Info Menarik
Loading...

Ke Cilacap, yuk Belanja Oleh-oleh di Jajanan Mamake

Tak terasa kita sudah menginjakkan kaki di Tahun 2022. Ada peluang apa nih di 2022? Ada keinginan untuk memulai usaha di 2022 ini? Nah, dalam kesempatan berbahagia ini, pemilik blog didikjatmiko.com akan mengulas tentang UMKM, kali ini yang akan dibahas yaitu Jajanan Mamake Khas Cilacap. Mari kita ulas!

Jajanan Mamake Khas Cilacap

Jajanan Mamake merupakan jajanan khas Cilacap, Jawa Tengah yang menjual aneka produk makanan seperti Stik Sukun, Manggleng dan sebagainya. Menurut cerita dari pemiliknya, Jajanan Mamake yang dikembangkan oleh Mas Sugeng Paijo ini meskipun pandemi, dia mengaku jika usahanya mengalami peningkatan yang siginifikan. Hal ini terjadi ketika dirinya bergabung menjadi membership JNE dan Teman Kreasi Indonesia. Untuk lebih detailnya, silakan kepoin akun medsos Jajanan Mamake ya.

Seperti kita ketahui bahwasanya pandemi telah mengubah banyak hal dalam keseharian masyarakat dunia, terutama di sektor industri. Pelaku UMKM juga harus melakukan berbagai penyesuaian, terutama peralihan aktivitas usaha ke ranah digital. Ada beberapa kiat atau strategi yang bisa dilakukan agar pelaku UMKM bisa bangkit dan bertahan di masa pandemi sehingga kelangsungan usaha yang dikembangkan bisa tetap produktif. 

Ada kabar bahagia bagi pelaku UMKM dan Kamu yang kebetulan mampir di blog ini yaitu JNE Content Competition 2021. Apa itu, penasaran??? Kompetisi bertajuk JNE Content Competition 2021 ini diperpanjang hingga 31 Januari 2022. Masih ada waktu dan kesempatan, yuk yang belum segera daftar dan menangkan hadiahnya.

JNE Content Competition 2021 Diperpanjang

Perlu digarisbawahi bahwa sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ini merupakan salah satu penopang ekonomi bangsa yang paling merasakan dampak adanya pandemi yang berkepanjangan ini. Tercatat hingga 82,9 persen UMKM terdampak dan menunjukkan drastisnya penurunan penjualan. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dan strategi terbaik agar pelaku UMKM dapat kembali bergerak meningkatkan penjualan dan menjalankan ekonomi bangsa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kiat dan Strategi UMKM dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi

Agar dapur tetap mengepul dan roda perekonomian tetap berjalan, perlu jurus jitu agar tetap bergerak. Salah satu kiatnya adalah pelaku UMKM perlu berpikir cerdas dan pintar, yakni dengan terbosan dan inovasi memanfaatkan teknologi digital. Berikut ini kiat dan strategi yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM.

Promosi secara Online

Kiat dan strategi pertama yang paling ampuh dilakukan yaitu melakukan promosi secara online atau istilahnya jualan online. Pelaku UMKM bisa mempromosikan usaha, produk dan jualannya ke media sosial melalui berbagai platform yang tersedia seperti facebook, instagram, whatsapp, TikTok dan sebagainya. Selain itu juga bisa menjualnya melalui marketplace yang tersebar di Indonesia.

Inovasi Layanan Delivery

Setelah memutuskan untuk melakukan penjualan secara online, kiat dan strategi selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu Inovasi Layanan Pesan Antar atau istilah kerennya Delivery. Inovasi layanan ini tentunya sangat membantu UMKM untuk meningkatkan pendapatan.

Bersinergi dan Berjejaring Bisnis

Agar usaha atau bisnis yang dijalankan oleh UMKM berkembang maksimal, perlu adanya sinergi dan jejaring bisnis yang kuat antar pelaku UMKM. Selain menambah relasi dan memperluas pasar, tentunya dengan kiat ini bisa membuka peluang baru sehingga omset dan cuan terus mengalir.

Demikianlah beberapa Kiat dan Strategi UMKM dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi. Semoga bermanfaat ya sahabat UMKM sekalian.

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done