Info Menarik
Loading...

Memanfaatkan Blog Post Sebagai Media Promosi dan Marketing

Beri Aku 10 Blogger maka akan ku majukan dunia perbloggingan Indonesia - BloggerCampID Surabaya
Promosi online saat ini telah menjadi kebutuhan bagi para pebisnis online maupun offline. Menjamurnya berbagai sosial media seperti facebook, twitter, instagram dsb, forum-forum jual beli online, toko online, portal iklan baris dan blog seakan-akan mengamini fenomena dahsyat ini. Selain itu juga didukung dengan perkembangan dunia smartphone yang semakin hari semakin canggih dan perkembangan era web 2.0.

Menurut data statistik hasil survey kerja sama Pusat Kajian Komunikasi (PUSKAKOM) UI dengan APJII menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di indonesia sudah mencapai 88,1 juta seperti yang diberitakan di Liputan6.com. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 252,4 juta maka bisa dikatakan bahwa hasil penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 34,9%. Jelas, nilai 88,1 juta bukanlah angka sederhana untuk efektifitas promosi online. Artinya, jika kita mempunyai atau menggunakan media promosi online seperti facebook, twitter, instagram, blog dan sebagainya maka kita bisa meraih angka optimal untuk target konsumen dengan biaya yang lebih hemat dibandingkan dengan iklan di media elektronik ataupun cetak.

Salah satu media promosi yang sangat efektif saat ini adalah Blog. Mengapa demikian? Blog merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan untuk menuliskan banyak hal dan ide, baik itu berbagi pengalaman ataupun informasi yang positif bisa dituangkan di dalam blog. Blog bisa diakses dimana pun Anda berada asal terkoneksi dengan internet. Orang yang memiliki dan memanfaatkan blog disebut sebagai blogger. Kamu blogger kah? Kalau Aku sih iya, Aku Blogger dari Bojonegoro. Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang telah memiliki komunitas blogger yang berdiri sejak tanggal 07 Maret 2010 dan bisa diakses di www.bloggerbojonegoro.com.

Berbicara tentang blog post sebagai media promosi dan marketing serta blog sebagai penyumbang konten marketing, menurutku itu sah-sah saja dan harus dimaksimalkan. Mengapa? Karena di era teknologi seperti saat ini kita harus memanfaatkan segala peluang yang ada untuk meraih kesuksesan (asal jangan pakai cara yang tidak sehat). Jika kita ingin sukses mempromosikan produk yang kita miliki banyak hal yang bisa kita lakukan seperti aktif mempromosikan produk lewat sosial media, adakan kontes atau lomba ngeblog (secara tidak langsung konten marketing di blog pun bertambah), memberikan produk baru yang kita miliki kepada blogger untuk sample atau tester dan sebagainya.

Sebelum mempromosikan & mengoptimalkan produk lewat sosial media, ada dua prinsip yang harus dipahami yaitu member development dan content development. Member development yaitu menjalin pertemanan secara online dengan calon konsumen berkualitas. Sedangkan content development yaitu mengisi hubungan yang bermutu dan memotivasi pelanggan atau calon pembeli. Kedua prinsip tersebut harus dikuasai agar kita bisa menghindari tag-tag yang percuma dari pengunjung yang bukan segmen pasar produk kita.

Seperti yang disampaikan oleh mbak Yuniari Nukti, salah satu blogger dari Kota Pahlawan Surabaya saat kegiatan BloggerCampID chapter Surabaya di Bale Segawe Taman Dayu Pasuruan Jawa Timur, (26 Oktober 2015). Saat itu, mbak Yuni bercerita dan sharing tentang job review yang dia terima dari si pengiklan (advertiser). Untuk mendapatkan job review tidak mudah, dibutuhkan proses yang sangat panjang. Kita harus memiliki blog yang aktif (bukan hanya sekedar blog asal-asalan), aktif memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi dengan sesama pengguna sosial media. Bergabung dan aktif dalam sebuah komunitas baik itu offline maupun online.

Mbak Yuni menambahkan, selain itu biasanya blogger juga mendapatkan review dalam bentuk program affiliasi seperti PayPer Click (PPC), PayPer Action (PPA) dan PayPerPost (PPP). Salah satu contoh PayPerPost (PPP). Apa itu PayPerPost (PPP) ? PayPerPost itu merupakan salah satu program affiliasi yang sistem iklannya berdasarkan permintaan dari si pengiklan (advertiser) atau pemasang iklan. Advertiser akan memberikan tawaran kepada blogger untuk mereview dan memposting suatu produk yang disertai dengan persyaratan tertentu di blog / website yang dimiliki. Setelah advertiser memberikan penawaran harga tertentu, blogger boleh menawar harga yang diberikan oleh advertiser. Jika, advertiser dan blogger (kedua belah pihak) sudah saling menyetujui maka kerjasama pun dimulai, jelas mbak Yuni sambil mengakhiri ceritanya.

Masih bingung tentang PayPerPost ? Menurutku ibarat seorang pekerja kuli bangunan, PayperPost bisa dibilang sebagai kerja lemburan atau borongan. Yang diborong di sini bukan pembuatan bangunan melainkan pembuatan postingan sesuai yang diinginkan oleh si pengiklan (advertiser). Postingan yang diminta oleh advertiser pun beragam, ada yang mudah, sulit bahkan ada pula yang tinggal memposting di blog. Untuk mendapatkan itu semua, blog yang kita miliki harus mempunyai kredibilitas dan sering diupdate kontennya. Jangan lupa cantumkan email kita yang aktif di menu tentang kami (about) di blog dan cek email secara rutin atau berkala.

