Mengintip Aktifitas Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya (2) Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Thursday, November 5, 2015

Mengintip Aktifitas Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya (2)

Bangun tidur, mandi terus foto hehehe | Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya
Seperti yang kutuliskan di postinganku sebelumnya "Mengintip Aktifitas Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya (1)", kegiatan Blogger Camp Indonesia 2015 dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional 2015 ini menghadirkan narasumber - narasumber hebat yang sudah berpengalaman dan berkecimpung dalam urusan dunia perbloggingan (kayak dunia persilatan aja). Mereka adalah Swastika Nohara (blogger sekaligus penulis skenario 3 Srikandi, Cahaya dari Timur : Beta Maluku, Garuda 19, dsb), Frenavit Putra (web developer dan tech enthusiast) dan Yayat Sudrajat (blogger dan internet marketer Surabaya). Oh ya, Selamat Hari Blogger Nasional 27 oktober 2015 ya ! Lihat videonya di sini !

Lama banget nggak tidur di tenda | Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya | Foto by : Blogger Plat-M
Malam itu akhirnya Aku tidur di tenda,meskipun hanya tiga jam. Dinginnya udara pagi itu tak kuhiraukan dan kuberanikan untuk mandi. Wuih ternyata, berrrrr dingin banget airnya. Usai mandi, dengan mengenakan baju kebanggaan Komunitas Blogger Bojonegoro Aku merapat ke Bale Segawe yang tak jauh dari tenda. Pagi itu ternyata teman - teman belum pada ngumpul semua. Ada yang mandi, nyari spot buat selfie, turun menyusuri area Taman Dayu (alias lari pagi), bahkan ada pula yang masih tidur nyenyak di tenda.

Olahraga yuk, senam bersama Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya | Foto by : Blogger Plat-M
Yang lain asyik senam, kita dapat tugas masang banner Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya | Foto by : Blogger Plat-M
Meskipun dengan kondisi demikian tak menyurutkan semangat peserta Blogger Camp Indonesia 2015 Chapter Surabaya untuk melaksanakan jadwal yang sudah diagendakan. Salah satunya agenda itu adalah olahraga. Olahraga yang dilaksanakan dalam Blogger Camp Indonesia 2015 Chapter Surabaya ini cukup seru yakni senam pagi dengan iringan musik dangdut yang membuat pohon pinus di Taman Dayu bergoyang-goyang. Menurut informasi, dari 4 lokasi pelaksanaan Blogger Camp Indonesia 2015 yang mengadakan olahraga pagi hanya Surabaya lho (keren kan?). Senam pagi ini tidak dipimpin oleh instruktur senam melainkan dipimpin oleh peserta bloggercampid secara bergantian, salah satunya Wijaya (blogger cowok yang lagi nyari jodoh hehehe) lihat videonya di sini. Pada saat itu, Aku dan beberapa peserta lain nggak ikut senam karena sedang memasang tiga banner kegiatan Blogger Camp Indonesia 2015. Usai senam pagi, tak lupa mengabadikan momen dengan foto welfie bersama dan buat video singkat sambil mengucapkan "Selamat Hari Blogger Nasional 2015". Setelah itu acara dilanjut dengan sarapan bareng dengan menu yang cukup membuat perut kenyang dan memberikan asupan gizi bagi tubuh kita.

Bale Segawe - lokasi pertemuan dan talkshow Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya | Foto by : Yuniari Nukti
Usai sarapan, mumpung masih ada waktu peserta memanfaatkannya dengan mengabadikan momen pagi yang fresh di dekat pohon pinus, rumah pohon dan lokasi lainnya. Pukul 08.10 WIB, seluruh peserta Blogger Camp Indonesia 2015 chapter Surabaya berkumpul di Bale Segawe yang letaknya tak jauh dari tenda untuk mengikuti acara talkshow bareng narasumber-narasumber yang sudah berpengalaman di dunia perbloggingan. Setelah dibuka oleh mbak Febri Sekar dari Juara Agency Jakarta selaku pembawa acara, satu persatu narasumber-narasumber mulai memaparkan pengalaman yang dimilikinya.
Mbak Febri Sekar membuka kegiatan talkshow Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya | Foto by : Blogger Plat-M

Mbak Swastika Nohara, narasumber pertama di Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya
Dimulai dari Mbak Swastika Nohara (blogger sekaligus penulis skenario 3 Srikandi, Cahaya dari Timur : Beta Maluku, Garuda 19, dsb). Dengan ekspresi dan gaya seorang mbak Tika mampu membuat peserta terpesona dan antusias menyimak paparan materi yang disampaikannya (salah satunya diriku yang termotivasi dan ingin keliling Indonesia dengan ngeBlog hehehe). Bagaimana tidak, bayangkan seorang Tika mampu menyelaraskan dan menyeimbangkan antara pekerjaan dan ngeblog yang dijalaninya sebagai hobi menjadi penunjang profesi yang dijalaninya. Bagaimana dengan kita? Kita sendiri yang bisa menjawabnya.

Menurut mbak Tika, ngeBlog itu merupakan sebuah keinginan untuk menyampaikan sesuatu (informasi) keapada public space. Sebagai blogger, kita harus bijak dalam mempublish artikel ke blog yang kita kelola. Tulisan pun perlu diramu agar disukai oleh pembaca setia blog kita. Blog kita adalah arsip perjalanan kehidupan kita. Membaca blog itu biasanya menggugah emosi, menularkan excitement, menghibur dan memberikan inspirasi. So, berikanlah artikel yang terbaik dan manfaat bagi pembaca setia blog kita. Jaman sekarang tidak ada alasan untuk tidak ngeBlog. Dimana pun kita berada, sejauh apa pun kita berjalan, blog itu masih bersama kita. Terakhir, bangunlah kredibilitas blog yang sedang Anda kelola dan isilah dengan konten-konten yang baik dan bermanfaat.

Mas Frenavit Putra lagi sharing tentang Blogger Amplop | Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya
Narasumber kedua adalah Frenavit Putra (web developer dan tech enthusiast). Aku pertama kali ketemu dengan mas Frenavit ketika acara Launching PanduApp di Sukabumi, Jawa Barat. Ternyata?????? Mas Frenavit ini asli dari Mojokerto, Jawa Timur yang bekerja di ICT Watch dan kebetulan pada saat itu dia menjadi salah satu narasumber di Sukabumi (keren banget dech). Jadi ngelantur kemana - mana, maaf ya. Saat memaparkan materi, Mas Frenavit seorang blogger yang saat ini bekerja di Qwords Web Hosting Indonesia (salah satu sponsorship kegiatan Blogger Camp Indonesia 2015) Surabaya menyoroti tentang "Blogger Amplop". Menurutnya, menjadi blogger amplop itu sah -  sah saja asal blogger tersebut mampu menjaga kredibilitas blognya dan profesionalisme di bidangnya. Untuk membangun kredibilitas bisa ditempuh dengan jalan memberikan update konten - konten postif, bergabung dan aktif berdinamika di komunitas, konsisten serta aktif posting artikel blog (tidak copy paste). Sudah siapkah menjadi blogger yang mempunyai kredibilitas? Harus siap dan berusahalah !!

Narasumber ketiga seorang blogger dan internet marketer yang berasal dari Surabaya yaitu Yayat Sudrajat. Selain itu beliau juga mempunyai usaha batik yang sudah berjalan dan berkembang pesat. Menurut Kang Yayat Sudrajat, seorang blogger haruslah mampu menjaga etika dan estetika dalam ngeblog. Perhatikan isi konten yang akan disajikan karena dari sinilah interaksi akan tercipta. Jangan seenaknya mengisi konten blog dengan konten sembarangan karena akan berakibat fatal. Etika ngeblog juga harus dijaga jangan saling menyerang (nyinyir di sosial media), walaupun berbeda prinsip harus saling menghargai. Jika mengupload foto bukan milik sendiri jangan lupa dicantumkan sumber fotonya dari mana. Jadilah blogger yang memiliki kredibilitas !

Outbond bareng Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya di Taman Dayu Pasuruan | Foto by : Blogger Plat-M
Seru kan ada Flying Fox nya di Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya | Foto by : Blogger Plat-M
Akhirnya Tim Tengu meraih Juara dan menerima piala nanas dari Sunpride Fruits | Foto by : Blogger Plat-M
Usai pemamaparan materi dari ketiga narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Hampir seluruh peserta pun mengeluarkan uneg-unegnya, ada yang bertanya, curhat dan minta saran. Setelah dirasa cukup acara talkshow pun diakhiri dan dilanjutkan dengan live blogging (meskipun signal lagi kurang bersahabat). Usai live blogging, dilanjut dengan acara yang paling ditunggu-tunggu dan menambah kekompakkan atas blogger yaitu outbond yang dipandu oleh tim outbond The Pines Base Camp. Ada beberapa game seru and fun yang membuat pertemanan blogger semakin erat dan suasana semakin menggelora. Saat itu, tim outbond membagi kami menjadi beberapa tim yaitu tim Singa, Kingkong, Tengu dan Semut. Alhamdulillah dengan kebersamaan dan kekompakkan, akhirnya tim kami (tim Tengu) berhasil mejadi sang juara dan berhak menerima piala nanas yang dipersembahkan oleh @SunprideID | Sunpride Fruits. Setelah permainan outbond di akhiri, sebagian peserta menuju pendopo sambil menikmati buah segar dari @SunprideID | Sunpride Fruits dan sebagian melanjutkan bermain flying fox (seru banget dech).
Blogger Jomblo dari Jawa Timur & Jawa Tengah | Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya
Foto bersama Blogger Camp Indonesia 2015 Surabaya | Foto by : @BloggerCampID

Sebelum meninggalkan lokasi perkemahan, tak lengkap rasanya jika belum foto bersama dengan background banner bloggercampid dan tenda - tenda perkemahan. Usai packing dan mengemas barang - barang, peserta menuju lokasi foto dan senjata pamungkas (kamera DSLR, kamera digital, kamera handphone) pun dikeluarkan. Selanjutnya kami pun bersiap menuju bus big bluebird yang akan mengantarkan kami menuju Kota Pahlawan. Tujuan pertama adalah Bandara Juanda (mengantar mbak Febri Sekar & mbak Swastika Nohara). Di tengah perjalanan mbak Febri Sekar memberikan pengumuman bahwa berhubung selama berlangsungnya Blogger Camp Indonesia 2015 signal kurang bersahabat, untuk lomba live blogging khusus Surabaya diperpanjang sampai tanggal 28/10/2015 (paling lambat pukul 16.30 WIB). Alhamdulillah dapat kesempatan untuk ikut lomba ngeblognya hehehe. Tak terasa bus bluebird yang mengantarkan kami tiba di Bandara Juanda Surabaya. Kami pun berpisah dengan mbak Febri Sekar dan mbak Swastika Nohara. Sampai berjumpa di lain kesempatan ya ucap mereka berdua. Selanjutnya bus big bluebird mengantarkan kami bertiga (Aku, Wintari dan Wijaya) ke Terminal Bungurasih. Setibanya di pintu keluar Terminal Bunguruasih kami pun turun dan berpisah dengan teman-teman Blogger Surabaya. (@kakdidik13)

Share with your friends

10 comments

  1. Hahaha, foto terakhir itu gerombolan si berat? :D Berat banget jomblonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... Meskipun Jomblo tapi bahagia #kitablogger kelas berat (Y)

      Delete
    2. hahahah. PD abisss itu wajib.

      Delete
    3. Kita mah selalu PD mbak hehehe

      Delete
  2. Seru jaya, kapan bisa ikutan bloggercamp kaya gini? :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun depan ada lagi mas, bisa daftar dan ikutan #bloggercampid hehehe

      Delete
  3. Acaranya menarik dan bermanfaat.
    Terima kasih
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama Pak Dhe... Semoga tahun depan bisa nge_bloggercampid bareng ya Pak Dhe.

      Salam hangat balik dari Bojonegoro

      Delete
  4. wahaha ...ternyata ada saya lagi senam hihi...besok kakdik yang mimpin senam

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini