Info Menarik
Loading...

Buka Peluang bersama Smartfren Community, Kuncinya Sinergi dan Kolaborasi

Buka Peluang bersama Smartfren Community, Kuncinya Sinergi dan Kolaborasi - Smartfren Community, demikianlah nama sebuah komunitas yang resmi memasuki usia ke-5 pada tanggal 15 Oktober 2020 lalu.  Adapun tema yang diusung dalam perayaan Hari Ulang Tahun Smartfren Community Ke-5 yaitu “Live in Meaningful Action”. Berhubung masih di tengah Pandemi, perayaan ulang tahun dilaksanakan secara virtual dengan melakukan pertemuan online melalui aplikasi zoom yang diikuti oleh leader dan founder smartfren community bersama Pembina Smartfren Community, yaitu Roberto Saputra selaku Chief Brand Officer Smartfren dan Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations Smartfren yang difasilitasi oleh Community Development PT Smartfren Telecom Tbk.


Tak kenal maka tak tahu, nah agar menjadi tahu seyogyanya ijinkan Saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Namaku Didik Jatmiko, aktivitas sehari-hari menekuni dunia blog dan YouTube serta media sosial lainnya. Untuk blogku bisa diakses di https://didikjatmiko.com dan nama channel YouTube Didik Jatmiko. Saya lahir dan besar di sebuah Kabupaten kecil, namun kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) berupa Migas dan terkenal dengan sebutan Kota Ledre yaitu Bojonegoro.

Pertama kali Saya mengikuti kegiatan Gathering Smartfren Community di Kota Pahlawan, Surabaya pada hari Jum’at tanggal 31 Maret 2017.  Pada saat itu, Saya berangkat dari Bojonegoro dengan menggunakan jasa transportasi umum yaitu naik bus. Setibanya di lokasi Saya bertemu dengan Om Rinaldy selaku Leader Smartfren Community Surabaya.


Gathering terasa lebih semarak karena juga diikuti oleh beberapa teman blogger dari Surabaya, Lamongan, Malang, Gresik dan Sidoarjo. Saya adalah satu-satunya peserta terjauh yaitu dari Bojonegoro. Semakin seru lagi, saat berlangsungnya acara juga dilakukan live tweet. Kebetulan, saat itu Saya terpilih sebagai salah satu pemenang bersama pemilik akun twitter @edapoenya berhak menerima hadiah berupa MiFi Andromax M3Z. Sementara itu untuk kupon undian yang berhak mendapatkan hadiah berupa Smartphone Andromax dari Smartfren diraih oleh @masdito_

Hingga tiba waktunya, tepat pada hari Senin tanggal 17 Agustus 2019 dalam acara Launching Smartfren Community Bojonegoro, Saya dipercaya dan dikukuhkan sebagai leader Smartfren Community Bojonegoro oleh Head of Community Development PT. Smartfren Telecom Tbk, Dani M Akhyar.  Sejak saat itu, Bojonegoro resmi menjadi bagian Smartfren Community Regional Kota Ke-40.


Agar Smartfren Community Bojonegoro dikenal oleh masyarakat Bojonegoro, Saya kemudian membuat akun media sosial resminya, baik itu di facebook, twitter, instagram ketik saja @sfcombojonegoro sementara untuk blognya bisa diakses melalui https://sfcombojonegoro.blogspot.com 

Adapun program kegiatan yang dilakukan oleh Smartfren Community Bojonegoro tidak jauh berbeda dengan program Nasional Smartfren Community. Di Bojonegoro, program kegiatan dibagi dalam beberapa hal yaitu Smartfren Community Bojogoro Goes To Campus, Smartfren Community Bojogoro Goes To School, Smartfren Community Bojogoro Goes To Village, Smartfren Community Bojogoro Goes To Community, Smartfren Community Bojogoro Goes To Class, Smartfren Community Bojogoro Goes To Vlog. Mau tahu aktivitas Smartfren Community Bojonegoro, inilah ulasannya !!

Smartfren Community Bojogoro Goes To Campus


Smartfren Community Bojogoro Goes To Campus pertama kali dilakukan di Universitas Bojonegoro (UNIGORO). Kegiatan dilaksanakan pada hari senin tanggal 2 Desember 2019 dikemas dalam bentuk talkshow dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia “Bersama Masyarakat Meraih Sukses, Kita Peduli – Generasi Terlindungi” di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bojonegoro (UNIGORO).

Smartfren Community Bojonegoro Goes To School

Di sini senang di sana senang dimana-mana hatiku senang - Salam Pramuka

Smartfren Community Bojonegoro Goes To School pertama kali dilakukan pada hari Minggu tanggal 20 Oktober 2019 bertepatan dengan Hari Jadi Bojonegoro Ke-342. Kegiatan yang bersinergi dengan Pramuka Gudep SMKN Ngraho ini dikemas dalam Jambore On The Air – Jambore On The Internet (JOTA JOTI) yang diikuti oleh 86 peserta dari berbagai sekolah, seperti : SMKN Ngraho, SMKN Kasiman, SMKN Margomulyo, SMAN Kasiman, MAN 3 Bojonegoro, MA Plus Al Hadi Padangan, dan 1 sekolah dari SMK NU Kedungtuban, Blora – Jawa Tengah. Pada saat itu, Saya berbagi materi tentang Jurnalistik,  Literasi Digital dan mengenalkan tentang Smartfren Community.


Selanjutnya, kegiatan Smartfren Community Bojonegoro Goes To School diselenggarakan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Islamiyah Temayang di Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 19 Desember 2019. Kegiatan dikemas dalam bentuk Literasi Digital “Cerdas Bermedia Sosial di Era Revolusi Industri 4.0” diikuti oleh 150 siswa yang terdiri pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), siswa kelas 7, 8, dan 9. Acara dihadiri oleh Kepala MTs Islamiyah Temayang, Dra. Shofiyatun, Pengurus Yayasan, HM. Asrory Nadlim, BA, S.Pd.I, Waka Kurikulum, Yani, S.Kom.

Launching Teman Kreasi Bojonegoro Powered by Smartfren Community BojonegoroS

Teman Kreasi Bojonegoro Powered by SmartfrenCommunity Bojonegoro resmi diluncurkan pada hari Sabtu tanggal 18 Januari 2020. Semangat yang melatarbelakangi berdirinya Teman Kreasi Bojonegoro Powered by Smartfren Community di Bojonegoro yaitu dengan masuknya teknologi ke desa harus dimanfaatkan dengan baik oleh generasi milenial untuk memajukan desa di era revolusi industri 4.0.


Untuk mewujudkannya tentu dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi yang positif sehingga mampu menjawab tantangan untuk memajukan desa melalui teknologi. Tentunya dengan tanpa meninggalkan adat dan tradisi agar memunculkan generasi milenial desa yang tak gagap akan teknologi. Dan solusinya yaitu bersinergi dengan Smartfren Community.

Dengan dukungan dari Community Development PT. Smartfren Telecom Tbk semoga menjadi spirit untuk terus bergerak, berkarya, mengabdi dan memberikan manfaat yang nyata untuk masyarakat melalui pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan.

Ngobrol Pintar bareng YouTuber Bojonegoro

Acara launching ini juga dirangkai dengan kegiatan Ngopi (Ngobrol Pintar) bareng YouTuber Bojonegoro yang tergabung dalam wadah Adsense Secret Bojonegoro dengan tema “Jadikan Hobimu Menjadi Sumber Penghasilanmu” pada Hari Minggu tanggal 19 Januari 2020.

Gathering Nasional Leader Smartfren Community

Banyak peluang yang Saya dapatkan bersama Smartfren Communty, diantara : Diundang ke Kantor Smartfren di Sabang Jakarta, kepoin videonya di sini Meliput dan Bertemu Langsung dengan Pemenang Undian Smartfren WOW Tahap 1 di Tegal, videonya di sini. dan mengikuti Gathering Nasional Leader Smartfren Community di Yogyakarta.

Sampaikan ide dan gagasan tentang Rumah Kreatif Smartfren Community kepada Bapak Roberto Saputra dan Bapak Munir, Pembina Smartfren Community

Pada saat itu, Saya dan Om Rinaldy, Leader Nasional Smartfren Community berkesempatan berangkat lebih awal menuju lokasi Gatnas 2020 karena pada malam harinya berkesempatan diajak ngobrol dan makan malam dengan Bapak Roberto Saputra, Chief Brand Officer PT Smartfren Telecom Tbk. bersama Leader Nasional Smartfren Community, Rinaldy Purwanto, Leader Smartfren Community Yogyakarta, Wahyu Prasetya, Leader Smartfren Community Solo Raya, Rika Verry Kurniawan dan Dimas Suyatno. Selain itu juga bersama dengan Bapak Munir, Dani Akhyar, Linda Octaviana, dan Kadi Riyanto (Comdev Smartfren).

Sharing bersama Bapak Roberto Saputra dan Bapak Munir, Pembina Smartfren Community

Foto bersama Bapak Roberto Saputra dan Bapak Munir, Pembina Smartfren Community dan Comdev smartfren

Gathering Nasionla Leader Smartfren Community ini benar-benar memberikan kesan tersendiri bagiku, yang mana sebagai leader yang belum genap setahun, dipercaya untuk mendapatkan reward dari @smartfrenworld bersama 9 leader lainnya saat pembukaan Gathering Nasional Leader Smartfren Community di Yogyakarta, Jum'at (28/02/2020). Selain reward tersebut, Saya juga mendapatkan hadiah tambahan berupa iPhone XR 256GB dari Smartfren yang diberikan langsung oleh Bapak Roberto Saputra Chief Brand Officer PT Smartfren Telecom Tbk. Terima kasih smartfren community dan smartfren.


Dan inilah 10 orang yang berhak menerima reward dari Smartfren yang dibacakan oleh Head of Community Development, Dani Ahyar saat pembukaan kegiatan :

1. Ramdeny Hartanto – Founder Smartfren Community : most Loyal

2. Ipan Setiawan – Leader Smartfren Community Garut : most Persistent

3. Selamet Hariadi – Leader Smartfren Community Malang : most Innovative

4. Didik Jatmiko – Leader Smartfren Community Bojonegoro : most Reliable

5. Rinaldy Purwanto – Leader Nasional Smartfren Community : most Caring

6. Hadi Djuhartono - Founder Smartfren Community: most Loyal

7. Vicsentio - Founder Smartfren Community : most Loyal

8. Wildan Anwaludin – Leader Smartfren Community Kabupaten Bandung Barat : most Initiative

9. Mohammad Ridwan – Leader Smartfren Community Cirebon : most Initiative

10. Anton Indrianto - Founder Smartfren Community : most loyal


Smartfren Community Bojonegoro Goes To Community


Maksud dari Smartfren Community Bojonegoro Goes To Community di sini yaitu bersinergi dan berkolaborasi dengan komunitas-komunitas kreatif yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Ada beberapa komunitas kreatif yang telah bersinergi dan didukung kegiatannya oleh Smartfren Community Bojonegoro seperti Komunitas Bojonegoro Linux User (Boxer) mengadakan kegiatan Jagongan Boxer Sosialisasi IPV6 & Perta Rilis Debian 10 “Buster” pada tanggal 24 Agustus 2019. 

Tidak hanya kegiatan pelatihan, Smartfren Community Bojonegoro juga berpastisipasi dalam kegiatan peduli lingkungan bersama Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPNU IPPNU) Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro yang dikemas dalam “Gerakan Menanam Pohon dan Peduli Lingkungan” pada hari Sabtu tanggal 15 Agustus 2020.


Dilanjut pada hari Minggu tanggal 18 Oktober 2020 Saya mengenalkan pentingnya literasi digital dan blogging bagi Generasi Muda Nahdlatul Ulama’ khusunya PAC IPNU IPPNU Kecamatan Gayam dengan tujuan agar memiliki wawasan literasi digital dan mampu mengunggah konten hingga menyebarkannya ke media sosial dan blog.

Komunitas selanjutnya yaitu Jam’iyah Sholawat Gashona Indonesia. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 Oktober 2020 dan dikemas dalam Ngopi Bareng Gashona Media “Optimalkan Pengelolaan Media Sosial di Era Revolusi Industri 4.0”.


Sebagai wujud tindak lanjut kegiatan ini, Gashona Indonesia didukung oleh Rumah Kreatif Smartfren Community meluncurkan website resminya bertepatan dengan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020 yang bisa diakses di https://gashonaindonesia.or.id Harapannya ke depan bisa membuka peluang dengan mengadakan kegiatan Bersholawat bersama Smartfren Community.

Smartfren Community Bojonegoro Goes To Village

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk anjangsana ke desa-desa yang bersinergi dengan Pemeritah Desa dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berada di desa tujuan.  Sebagai leader Smartfren Community Bojonegoro  Saya telah mengunjungi beberapa desa, diantaranya Desa Deru Kecamatan Sumberjo pada tanggal 19 Agustus 2019, yang mana pada saat itu Saya bersama rombongan Pegiat KIM Kabupaten Bojonegoro dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro.


Kemudian pada hari Jum’at tanggal 18 Oktober 2019 berkunjung ke Desa Donan Kecamatan Purwosari yang letaknya di tepi hutan dan jauh dari pusat kecamatan. Menurut pengakuan salah satu perangkat desa Donan, sebut saja namanya Sadi, mengatakan bahwa selama memiliki handphone android dia memakai smartfren, karena sinyal paling bagus di desa Donan adalah smartfren. Tonton videonya di sini : Sinyal Smartfren di Bojonegoro

Sinergi dan Kolaborasi dengan PSKK UGM Yogyakarta


Tak hanya itu, pada hari Minggu tanggal 23 Februari 2020 Tim Pendamping Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang sedang melakukan program pendampingan Peluncuran Program Posyandu Remaja di Desa Grebegan Kecamatan Kalitidu juga memberi kesempatan kepada Saya untuk berbagi tentang “Pelatihan Content Creator” kepada remaja Desa Grebegan.

Sinergi Membangun Bangsa, demikianlah tagline Smartfren Community yang selalu tertanam dalam diri ini yang menjadikan api semangat itu selalu membara di dada. Desa selanjutnya yang Saya datangi yaitu Desa Pagerwesi Kecamatan Trucuk. Di desa ini Saya berbagi Literasi Digital untuk Masyarakat Produktif.

Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 30 Agustus 2020 di Balai Desa Pagerwesi ini diikuti oleh 25 orang dan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan memakai handsanitizer.

Hari Kamis tanggal 29 Oktober 2020, Saya diminta untuk berbagi motivasi “Membangun Peronal Branding” dalam Kegiatan Posyandu Remaja Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo oleh Mahasiswa STIKES ICSADA Bojonegoro.

Smartfren Community Bojonegoro Goes To Class

Selama pandemi ini, Rumah Kreatif Smartfren Community Bojonegoro juga mengisi kegiatannya melalui kelas online yang dilaksanakan melalui akun media sosial Smartfren Community. Ada 3 kelas yang digelar selama pandemi ini, yakni Merintis Channel YouTube dari Nol, Bersaing di Halaman Pencarian YouTube dan Nonstop Promosikan Potensi Desa bersama KIM. Memang hanya 3 kelas yang kita sajikan dengan harapan setiap peserta yang mengikuti kelas ini mampu menerapkan ilmu yang dibagikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Demikianlah cerita Buka Peluang bersama Smartfren Community, semoga menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk menjadi lebih produktif, energik dan berdaya saing. Semangat buka peluang bersama Smartfren Community, kuncinya Sinergi dan Kolaborasi.

Sebagai penutup artikel blog ini, melalui Teman Kreasi Powered by Smartfren Community Bojonegoro ini Saya berharap Teman Kreasi Bojonegoro bisa menjadi wadah mengembangkan kreativitas dan menjadi pusat pelatihan masyarakat khususnya di bidang pengembangan teknologi bagi masyarakat desa.

Saya bermimpi dan bercita-cita, Teman Kreasi Bojonegoro Powered by Smartfren Community Bojonegoro memiliki ruang kreatif khusus, meskipun sederhana namun di dalamnya berisi 5-10 komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet smartfren sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar untuk pelatihan dan pemberdayaan teknologi bagi masyarakat desa khususnya perempuan dan umkm desa sehingga mereka memiliki kemampuan, kapasitas, naik kelas dan menemukan peluang di masa depan. (dik)

Share with your friends

25 comments

  1. Kak Didik aktif banget ya , benar benar fokus di community SF, wajar juga bisa dapat penghargaan, karna kegiatannya juga bermanfaat untuk banyak orang. Dan semoga cita citanya utk rumah kreatif SF nya tercapai ya...Aamiin

    ReplyDelete
  2. Wah kreatif banget kak .. Menginspirasi sekali ini ..

    ReplyDelete
  3. Makin ke sini kok makin seru aja ya eventnya Smartfren. Selalu komitmen gitu untuk memberikan lebih kepada masyarakat. Coba sebutin, acara mana yang gak ada kak didik? hahaha

    ReplyDelete
  4. panutanku satu ini paling kereeennn...semoga terus menginspirasi mas

    ReplyDelete
  5. Wah seru banget, makin seru - seru evennta Smartfren. Kak Didik makin aktif yaa membersamai SF, kegiatan selalu inspiratif

    ReplyDelete
  6. Wih, dari bojonegoro ke surabaya jauh gak mas?