Jika kita mendapatkan tawaran review PayPerPost (PPP) jangan lupa selalu mengedepankan aspek keujujuran. Apa yang diposting di blog kita sesuai dengan keadaan produk yang akan dipromosikan. Untuk meningkatkan kinerja secara maksimal, kita perlu belajar tentang internet marketing. Mengapa demikian? Dengan belajar dan menguasai internet marketing, maka kredibilitas dan profesionalitas diri tidak dipertanyakan lagi oleh advertiser. Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua. (@kakdidik13)

Share with your friends

26 comments

  1. Wah keren banget mas didik...setuju banget kalau blog itu bisa jadi Media promosi dan marketing yang bagus... Karena ini semua cocok banget buat pemasaran suatu produk yg bergerak di bidang online..:)

    Sukses buat kita semua mas didik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Bowo Susilo, salam kenal ya. Untuk meningkatkan kredibilitas blog kita, artikel yang kita post harus benar-benar memberi manfaat bagi pembaca setia blog kita. Sukses kembali.... Amiin. Tetap semangat ngeblog & berkarya !

      Delete
  2. Sepakat mas, terkait cara mendapatkanny yang gak mudah dan kejujuran dalam menulis review :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Sandi, di dalam kesulitan pasti ada kemudahan asal kita mau bergerak dan mengubahnya. Seperti spirit dalam lirik lagu yang diciptakan oleh Bupati Bojonegoro @KangYotoBjn "Kekurangan Keterbatasan Cambuk untuk Berkarya Jaya".

      Semangat berkarya, beraksi dan mengabdi untuk Indonesia ! Ayo Blogger Indonesia !

      Delete
  3. aseg, dpet ilmu lg,
    berubung daku masih setahunan ngeblog, jd kudu lbih semangt nih yak, krn jln panjang menuju roma *halah, maksudnya jln menuju dpt job ripiu masih panjang adanya..
    sukses ya bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat ya, salam kenal mbak. Tetap semangat ngeblog dan berbagi ! Insya Allah rejeki tak usah dicari akan datang sendiri. Keep spirit to blogging and sharing !

      Delete
  4. Paling suka kalau ada tawaran placement artikel mas. Tinggal posting udah dapat bayaran. Hehe

    ReplyDelete
  5. Sayang kemarin saya ga bisa ikutan blog camp cos diadain jam kerja sih, pengin ikutan padahal.
    Alhamdulillah saya mulai mencicipi manisnya job review, moga bsa istiqomah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yang mulai mencicipi job review, semangat mas hehehe....

      Semoga tahun depan BloggerCampID diadain pas liburan dan waktunya ditambahai menjadi 3 hari 2 malam biar main seru dan luar biasa.

      Delete
  6. Replies
    1. Iya seru banget sil, tambah seru kalau ada kamu hehehehe..... Semoga tahun depan bisa berpartisipasi ya hehehe. Semangat NgeBlog !

      Delete
  7. hiks, aku gak bisa ikutan blogger camp, sedih banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bersedih mbak, tahun depan semoga ada lagi BloggerCampID dengan desain acara yang wow banget. Seru banget pokokman !!

      Delete
  8. wah BloggerCamp nya di Taman Dayu yah. Aku nggak ikutan. Semakin banyak menimpa ilmu per blogging-an ini.
    Ini kunjungan pertamaku di blog Kak Didik, tulisannya rapi :)
    Makasih sharingnya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Lianny, iya kemarin BloggerCampID chapter Surabaya dilaksanakan di Taman Dayu Pasuruan. Semoga bermanfaat ya mbak sharingnya.

      Delete
  9. Belajar dunia marketing tapi ternyata kepake juga di dunia perbloggingan ya. Siap buat belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dunia marketing & blogging, dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

      Semangat Marketing ! Semangat Ngeblog :D

      Delete
  10. Setujuuuuu. Makasih sharingnya, siiip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat ya mbak Wuri Nugraeni !!!

      Delete
  11. Aku sekarang juga mulai bikin blog agar menghasilkan. Hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menghasilkan apa mbak blognya? Hehehe #asyikkkkk #ngeblogyuk !!!

      Delete
  12. Memang mas blog sekarang menjadi media yang menjanjikan, yang dulu mah masih dianggap remeh.

    Alhamdulillah job review itu datang ketika mereka mencari blog dengan domain authority yang tinggi jadi blog saya pun ikut. Dan dari situ juga pernah saya menjadi makelar bagi job review ternyata enak juga bisa membantu yang lain.

    Terus juga bisa meningkatkan penjualan buku dengan resensi buku kita di blog atau mengirimkannya ke media lain.

    Makasih mas pengalamannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkenan memberikan komentar dan ilmunya. Tetap semangat NgeBlog !!!

      Delete
  13. Hihihi tadinya mau senyum aja baca postingan ini, tetapi tangannya gatel mau komen :)
    Sangat setuju kalau blog dilirik agensi itu bukan pekerjaan sehari dua hari, tetapi bertahun-tahun :)

    Semangat, Kakak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senyum kenapa mbak Rahmah? Ngeblog itu sesuatu yang ngangenin :) semangat ngeblog hehehe

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done