutuhan tersebut terpenuhi maka output atau hasil ngeblog berupa artikel, foto, dan video pun sesuai dengan yang kita harapkan. Perlengkapan ngeblog apa saja yang wajib dimiliki blogger? Ini dia :

Pertama, Laptop atau Komputer. Perlengkapan yang satu ini mutlak dimiliki oleh seorang blogger agar lebih maksimal dalam menghasilkan sebuah artikel dan ngeblog pun semakin bersemangat dan produktif. Pertama kali saya ngeblog, saya lebih sering melakukannya di warnet (baca : warung internet) karena pada saat itu saya belum mempunyai laptop atau komputer sendiri. Kondisi seperti ini berlangsung tidak lama yakni selama satu tahun. Alhamdulilah pada tanggal 10 September 2014, saya bisa membeli laptop dari hasil jerih payah sendiri dan tidak minta kepada orang tua. (baca ceritanya di sini : Menemukanmu di Kota Gadis Madiun).

Kedua, Gadget atau Smartphone. Di era perkembangan teknologi yang canggih seperti ini, hampir setiap blogger memiliki gadget atau smartphone yang canggih dan kualitasnya bagus. Bahkan satu orang terkadang memiliki gadget atau smartphone lebih dari satu. Gadget atau smartphone saat ini mempunyai multifungsi yang sangat mendukung aktivitas blogging. Selain dapat langsung digunakan untuk ngeblog dengan menggunakan paket data internet yang tersedia atau wifi, gadget atau smartphone juga dilengkapi dengan kamera canggih yang bisa digunakan untuk mengambil gambar atau video untuk digunakan sebagai bahan pendukung postingan di blog.

Ketiga, Koneksi Internet. Aktivitas ngeblog atau blogging bisa dikatakan sebagai hobi yang bisa menguras tenaga, pikiran dan juga finansial yang kita miliki. Setiap ngeblog kita pasti membutuhkan yang namanya koneksi internet, hal ini bahkan hukumnya wajib hehehe. Untuk mendapatkan koneksi internet tersebut, kita bisa mencari tempat yang menyediakan fasilitas wifi (sekarang hampir di setiap daerah, wifi tersebar di warung makan, cafe dan tempat nongkrong asyik lain), berlangganan indihome di rumah (bagi rumah yang dilewati akses fiber optic milik Telkom), memakai modem dengan paket data internet dan sebagainya. Alhamdulillah, untuk masalah koneksi internet ini saya tidak mengalami hambatan karena di tempat saya bekerja sudah disediakan fasilitas wifi 24 jam. Tak hanya itu, untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan akses internet warga, di Desaku juga telah disediakan fasilitas wifi gratis yang dipusatkan di kantor balai desa setempat. Kebetulan saat ini saya dipercaya oleh Kepala Desa untuk mengelolanya bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sendang Potro dan Tim Official Website Desa Sedahkidul.desa.id.

Selain ketiga hal tersebut di atas, masih banyak perlengkapan dan perlatan yang harus disediakan oleh seorang blogger sebelum memulai aktivitas bloggingnya. Namun, bagiku ketiga perlengkapan di atas sudah cukup untuk menunjang aktivitas ngeblog yang kita lakukan. Semoga kita selalu diberikan nikmat dan rejeki yang melimpah dan barokah sehingga bisa membeli perlengkapan dan peralatan ngeblog lain yang sangat pernting seperti Kamera DSLR, Kamera Pocket, Power Bank dan aksesoris lainnya yang berhubungan dengan dunia blog. Keep spirit to posting and blogging !!  (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 05 September 2016

Share with your friends

16 comments

  1. Hebat, kak didik ternyata nggak butuh amunisi seperti kopi dan camilan...emang fokus ngeblog cowo satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amunisi itu pasti butuh mbak, apalagi secangkir kopi. Kan lewat ngopi, sejuta inspirasi menanti hehehe

      Yuk, semangat ngeblog ! Mbak Dwi Puspita juga hebat ngeblognya, keren-keren :D

      Delete
  2. waah alat tempur ituu buatku pentiing, dan wajib di bawa kemanapun, lebih penting dari bedak dan lipstik eeaaa

    yuk ahh have fun ngebloog kakaaa!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh Nchie, makasih spiritnya dan tetap Have Fun to Blogging :) selalu ya

      Delete
  3. Alhamdulillah amunisi tersedia. Siap tempur. Semangat ngeblog, kak.

    ReplyDelete
  4. Enak banget mas di desanya udah ada Wifi gratis. Aku kalau pulang kampung malah seringnya terkendala sinyal, baik sinyal internet ataupun hape. Jadi sekarang kalau ngeblog lagi sibuk-sibuknya malas pulang kampung soalnya pasti ilang sinyal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, ya dengan fasilitas wifi ini bisa membantu warga untuk searching banyak hal mulai dari pertanian, pembuatan kue dsb. Sangat berguna sekali pokokman :D

      Delete
  5. Butuh pulsa dan sinyal juga mas, heheh. Pengalaman pernah tinggal di daerah susah sinyal :(

    ReplyDelete
  6. yang nomer satu, saya belum punya. semoga bisa segera punya. aaamiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lekas punya yang nomor 1 ya mbak, semangat-semangat :D

      Delete
  7. Pernah bikin postingan via smartphone ga?

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini