Ads Top

[Review Buku] Sisi Lain Orang Migas Hasil Karya Jurnalistik

Malam itu 13 Oktober 2016 di tempat biasa kami nongkrong untuk ngopi dan sekedar diskusi kecil, salah satu temanku Muhammad Fatoni yang saat ini berprofesi sebagai jurnalis online di salah satu media online di Bojonegoro, sebut saja blokBojonegoro.com memberiku sebuah buku yang sangat menarik untuk dibaca. Buku tersebut berjudul "Sisi Lain Orang Migas" Hasil Karya Jurnalistik yang ditulis oleh Muhammad A. Qohhar, dkk. Saya mengenal Mas Koko (panggilan akrab Muhammad A. Qohhar) pertama kali ketika mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Sanggar Belajar Alternatif (SBA) Purwosari - Bojonegoro, binaan Society Education Centre (SEC) pada tahun 2008 di Tirtawan Dander silam.

Review Buku Sisi Lain Orang Migas Hasil Karya Jurnalistik
Setelah kubuka plastik yang masih melekat di buku (karena masih baru), saya langsung menuju ke halaman daftar isi yang tertera dalam buku tersebut. Setelah kubaca, isi yang tercantum dalam buku ini sangat menarik untuk dibaca. Seperti halnya yang disampaikan oleh penulis pada halaman 129 menyebutkan bahwa semua tulisan yang ada di dalam buku "Sisi Lain Orang Migas" dibuat dari Proses Hasil Karya Jurnalistik, mulai penggalian data, penulisan, hingga penerbitan di media online blokBojonegoro.com. Sudut pandang yang diambil dalam tulisan ini lebih menekankan pada kisah sukses yang dialami oleh tokoh atau pejabat yang masih aktif di Industri Minyak dan Gas Bumi (Migas) dengan tujuan dan harapan bisa memberikan inspirasi dan ruang bagi pembaca terutama anak-anak dan pemuda (generasi emas Bojonegoro) untuk membingkai cita-cita yang lebih baik.

Buku "Sisi Lain Orang Migas" (Hasil Karya Jurnalistik)  diterbitkan oleh Blok Media Promosindo dengan ISBN : 978-602-60092-0-3 dicetak pertama kali pada September 2016. Adapun nama-nama tokoh atau pejabat yang tertera dalam buku ini yaitu Ali Masyar, M. Fatah Yasin, Priandono Hernanto, Abdul Malik, Edy Purnomo, Subiyanto "Pandu", Agus Amperianto, Sigit Dwi Aryono, Yuliani, Sugeng Setiono, Akbar Pradima, Ruli Andhani, Teguh Heru Susanto, Dave A. Seta, Ali Mahmud, Dony Hermawan dan M. Fajar Shodik.

Seperti halnya yang disampaikan penulis dalam pengantar buku ini mengatakan bahwa hidup seseorang terkadang tidak bisa ditebak dan diprediksi. Ada yang senang, namun seterusnya susah, atau sebaliknya dari susah menjadi senang. Ada pula yang datar-datar saja dengan alur tanpa beban dan hambatan. Banyak cerita mengiringi tentang sisi-sisi lain seseorang dari berbagai sudut potret kehidupan. Begitu pula sisi lain orang-orang yang hidup di industri Minyak dan Gas Bumi (Migas), terutama di Kabupaten Bojonegoro.

Dalam buku rangkuman hasil karya jurnalistik "Sisi Lain Orang Migas" yang disajikan oleh blok Bojonegoro Media (blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) dengan diwakili penulis Muhammad A. Qohhar, menyajikan tulisan berupa feature personal dari pegawai Migas yang dianggap mewakili kepentingan perusahaan Migas dan telah tayang di portal blokBojonegoro.com sejak beberapa waktu belakangan ini. 

Ternyata, hampir semua sosok yang disajikan mempunyai sisi lain pemberi inspirasi. Karena, mereka merintis karier dengan sangat berliku dan penuh tantangan. Bahkan tidak jarang harus disertai dengan cucuran keringat dan air mata. Mulai dari latar belakang keluarga, sahabat dekat atau orang-orang yang mendorong mereka bisa tegar hingga sekarang ini. Ternyata, tampilan sekarang yang lebih parlente, necis mengendarai kendaraan roda empat dan sebagainya, rata-rata mereka mempunyai masa lalu "orang susah".

Setelah membaca buku ini, saya sedikit banyak mengetahui tentang kisah kehidupan penuh warna dan menginspirasi yang dialami oleh orang-orang Migas sebelum mereka sukses seperti sekarang, mulai dari latar belakang keluarga dan kehidupannya. Ada yang pernah memelihara dan memerah susu sapi, penyiar radio, kuliah sambil jadi juru parkir, belajar komunikasi sambil bantu jualan jamu, anak penjual gorengan, bercita-cita sebagai guru TK ternyata nyasar di Pertamina, dan sebagainya. Memang benar bahwa suka dan duka adalah bumbu kehidupan yang saling berdampingan. Jika dijalani dengan sepenuh hati, pasti akan menemukan jalan baru dan titik temu yang indah. Demikianlah sekilas gambaran tentang Buku "Sisi Lain Orang Migas" (Hasil Karya Jurnalistik). Bagi yang sudah memiliki buku ini, saya ucapkan selamat membaca dan semoga bermanfaat serta kisah-kisahnya menginspirasi kita untuk menjadi sosok yang produktif. [@kakdidik13]

6 comments:

Agung Han said... Reply Comment

literasi tentang migas
saya awam banget masalah migas
mgkn buku ini bisa membuka pencerahan baru buat saya

desi said... Reply Comment

banyak mensyukuri kehidupan yg kita jalani skrg mungkin sisi positifnya ya :)

Didik Jatmiko said... Reply Comment

Kebetulan saya cuma dikasih satu mas sama temenku hehehe

Didik Jatmiko said... Reply Comment

Iya mbak, betul banget.... mensyukuri hidup dan tetap selalu bersemangat hehehe

udafanz said... Reply Comment

Bukunya sepertinya menarik dan inspiratif ya mas :)

Didik Jatmiko said... Reply Comment

Iya mas, berisi kisah sukses para pegawai migas :)

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Powered by Blogger.