Info Menarik
Loading...

Manfaat Google Analytics dan Google Search Console

Memutuskan untuk menjadi blogger adalah pilihan yang membanggakan bagiku. Meskipun itu berupa sebutan atau embel-embel seperti ini. "Eh, kenal Kak Didik Blogger dari Bojonegoro nggak sih?". Bagiku embel-embel blogger itu adalah sebuah kebanggaan tersendiri hehehe.

Manfaat Google Analytics dan Google Search Console
Manfaat Google Analytics dan Google Search Console

Menurutku blog itu ibarat rumah, rumah untuk berteduh, berkarya dan berbagi. Memiliki blog dengan jumlah pengunjung yang ramai dan performa yang meningkat adalah sebuah keberuntungan tersendiri. Tentu semua itu membutuhkan proses dan kerja keras untuk mengembangkan blog menjadi blog yang SEO friendly dan tayang di halaman pertama Google hehehehe.

Baca Juga : 

Kunci Penyemangat NgeBlog dari 6 Blogger Indonesia

Berbagi Semangat Ngeblog dengan Guru di Bojonegoro

Kelas Gratis BRT SEO Juni 2021

Seneng banget rasanya, bisa masuk di Kelas Gratis BRT SEO Juni 2021. Kelas yang sudah lama saya idam-idamkan sebelumnya, dan baru berkesempatan mengikutinya di Juni 2021 ini. Awal mulanya pada saat itu, tanggal 28 Mei 2021 di Grup WhatsApp BRT BW, mbak Monica Anggen selaku admin memberikan informasi bahwa BRT akan membuka kelas untuk belajar bersama memperbaiki blog untuk 50 orang. Tanpa basa-basi, Saya pun ikut daftar lalu ngelist nama dan akhirnya terpilih mengikuti kelas gratis BRT SEO Juni 2021. Tak hanya mbak Monica Anggen, Kelas Gratis BRT SEO Juni 2021 ini juga dibimbing oleh Mas Punto yang senantiasa membimbing kami dengan sabar.

Apa saja yang dipelajari di Kelas SEO Blog ??

Selama mengikuti kelas SEO Blog ini ada beberapa materi yang diajarkan. Seperti halnya pada minggu ketiga hari Sabtu tanggal 19 Juni 2021 Pukul 19.00 WIB peserta diajak mengaudit web dan mengenal cara menggunakan tools audit bersama narasumber Mas Priyo Harjiyono, seperti apa? Sebelum diulas Manfaat Google Analytics dan Google Search Console untuk blog, pastikan dibaca pelan-pelan dan dicermati ya ! Oke, mari kita bahas satu persatu !

Google Analytics

Google Analytics adalah aplikasi gratis dari Google yang wajib untuk dipasang di blog agar pemilik blog bisa mengukur kinerja blognya sampai sejauh mana. Google Analytics ini tidak asing bagiku dan udah lama juga kukaitkan ke blogku.

Untuk fungsi detailnya sendiri Google Analytics untuk blog, Saya belum begitu mendalami secara detail. Hingga pada saat Kelas SEO Blog ini baru mulai bertambah wawasan mengenai Google Analytics. Seperti halnya dipaparkan oleh Mas Priyo bahwa ada beberapa fitur Google Analytics yang harus dikenali, yakni :

1. Realtime - Fitur ini menggambarkan pengunjung langsung yang mengunjungi blog kita pada saat itu juga. Di situ kita bisa mengetahui jumlah pengunjung yang sedang online saat itu, terus mereka datang dari mana. Bahkan kita juga bisa menemukan kata kunci apa yang mereka masukkan di search engine untuk menemukan blog kita.

2. Audiens - Dalam fitur ini kita bisa menemukan pemirsa atau audiens yang mengunjungi blog kita. Mereka berasal dari kota dan negara mana, resolusi layar, browser, penyedia ISP dan sistem operasi yang dipakainya, bahkan kita juga bisa mengetahu demografi pengunjung blog kita, minatnya apa dan keterlibatan mereka (baik pengunjung lama atau pengunjung baru).

3. Akuisisi - Di fitur ini kita bisa mengakses informasi mengenai kata kunci, sumber rujukan, halaman yang dibuka pertama kali dan sosial media yang digunakan.

4. Perilaku - Melalui fitur ini kita bisa memberi tanda user atau pengunjung yang singgah ke blog selama itu ngapain. Mulai dari alur perilaku, membuka halaman yang mana, terus pertama kali halaman yang dibuka, hingga halaman yang terakhir ditinggalkan. Selain itu juga berapa lama pengunjung berada di blog kita juga bisa dideteksi. Tak hanya itu, kita juga bisa mengetahui pencarian mereka di blog kita dan keceptana halaman blog yang dikunjunginya.

5. Konversi - Di fitur ini berisi tentang sasaran, e-comerce, dan funnel multi saluran

Wah, ternyata tools hebat dan populer milik Google ini keren banget dan gratis pula. Ngomong-ngomong, kamu udah memasang Google Analytics di blogmu apa belum? Kalau belum, segera dipasang ya supaya blogmu semakin meningkat performanya dan kamu bisa mengetahui data user yang mengunjungi blogmu.

Google Search Console (GSC)

Seperti halnya Google Analytics, blogku juga sudah lama kudaftarkan ke Google Search Console (GSC). Akan tetapi, saat itu GSC hanya kupakai untuk inspect url dan terkadang untuk melihat performa blog. Untuk mengetahui sejauh ini apakah blog kita dalam keadaan sehat dan baik, disarankan untuk melihatnya di GSC ini. 

Saat dipaparkan oleh Mas Priyo, melalui GSC ini kita bisa mendeteksi permasalahan-permasalahan yang terjadi di blog kita seperti blog kita saat diakses loadingnya lambat banget. Loading blog yang lambat, biasanya penyebabnya adalah karena ukuran foto yang terlalu besar, jadi disarankan untuk mengubah ukuran foto sebelum diupload ke blog kita, disarankan ukurannya 100 KB jangan sampai lebih ya. Selain itu, di GSC ini juga kita bisa mengetahui kinerja website di perangkat mobile, eksternal dan internal link dan hal lainnya.

Untuk mengukur kecepatan website yang official dari Google, bisa menggunakan tools Google Pagespeed Insight. Berhubung Google Pagespeed Insight ini merupakan tools official, maka besar kemungkinan tools ini memiliki korelasi dengan produk-produk Google lainnya seperti Google Search Console. Korelasi yang dimaksud yaitu apabila kita mengklik opsi Data Web Inti di Google Search Console, maka semua URL yang memiliki LCP di atas 4 detik, dianggap merupakan url yang buruk oleh Google. Jadi, disarankan untuk LCP kurang dari 4 detik sebagai salah satu parameter SEO utama. Setelah kamu cek LCP blogmu, ternyata LCP nya di atas 4 detik, maka segeralah diperbaiki dan dicarikan solusinya.

LCP itu apa sih?

Largest Contentful Paint atau disingkat LCP merupakan waktu yang dibutuhkan sebuah website dalam menyajikan konten utama yang siap untuk berinteraksi dengan pengguna atau user. Metrik pengalaman pengguna (UX) Google ini telah dirilis pada 28 Mei 2020. Metrik LCP ini tentunya segera menjadi faktor peringkat Google di tahun 2021. Masih semangat untuk memperbaiki LCP di blogmu?

KESIMPULAN

Menjadi blogger itu tidak cukup rajin memposting artikel ke blog, tetapi juga perlu mempelajari tentang pentingnya SEO untuk blog seperti Manfaat Google Analytics dan Google Search Console untuk blog yang harus kamu ketahui sebelumnya. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar, tetap semangat berkarya dan berbagi lewat blog. 

Demikianlah uraian singkat tentang Kelas Gratis SEO Blog : Audit Web dan Cara Menggunakan Tools Audit bersama Mas Priyo Harjiyono. Semoga bermanfaat, jika ada informasi yang dirasa kurang silakan tambahkan di kolom komentar. Terima kasih .....

Share with your friends

1 comment

  1. Alhamdulillah aku sudah pasang Google Analytics di blog nih, kak didik. Tapi masih belum begitu paham tentang tools ini. Dari tulisan kak didik ini sedikit-sedikit jadi mulai agak paham.

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done