Hubungan Satuan Karya, Bela Negara dan Kewirausahaan Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Thursday, November 8, 2012

Hubungan Satuan Karya, Bela Negara dan Kewirausahaan

Praja muda karana itulah kepanjangan dari pramuka yang mempunyai arti bahwa pramuka adalah seorang yang mampu berkarya. Dalam kesehariannya, seorang pramuka harus mencerminkan sikapnya sebagai anggota pramuka. tak lengkap rasanya, jika sebagia anggota pramuka, kita tidak mengikuti kegiatan kesakaan. Mengapa demikian? Karena di dalam satuan karya kita bisa mendapatkan banyak hal sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. So, mari bergabung di satuan karya pramuka.

Di Indonesia terdapat banyak satuan karya yang dapat kita ikuti, diantaranya : saka bhayangkara, saka wanabakti, saka bahari, saka dirgantara, saka kencana, saka bakti husada, saka taruna bumi, dan saka wirakartika, saka bina sosial, saka pandu wisata dan akan bermunculan saka - saka yang lain. Lantas, apa hubungannya satuan karya pramuka, bela negara dan kewirausahaan? Dalam pendidikan kepramukaan, aspek - aspek tersebut sangat berkaitan, karena kader yang mengikuti kesakaan tersebut diharapkan tidak hanya menjadi kader yang mampu berpikir secara ilmiah dan konseptual belaka, melainkan kader bangsa yang paripurna, dalam arti memiliki pribadi luhur, tanggap, tangguh, mandiri dan kreatif lengkap dengan aspek - aspek kepribadian secara utuh, lebih - lebih yang telah melewati gemblengan dalam wadah satuan karya pramuka, benar - benar menjadi kader yang mampu membangun dalam bentuk fisik dan serasi dengan alam yang telah menyediakan sumber daya alam demi kepentingan manusia.

Berbekal pengalaman yang dimiliki di satuan karya pramuka, diharapakan generasi penerus atau kader - kader tunas kelapa nantinya memiliki budi pekerti luhur dan wawasan luas sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sesuai dengan satuan karya yang diikutinya. Tetap semangat memandu, bersama kita bisa !

Artikel ini ditulis oleh Didik Jatmiko (Peseta KML delegasi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro) di Hotel Blessing Hills Trawas - Mojokerto pada tanggal 29 September 2012 sebagai tugas mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML) Golongan Penegak yang diadakan oleh BP - Paudni II Surabaya kerja sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur tanggal 24 - 30 September 2012.

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done