    Sekarang komunitasnya makin besar ya. Solid juga. Salut sama kekompakan smartfren community nya mas didik

    ReplyDelete
  7. Aktif sekali Kakakkkkk, meski jaraknya cukup jauh, tapi tetap disamperin ya, demi sebuah totalitas. Dan gak sia-sia, dapat reward juga ya.

    Acara seperti ini yang bisa mendapatkan banyak teman, wawasan baru sekaligus pengalaman baru ya. Sukses terus buat Kak Didik dan juga RK SFCom Bojonegoro

    ReplyDelete
  8. Oh berawal dari Gathering Smrtfren Community ya mas, udah lama juga sampai sekarang. Program yang diberikan juga bisa membantu masyarakat ya. Sukses terus untuk smartren community Bojonegoro

    ReplyDelete
  9. Aktif banget kak didik di Smartfren Community, inspiratif banget ancene sampean

    ReplyDelete
  10. senang banget kalau misalnya bisa berada dalam komunitas yang aktif dan juga saling memberikan energi postitif. Smartfren kece juga nih, menanungi banyak pemuda yang mau berkolaborasi melakukan hal baik

    ReplyDelete
  11. Sering makan Ledre tapi belum pernah ke Bojonegoro nih saya. Padahal ya deket aja kalau dari Sidoarjo.
    Wah Smartfren Community Bojonegoro banyak banget kegiatannya.

    ReplyDelete
  12. Kegiatan Smartfren ini benar-benar membangun komunitas dengan saling bersinergi ya...Acara-acaranya bagus-bagus dan benar-bener meningkatkan kompetensi

    ReplyDelete
  13. woow acara yg menarik bgt ini,smartfren keren bgt
    btw aq dulu kkn nya di dekat desa purwosari lho..
    trs aq juga mudiknya ya ke bojonegoro, di sukowati...

    ReplyDelete
  14. Smartfren Community Malang juga ada, suamiku ikutan juga. Tapi belum pernah datang event offline karena baru bergabung awal pandemi covid-19 ini hehe

    ReplyDelete
  15. Semoga acara ini juga bisa digelar di kota lainnya termasuk di Batam kota kami tercinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Batam sudah ada mbak, namanya Smartfren Community Batam. Nama Leadernya Herlina Elisa. Yuk gabung di smartfren community Batam mbak.

      Delete
  16. Waah keren banget nih Mas Didik. dari awal udah semangat banget, perjalanan yang cukup jauh dari Bojonegoro ke Surabaya untuk menghaadiringathering smartfren. Terus, setelah dikukuhkan menjari leader Bojonegoro, makin aktif aja nih. Mantao banget deh pokoknya.

    ReplyDelete
  17. Smartfren ini pinter, karena membentuk community buat menguatkan brandingnya. Sebagai konsumen, hal ini tentu menarik karena memang sama-sama menguntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smartfren Community ini terbentuk bukan dari smartfren mbak, tapi muncul dari pengguna smartfren yang loyal hingga akhirnya bikin grup Facebook lalu terbentuk lah smartfren community hingga akhirnya didukung oleh smartfren. Founder smartfren community ini ada 8 orang, salah satunya Ramdeny Hartanto dari Bekasi.

      Delete
  18. Sekarang banyak banget kegiatan nya kak,
    Saya pernah ikut seminar smartfren atau event offline sebelum covid19 melanda ya kak..
    Acara nya selalu seru dan seriing nambah wawsaan.

    ReplyDelete
  19. Wah, keren banget Kak Didik. Banyak juga ya kegiatan smartfren community Bojonegoro. Sehat-sehat ya, Kak, dan semoga komunitas smartfren juga makin sukses.

    ReplyDelete
  20. Keren banget nih programnya smartfren community... Selamat ya mas dapat reward :)

    ReplyDelete
  21. Smartfren ini udah harganya lumayan miring kegiatan komunitasnya aktif banget ya. Jadi nyesel saya sempat ganti provider. Sejauh ini urusan sinyal juga oke sih. Buat HP atau modem lancar aja.

    ReplyDelete
  22. Aktif banget komunitasnya ya... Keren nih leadernya juga, hehe. Bagus banget banyak kegiatan komunitas yg bermanfaat buat sekitar. Semoga semangat terus ya Kak...

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done