Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Tuesday, February 23, 2021

Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari

Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari - Kamu pernah mendengar Asam Urat? Seperti dikutip dari halodoc, Asam Urat merupakan merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. 

Adapun sendi yang paling sering terserang asam urat meliputi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Penyakit asam urat ini umumnya dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari - lifestyle.okezone.com

Salah satu cara untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat adalah dengan menjaga pola makan sehari-hari, salah satunya yaitu konsumsi sayuran. Untuk diketahui bahwasanya gejala penyakit asam urat ini muncul secara tiba-tiba, yakni berupa nyeri tajam, bahkan terkadang terasa sangat berat. 

Oh ya, jika kadar asam urat yang terlalu tinggi ini dibiarkan tanpa penanganan, maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Ngeri banget ya bro? Bagi kamu yang pernah mengalami penyakit asam urat ini tentunya harus lebih cermat lagi dalam memilih makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi. 

Lantas Pantangan Asam Urat ini apa saja?

Sebelum kita ulas, perlu digaris bawahi bahwasanya pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan kadar asam urat dan kolesterol itu naik. Biasanya penderita kolesterol itu mempunyai kecenderungan menderita asam urat juga.

Inilah aneka makanan pantangan asam urat yang benar-benar harus dihindari

1. Aneka Jeroan

Bagi penderita asam urat, mengkonsumsi jeroan haruslah dihindari. Jeroan seperti babat, ampela, kikil, ginjal, hati, usus dan otak ini harus benar-benar dikurangi karena mengandung kandungan purin yang tinggi dan sangat signifikan dalam menaikkan kadar asam urat di tubuh.

2. Sayuran dan Kacang-kacangan

Untuk sayur yang menjadi pantangan asam urat meliputi sayur bayam, jamur kuping, kol, daun pepaya, buncis, kangkung dan daun singkong. Jenis sayur ini juga mengandung kandungan purin yang beresiko menaikkan kadar asam urat.

Sementara jenis kacang-kacangan yang harus dihindari yaitu kacang hijau, melinjo, kacang kering, tauge, dan kacang tanah. Mengapa kok dihindari? Karena kandungan purin juga sangat banyak.

3. Aneka Gorengan

Jenis makanan yang digoreng seperti daging goreng hingga aneka gorengan mengandung kolesterol tinggi sehingga menjadi pantangan asam urat yang juga harus dihindari. Untuk diketahui bahwa gorengan sarat dengan kalori dan dapat mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit jantung obesitas dan diabetes.

4. Minuman beralkohol

Pantangan asam urat selanjutnya yaitu minuman beralkohol. Bir atau minuman beralkohol lain dapat menyebabkan produksi asam urat di dalam tubuh meningkat. Selain itu minum alkohol berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

5. Seafood

Bagi penggemar jenis makanan yang satu ini, apabila kamu mulai menderita penyakit asam urat, jenis makanan seafood ini harus dihindari karena kandungan purin juga sangat tinggi. Jenis seafood yang dihindari yakni kerang, ikan teri, sarden, lobster dan tuna. 

Nah, jika Kamu mengalami penyakit asam urat, segera berkonsultasi ke dokter dan menjalani pengobatan serta mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Langkah tersebut dilakukan guna mengatasi gejala yang muncul dan mencegah risiko asam urat kambuh kembali.

Itulah beberapa makanan pantangan asam urat yang harus dihindari. Apabila dirasa masih ada yang kurang, silakan ditambahkan di kolom komentar. Sehat dimulai dari diri sendiri, salam sehat !! (dik) 

Share with your friends

1 comment

  1. Kalau bapakku menghindari emping juga nih biar ga asam urat katanya

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done