Rapid Test dan Pencegahan Covid-19 Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Tuesday, June 30, 2020

Rapid Test dan Pencegahan Covid-19

Rapid Test dan Pencegahan Covid-19 - Sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro, pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah melakukan rapid test di beberapa wilayahnya seperti rapid test massal terhadap pedagang pasar tradisional di Pasar Kota Bojonegoro, Pasar Kapas, Pasar Banjarjo, Pasar Baureno, Pasar Dander, Pasar Kalitidu dan Pasar Sumberrejo. 


Selain itu rapid test massal juga dilakukan di beberapa swalayan yakni Bravo Bojonegoro, KDS Toserba Bojonegoro, Giant Bojonegoro, Samudra dan pabrik rokok di Padangan. Dalam pelaksanaan rapid test ini selalu dipantau langsung oleh Bupati Bojonegoro bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro.

Lantas, rapid test itu apa sih sebenarnya?

Menurut informasi yang saya baca, Rapid Test merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Covid-19. Namun perlu diketahui juga bahwasanya pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu. Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus COVID-19.

Di era modernisasi dan digital ini, Kita bisa mengetahui lebih detail tentang informasi virus Covid-19 lho dengan mengakses situs halodoc.com atau berkonsultasi secara langsung kepada dokter yang sudah terhubung dengan aplikasi halodoc. Untuk berkonsultasi pun sangatlah mudah yakni :

1. Kamu bisa mengirimkan permintaan untuk berkonsultasi dengan dokter yang tersedia di website halodoc.com

2. Silakan ditunggu hingga dokter menerima permintaan untuk berkonsultasi kesehatan secara online.

3. Jika sudah terhubung, sampaikan pertanyaan atau hal yang ingin dikonsultasikan kepada dokter dengan jelas termasuk informasi tentang virus covid-19

 

Hal apa saja yang bisa dilakukan agar kita tidak terjangkit covid-19?

Di tengah Pandemi saat ini, kita bisa melakukan pencegahan agar tidak terinfeksi covid-19 dengan membiasakan untuk pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi Protokol Kesehatan seperti :

1. Jaga Jarak Aman

Jaga Jarak atau dikenal dengan istilah Physical distancing ini jika dilakukan dengan serius ternyata bisa membantu menghentikan penyebaran dan penularan covid-19. Jaga jarak ideal yang dilakukan maksimal 1,5 meter. Jaga jarak dan jaga hati ya hehehe.

2. Pakai Masker

Kelihatannya sih sepele ya, namun bagi sebagian orang yang tak terbiasa memakai masker saat keluar rumah, memakai masker menjadi hal yang berat untuk dilakukan. So, pakailah masker saat keluar rumah dan berinteraksi dengan teman-teman di sekitarmu. Masker yang dipakai nggak harus masker kesehatan seperti yang dikenakan oleh petugas kesehatan. Kita bisa menggunakan masker kain yang sesuai dengan standar yang ada. Gerakan "Ayo Pakai Masker" memang perlu digalakkan dan disosialisasikan kepada masyarakat.

3. Cuci Tangan Pakai Sabun atau Pakai Hand Sanitizer

Menurut informasi yang saya baca, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih efektif menghilangkan virus yang menempel. Jadi, cukup dengan cuci tangan pakai sabun + air mengalir atau sediakan hand sanitizer secukupnya dan jangan memborongnya ya.

4. Update Informasi Terkini dari Gugus Tugas Covid-19

Kita bisa mengupdate informasi terkini tentang Covid-19 ini melalui Gugus Tugas Covid-19 baik di tingkat desa hingga tingkat Nasional. Updatenya bisa dilakukan bisa melalui internet, media cetak dan elektronik seperti Televisi dan Radio.

Nah, selain 4 hal tersebut yang bisa dilakukan yakni menghindari kerumunan orang banyak. Ya, covid-19 ini kan tak terlihat oleh kasat mata. Jadi siapa yang sudah terjangkit kan kita tidak bisa mendeteksinya. Sehingga hal yang paling aman adalah dengan menghindari kerumunan. 

Demkian informasi tentang rapid test dan pencegahan covid-19, semoga bermanfaat ya. Ayo kita mulai dari diri sendiri untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi intruksi dari Pemerintah untuk menerapkan Protokol Kesehatan. Semoga kita dan keluarga terhindar dari Covid-19 ini. Amiin

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done